×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS ARMY Ngamuk Setelah Majalah TIME Sebut BTS Sukses Berkat Trend Boyband AS

Posted on: 07/26/20 at 6:00 am

BTS ARMY Ngamuk Setelah Majalah TIME Sebut BTS Sukses Berkat Trend Boyband AS
BTS tampil selama Perayaan Malam Tahun Baru Times Square 2020 pada 31 Desember 2019 di New York City. (Foto: Manny Carabel/FilmMagic/Getty Images).

Para penggemar boyband K-pop BTS, yang akrab disebut BTS ARMY, menyatakan frustrasi mereka di media sosial terhadap edisi khusus mendatang TIME Magazine yang berfokus pada grup asal Korea Selatan itu. Produk collector’s edition itu, yang terdaftar di Amazon dengan judul “TIME BTS: The K-pop Band that Conquered the World”, ditetapkan untuk rilis pada tanggal 31 Juli. Menjelang peluncurannya, BTS ARMY muncul di media sosial untuk mengekspresikan frustrasi mereka terhadap uraian yang menyertai edisi mendatang itu serta cover majalahnya.

Deskripsi untuk majalah edisi khusus itu di Amazon dimulai dengan pertanyaan: “Bagaimana cara tujuh pria dari Korea Selatan menjadi sensasi pop global?”. Dengan selanjutnya menguraikan berbagai pernak-pernik yang tersedia di dalamnya, termasuk beberapa fan art, wawancara dengan BTS, foto-foto, dan seni orisinal.

Keluhan itu sebagian besar ramainya di Twitter setelah sang wartawan dan YouTuber Brian Patrick Byrne mencuit bahwa Time telah mengkonfirmasi kepadanya bahwa akan ada sebuah gambar cover yang muncul dalam “buku edisi khusus” ini yang dijadwalkan untuk rilis pada tanggal 31 Juli. Time kemudian ikut mencuit juga, langsung berbicara kepada BTS ARMY dan mengatakan bahwa produk ini adalah “bookazine edisi khusus yang bekerja sama dengan penerbit Meredith”.

Kebanyakan dari kritik itu disebabkan oleh deskripsi produk yang dimodifikasi di Amazon. Ada berbagai screenshot yang beredar di Twitter pada hari Rabu lalu mengenai deskripsi produk itu di mana ada satu kalimat yang menyatakan bahwa edisi ini akan menyertakan “boyband hall of fame, termasuk The Backstreet Boys dan *NSYNC, yang membuka jalan untuk BTS dan menduduki puncak tangga lagu selama bertahun-tahun”. Patrick Bryne mencatat bahwa deskripsi itu telah diperbarui di Twitter.

Seorang juru bicara untuk Meredith Corporation, yang menerbitkan edisi spesial BTS itu, mengkonfirmasi bahwa deskripsi pada halaman produknya telah diperbarui, dengan mengatakan, “Halaman itu sebelumnya menampilkan bahasa yang tidak dimaksudkan sebagai deskripsi final dari TIME dan sang penerbit, Meredith Corporation”.

Seperti yang dilaporkan oleh Koreaboo, edisi itu telah menjadi obyek diskusi beberapa jam sebelumnya setelah pengguna Twitter @blackxagustd mencuit screenshot dari edisi khusus yang terdaftar di toko pengecer Korea, Aladin. Apa yang awalnya dimulai sebagai hanya meraba-raba dan mengomentari sebuah gambar berubah menjadi kritikan yang pedas setelah deskripsi edisi khusus itu mulai beredar. Banyak yang berpendapat bahwa anggapan boyband AS seperti *NYSNC dan The Backstreet Boys telah “membuka jalan” untuk BTS menjadi bermasalah karena tampaknya memberi kredit kesuksesan BTS kepada boyband AS yang lebih duluan berkarier dengan sukses.

BTS ARMY juga menyampaikan kekhawatiran bahwa salah satu anggota BTS, Jimin, telah salah diidentifikasi seperti yang tampak pada screenshot dari edisi khusus itu.

Ketika ditanya untuk mengkonfirmasi apakah foto itu, yang saat ini tidak muncul dalam preview-nya di Amazon, adalah bagian dari edisi khusus itu, juru bicara dari Meredith Corporation memberikan pernyataan sebagai berikut: “Keterangan yang salah mengidentifikasi Jimin dikeluarkan oleh sebuah agensi foto eksternal, dan tidak diteliti selama proses pemeriksaan fakta kami (Meredith). Kami mohon maaf atas kesalahan ini dan kami akan mengkoreksinya dalam file digital untuk semua masalah di masa mendatang dan untuk masalah Print on Demand“.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    NCT Dream

    NCT Dream "Hot Sauce" Raih Platinum & Rajai iTunes Chart Di 37 Negara

    NCT Dream merilis album penuh pertama mereka, Hot Sauce, pada 10 Mei 2021 pukul 6 sore waktu Korea Selatan. Bersama dengan video musik untuk lagu utama yan

    on May 12, 2021
    TEDDY LEE

    YouTuber Teddy Lee Debut Lagu Ciptaannya Berlirik Korea & Indonesia

    Teddy Lee telah dikenal sebagai musisi dan content creator YouTube alias YouTuber yang sering mengcover lagu-lagu soundtrack drama seri Korea yang diterjem

    on May 9, 2021
    Hybe

    HYBE Masuk Daftar 100 Perusahaan Paling Berpengaruh Di Dunia

    Perusahaan hiburan dan gaya hidup HYBE masuk dalam daftar 100 perusahaan yang paling berpengaruh versi majalah TIME. Dalam jajarannya juga terdapat sejumla

    on May 5, 2021
    K-pop

    6 Lagu Hits K-Pop Yang Masuk Tangga Lagu Setelah Sekian Lama Dirilis

    Fenomena 'Rollin'', lagu lamanya Brave Girls yang viral empat tahun kemudian sejak rilis mendorong kami untuk membuat 'listicle' ini. Berlawanan dari yang

    on May 3, 2021