×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Beri Donasi Rp 14 Miliar Lebih Untuk Gerakan Black Lives Matter

Posted on: 06/8/20 at 6:30 am

BTS, ki-ka: Jimin (Park Jimin), Jungkook (Jeon Jeongguk), Rap Monster (Kim Nanjoon), J-Hope (Jung Hoseok), V (Kim Taehyung), Jin (Kim Seokjin) dan SUGA (Min Yoongi) saat menghadiri Today Show 'Today' TV Show, New York, AS, 21 Februari 2020.
BTS, ki-ka: Jimin (Park Jimin), Jungkook (Jeon Jeongguk), Rap Monster (Kim Nanjoon), J-Hope (Jung Hoseok), V (Kim Taehyung), Jin (Kim Seokjin) dan SUGA (Min Yoongi) saat menghadiri Today Show ‘Today’ TV Show, New York, AS, 21 Februari 2020. (Foto: Efren Landaos/SOPA Images/Shutterstock).

BTS dan perusahaan manajemen mereka Big Hit Entertainment telah menyumbangkan US$ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar lebih kepada gerakan anti-rasis Black Lives Matter awal pekan ini, menurut laporan dari Variety hari Sabtu lalu.

Meskipun boyband K-pop nomor satu sedunia itu tidak mengumbar donasi mereka di media sosial, baik pihak gerakan Black Lives Matter maupun pihak Big Hit telah mengkonfirmasi transfer donasi tersebut.

Baca Juga: Big Hit Rilis Pernyataan Tentang Sample Pidato Aliran Sesat Di Lagu Suga (BTS)

Direktur Utama Black Lives Matter, Kailee Scales mengatakan kepada Variety, “Orang kulit hitam di seluruh dunia saat ini menderita karena trauma penindasan selama berabad-abad. Kami tersentuh oleh kemurahan hati BTS dan aliansi di seluruh dunia yang berdiri dalam solidaritas demi memperjuangkan kehidupan orang kulit hitam”.

Awal minggu ini, BTS mencuit/tweet untuk mendukung protes demi George Floyd. “Kami menentang diskriminasi ras. Kami mengutuk kekerasan. Kamu, aku dan kita semua memiliki hak untuk dihormati. Kami akan mendukung bersama. #BlackLivesMatter,” ujar para Bangtan Boys.

Kontribusi US$ 1 juta itu datang setelah pasukan penggemar K-pop bersatu untuk membantu menghilangkan dan merusak tagar #WhiteLivesMatter di media sosial.

“Ide untuk melakukan spam terhadap jenis tagar supremasi kulit putih ini berasal dari ide spamming aplikasi Departemen Kepolisian Dallas, AS,” ujar sang pengguna Twitter bernama Lovely Doya, seorang penggemar BTS dan ONEUS berusia 17 tahun dari California, AS, kepada Rolling Stone.

“Kami melakukannya untuk melindungi orang-orang yang hadir dalam protes karena penggemar K-pop setuju bahwa mereka tidak pantas ditangkap karena berkumpul untuk memperjuangkan keadilan. Karena rencana ini berhasil, kami menyadari itu akan berhasil dengan hal-hal lain seperti mengubur tweet tentang supremasi kulit putih yang penuh kebencian dalam tagar mereka sendiri”.

Lovely Doya lalu menambahkan, “Penting untuk menunjukkan dukungan karena gerakan BLM (Black Lives Matter) adalah tentang membawa keadilan bagi semua nyawa tidak berdosa yang hilang di tangan petugas polisi rasis. Ini adalah sesuatu yang aku dan sangat banyak penggemar K-pop lainnya percaya, karena banyak dari kita, termasuk aku, adalah POC (People of Color). Pada akhirnya, kita adalah manusia sebelum kita menjadi seorang stan (penggemar garis keras) K-pop”.

Pada hari Minggu lalu, BTS ikut serta dalam acara kompilasi pidato wisudawan angkatan 2020 yang dipersembahan oleh YouTube, dengan mantan presiden AS Barack Obama dan istrinya Michelle Obama serta Lady Gaga dan sederet selebriti dunia lainnya yang juga ikut menyampaikan pidato.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

KAACHI London Parade

KAACHI Akan Tampil Di Parade Hari Raya Tahun Baru London 2021 Sambut T...

Kaachi. (Foto: Frontrow Records). Girlband K-pop yang berbasis di Inggris KAACHI siap tampil di London New Years Day Parade (LNYDP) 2021 - salah satu parade

on Dec 3, 2020
BTS

Korea Selatan Sahkan Revisi Undang-Undang Agar BTS Bisa Menunda Wajib ...

BTS. (Foto: Big Hit Entertainment). Belum lama ini BTS tercatat telah menyumbang US$ 5 miliar (sekitar Rp 70,7 triliun!) kepad PDB (Produk Domestik Bruto) K

on Dec 2, 2020
Chung Ha

Fitur R3HAB, Chung Ha Rilis 'Dream Of You', Single Baru Stimulan Dansa...

Chung Ha. (Foto: 88rising). Pada 27 November, artis solo K-pop Chung Ha merilis single barunya, 'Dream of You (with R3HAB)' di bawah bendera 88rising dan di

on Nov 30, 2020
BLACKPINK

BLINK Tuntut Permintaan Maaf Dari Asia Artist Awards Karena Menghina B...

Foto: via Twitter/BLACKPINK. Dalam waktu kurang dari dua puluh empat jam, para penggemar BLACKPINK alias BLINK telah menangani dua masalah yang muncul dari

on Nov 29, 2020