×
×

Search in Mata Mata Musik

Bokapnya Lars Ulrich, Torben Ulrich Rilis Album Baru Di Usia 92 Tahun

Posted on: 02/8/21 at 10:30 am

Bokapnya Lars Ulrich, Torben Ulrich Rilis Album Baru Di Usia 92 Tahun
Torben Ulrich dan Lars Ulrich. (Foto: via Instagram).

Bokapnya Lars Ulrich (perlu dijelaskan nggak doi siapa? tukang gebuk Metallica -Ed.), Torben Ulrich, di usia 92 tahun kembali merilis album musik. Album ini merupakan hasil kolaborasi kata-kata yang diucapkan Torben dengan permainan cello Lori Goldston berjudul Oakland moments: cello, voice, reuniting (rejoicing) dan telah tersedia di Bandcamp dan format kaset pita secara terbatas sejak tanggal 5 Februari.

Baca juga: Don Dokken: Lars Ulrich Benar Soal Napster, Lihatlah Industri Musik Setelah Itu!

Album ini menampilkan Torben Urlich membaca teks puisi dengan iringan cello Goldston. Jika itu memicu kilas balik Lulu (album kolaborasi Metallica dan Lou Reed), jangan khawatir: Goldston bermain cukup menyenangkan, dan narasi Torben memiliki getaran audio ASMR yang menenangkan hati.

Lars menggunakan Instagram untuk memberi selamat kepada sang bokap: “Berusia 92 tahun dan baru saja memulai… Hari ini, seperti yang dilakukan seseorang di usianya, dia mengeluarkan album lagi… Yang satu ini adalah kolaborasi dengan teman tersayangnya @legoldston”.

Fakta bahwa Torben merilis musik baru di usia 92 tahun tidaklah terlalu mengejutkan. Dia mempertahankan kehadiran seumur hidupnya di dunia seni di negeri asalnya, Denmark sebagai penyair, musisi, jurnalis, pelukis, pembuat film, dan sebagai atlet tenis. Semua inspirasi ini meresap ke dalam kata-kata dan tilawah pada Oakland moments: cello, voice, reuniting (rejoicing), serta aspek spiritual dari “alkimia, tari, studi yoga, Budha, Kabbalah, Sufisme, Taoisme, dll,” seperti dikutip dari laman Bandcamp-nya.

Oakland moments: cello, voice, reuniting (rejoicing) Tracklist:
01. Elements of Play
02. Though the Waves
03. Unfolding Ways
04. Living on the Rope
05. Lunacies Included
06. Vastness, No Ground
07. Dice of Play, Slice of Pizza

Sound engineer Zachary Watkins mengenang kehadiran Torben selama sesi rekaman, dan menjelaskan bagaimana kolaborasi musik yang enggak umum ini ditangkap secara sonik.

“Energi semua orang sangat jelas, terutama dua artis yang akan saya dokumentasikan,” kata Watkins. “Saat saya berlari di sekitar studio untuk memastikan sesi itu akan sukses, Torben dengan lembut meminta saya berhenti, duduk, bersantai dan memperkenalkan diri. Saya segera tahu bahwa saya berurusan dengan pria yang sangat terkenal. Dia berbagi cerita tentang masa mudanya sebagai pemain tenis di Denmark, dan kejuaraan Black Music dan seni secara umum. Saya melanjutkan untuk menempatkan mikrofon menghadap instrumen artis (vokal, cello) dan merekam suara dan puisi yang kuat selama dua jam. Torben menyanyikan suaranya yang diucapkan. Saya tenggelam dalam kolaborasi yang sangat sensitif, rapuh, namun benar-benar didasarkan pada cinta dan rasa hormat”.

Jika belum mengenal Torben Ulrich yang legendaris, para penggemar Metallica pasti mengenal pria itu dari penampilannya yang tak terlupakan di film dokumenter Metallica tahun 2004 Some Kind of Monster. Saat Torben dibawa untuk “mencicipi” versi awal rekaman album St. Anger, doi memberikan penilaian yang blak-blakan: “Saya mungkin akan menghapusnya”.

Baca juga: Lars Ulrich Nggak Nyesal Sound Snare Dram “Kaleng” Album ‘St. Anger’ Metallica

Silakan menyimak Oakland moments: cello, voice, reuniting (rejoicing) di link Bandcamp di bawah ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Metallica

    35 Tahun Metallica "Master Of Puppets", Album Terbaik Sepanjang Masa

    Metallica circa 1986. (Foto: Ross Halfin via Metallica.com). Bagi sebagian besar kritikus dan penggemar, Master of Puppets adalah album terbaik Metallica. S

    on Mar 4, 2021
    Suspect208

    Band Anak Rockstar, Suspect208 Perkenalkan Vokalis Baru Via Single 'Ni...

    Suspect208 (ki-ka): Tye Trujillo, London Hudson, Cody Houston, Niko Tsangaris. Suspect208, band hard rock yang menampilkan London Hudson (putra Slash-nya Gu

    on Feb 2, 2021
    Bob Rock

    Produser Kampiun Bob Rock Menjual 100% Haknya Atas "The Black Album" M...

    Bob Rock (Foto: via YouTube), Metallica circa 1991. Produser kampiun Bob Rock telah menjual 100% hak produsernya untuk album self-titled Metallica tahun 199

    on Jan 22, 2021
    Beatallica

    Beatallica, Band Unik Tribute The Beatles & Metallica Kembali Siapkan ...

    Beatallica. (Foto: via Metal Assault Records). The Beatles bisa dibilang adalah band rock terhebat sepanjang masa, dan Metallica adalah band metal terbesar

    on Jan 20, 2021