×
×

Search in Mata Mata Musik

Bono (U2) Sebut ‘Black Skinhead’ Kanye West Sebagai Lagu Penyelamat Hidupnya

Posted on: 05/19/20 at 7:00 am

Bono dan Kanye West.
Bono dan Kanye West. (Foto: CoS).

Untuk ulang tahunnya yang ke-60, pentolan band rock U2, Bono membuat daftar “60 Lagu yang Menyelamatkan Hidupku”. Sebagai bagian dari proyek itu, dia menulis setiap surat kepada masing-masing artis di balik lagu-lagu pilihannya. Di antara mereka yang menerima catatan tulisan tangan dari Bono adalah Kanye West, yang lagu dari album Yeezus-nya, ‘Black Skinhead’, menurut Bono terdengar seperti sesuatu yang dia tidak pernah dengar sebelumnya.

Baca juga: Bono (U2) Nyanyikan Lagu Baru Untuk Dukung Pasien Virus Corona di Italia

Bono sebenarnya juga sedang berada di studio SNL pada malam saat lagu ‘Black Skinhead’ memulai debutnya pada tahun 2013. “Aku berjarak seratus kaki jauhnya dari kakimu,” tulis Bono di awal suratnya untuk Kanye West. “Matamu tertutup agar tidak teralihkan dari kata-kata yang baru saja kamu tulis tidak jauh dari sini”.

Surat itu mengutip beberapa lirik favorit Bono, dan menunjukkan bahwa dengan penampilan ini, “Rasanya seperti hip-hop menginginkan jaket kulit hitam mereka dikembalikan oleh rock and roll… dan siluetnya rock and roll juga”. Bono berkata puitis tentang Kanye West saat menganggapnya sebagai seorang “punk Othello”, dan saat dia menyadari bahwa, “Aku akan ditendang secara musikal di kepalaku”. Sebagai kesimpulan, Bono menyebut lagu itu sebagai, “Soundtrack-nya teror, tetapi aku tidak merasa takut… aku merasa lega bahwa ada seseorang yang tidak kenal takut”.

Selain Kanye West, Bono juga menulis surat kepada Prince (‘When Doves Cry’), Bob Dylan (‘Most of the Time’), Beyoncé dan Kendrick Lamar (‘Freedom’), Nick Cave & The Bad Seeds (‘Into My Arms’), Patti Smith (‘People Have the Power’), dan R.E.M. (‘Nightswimming’). Kalian dapat menemukan semua 60 lagu penyelamat Bono di sini.

Baca juga: Bono dan The Edge U2 Hibur Tunawisma Kota Dublin di Malam Natal

Kalau kamu mau baca surat lengkap Bono dan tonton kembali performa ikonik Kanye West di SNL di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Meek Mill

    Meek Mill Didamprat Janda Alm. Kobe Bryant Karena Lirik Lagunya Yang M...

    Vanessa dan Kobe Bryant (Foto: via Instagram/@vanessabryant) / Meek Mill. Vanessa Bryant, janda mendiang superstar bola basket Kobe Bryant, baru-baru ini me

    on Feb 24, 2021
    Kim Kardashian

    Resmi Gugat Cerai Kanye West, Kim Kardashian Dapat Hak Asuh Keempat An...

    Kanye West dan Kim Kardashian dalam MV Kanye West 'Bound 2'. (Foto: via YouTube). Akhirnya pasangan selebriti grade A, musisi hip hop enterpreneur Kanye Wes

    on Feb 20, 2021
    Sara Fajira

    Sara Fajira Awali 2021 Dengan Single R&B/Hip Hop 'Julite' Yang Spektak...

    Sara Fajira. (Foto: Kaio Entertainment). Nama Sara Fajira memang makin melejit setelah kesuksesan viral lagu 'Lathi' milik Weird Genius yang dinyanyikannya.

    on Feb 12, 2021
    Lil Uzi Vert

    Lil Uzi Vert Tanamkan Batu Berlian Senilai Rp 334 Miliar Di Jidatnya

    Lil Uzi Vert dengan berlian berwarna pink-nya. Dunia maya dibikin heboh, terutama di kancah hip hop gara-gara ulah rapper Lil Uzi Vert yang enggak pernah ma

    on Feb 6, 2021