×
×

Search in Mata Mata Musik

BRIT Awards Pertimbangkan Hapus Kategori Berbasis Gender

Posted on: 09/27/19 at 11:00 am

Keputusan ini mencerminkan “perubahan” yang dirasa terjadi dalam industri musik.

Baca Juga: Nantikan Kolaborasi Sam Smith dan Normani!

BRIT Awards tampaknya mempertimbangkan akan mengikuti langkah Grammy dalam menghapus kategori berbasis gender. Menurut laporan The Sun, perubahan dalam kategorisasi BRIT berpotensi diterapkan dalam pagelaran tahun 2021.

Berdasarkan pernyataan anonim yang diterbitkan ke The Sun, penyelenggara BRIT Awards ingin lebih mengakomodasi artis-artis nonbiner dan menjadikan penghapusan kategori bergender sebagai prioritas.

Seorang sumber dari dalam organisasi menjelaskan, “Para atasan menyaksikan perubahan yang terjadi di industri. Kategori [penghargaan] akan berkembang di tahun-tahun mendatang.”

Keputusan ini muncul tak lama setelah Sam Smith mengumumkan kata ganti pilihannya adalah “mereka,” yang membuat identitas gender yang berubah-ubah (gender fluidity) menjadi bahasan utama di industri musik. Smith menyatakan diri sebagai nonbiner pada bulan Maret tahun ini.

“Saya telah memutuskan untuk mengubah kata ganti saya menjadi MEREKA,” tulisnya di Twitter pada pertengahan bulan ini. “Setelah lama berperang dengan gender saya, saya memutuskan untuk merangkul diri saya apa adanya, di dalam maupun di luar.”

Beberapa pihak, seperti pembawa acara Good Morning Britain Piers Morgan, menentang format netral gender ini. “Inti dari memiliki kategori gender adalah untuk membuat semuanya adil dan setara, sekarang kita justru mundur dan itu ternyata dianggap sebagai kemajuan,” kata Morgan. “Menurut saya ini omong kosong besar.”

Namun, seperti yang diwartakan BBC, sejarah tidak selalu berkata demikian. Sejak Grammy menggabungkan kategori Best Male Pop Vocal Performance dan Best Female Pop Vocal Performance di 2012, penghargaan bergengsi itu jatuh ke tangan artis wanita sebanyak lima kali dan ke artis pria tiga kali. Demikian pula, MTV Music Awards mengganti kategori Best Male dan Best Female menjadi hanya Best Artist di 2017, dan pialanya sejak saat itu telah diberikan kepada Ed Sheeran, Camila Cabello, dan Ariana Grande.

Baca Juga: 9 Penampilan di MTV VMAs 2019 yang Jadi Sorotan!

Terlepas dari itu semua, jika BRIT menerapkan perubahan ini, hal itu tidak akan terjadi tahun ini. “Kami dapat mengonfirmasi 100 persen bahwa akan ada penghargaan pria dan wanita dalam kategori Inggris dan internasional pada Februari 2020,” kata perwakilan BRIT kepada BBC. Namun, mereka menambahkan memang akan ada “perubahan signifikan” di 2021 yang melibatkan “lebih banyak musik dan beberapa perubahan kategori.”

Keterangan Foto Utama: Sam Smith baru-baru ini mengumumkan perubahan kata gantinya menjadi mereka. (Foto: Philip Cosores)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Sam Smith

Sam Smith Hibur Fans Nyanyi Lagu Coldplay ‘Fix You’ Untuk Galang D...

Sam Smith. (Foto: iHeart Radio). Mengingat kehidupan di masa karantina terasa banyak ruginya, popstar asal Inggris Sam Smith bakal menjadi salah satu orang

on May 21, 2020
John Legend dan Sam Smith

John Legend dan Sam Smith Tampil Ciamik Berduet di Konser Amal Togethe...

Sam Smith dan John Legend di rumah masing-masing namun terhubung. (Foto: Screenshot). Dua penyanyi superstar John Legend dan Sam Smith menyanyikan duet yang

on Apr 22, 2020
Sam Smith dan Demi Lovato

Kolaborasi Sam Smith dan Demi Lovato Rilis Video Single ‘I’m Ready...

Demi Lovato dan Sam Smith. (Foto: Getty Images). Sam Smith dan Demi Lovato tampaknya sudah "siap" untuk menemukan cinta sejati mereka. Dalam single baru

on Apr 18, 2020
TikTok Brit Awards 2020

Inilah Cara TikTok Menggunakan Brit Awards 2020 Untuk Menambah Kredibi...

Di Brit Awards 2020 kemarin (18 Februari) TikTok akan membuat kehadirannya terasa besar melalui pengambilalihan secara live yang akan diamplifikasi langsun

on Feb 19, 2020