×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Bikin Penggemar Hongkong Histeris!

Posted on: 03/22/19 at 3:00 pm

BTS sapa penggemarnya di AsiaWorld-Expo Arena, Hongkong (21/3) dan menampilkan sebagian besar lagu dari Love Yourself: Answer.

Oleh: Rachel Cheung. (South China Morning Post)

BTS menggetarkan citra band K-pop yang banyak diproduksi oleh perusahaan hiburan. Mereka mengambil alih dunia dengan musik mereka, dengan lirik yang berbicara seputar keadaan sekarang dan tentunya dengan gaya yang menunjukan ciri khas mereka masing-masing. 

Popularitas band tercermin dalam penjualan album mereka. Mereka adalah artis global terlaris kedua di tahun 2018, yang kedua setelah Drake, dan baru-baru ini memecahkan rekor untuk sebagian besar album pre-order dengan 2,6 juta pre-order dari album mendatang mereka, Map of the Soul: Persona.

Tetapi pertunjukan live yang memukau dari mereka yang telah memenangkan tempat mereka di antara penghibur terhebat di zaman sekarang.

Baca Juga: DIA Menggemparkan di VM “Woowa”

Mereka memulai konser pertama dari empat konser mereka di Hong Kong – perhentian ke-19 di Love Yourself World Tour – dengan penampilan energi tinggi dari lagu hit Idol mereka, mengenakan jas hitam mengkilap alih-alih jas berwarna-warni dalam video musiknya. Lautan BTS Army, light sticks resmi band yang terhubung dengan bluetooth, berkedip secara sinkron di seluruh AsiaWorld Arena, sementara penonton – yang 99% adalah perempuan – berteriak keras.

Band ini menyambut kerumunan penggemarnya dengan beberapa frasa Cantonese yang baru mereka pelajari dan Jin meniup signature kiss-nya, sebelum melanjutkan ke “Save Me,” “I’m Fine,” and “Magic Shop.”

J-Hope, raja dansa grup itu, adalah yang pertama tampil solo, membawakan “Just Dance”, diikuti oleh vokalis utama Jungkook yang menyanyikan “Euphoria”. Sisanya kemudian bergabung dengannya di atas panggung dengan jas putih untuk membawakan “I Need U” dan “Run.”

Suasana berubah dengan sensual ketika “Serendipity” dibawakan, menampilkan Jimin. Tidak ada merobek-robek kemeja seperti yang biasa dilakukan, tetapi sesekali, pengangkatan kemeja hitam berhiaskan berliannya, memperlihatkan otot perutnya yang kencang cukup membuat para penggemar tergila-gila.

Dalam jaket gemerlapan, band ini juga dikenal sebagai Bangtan Boys menyanyikan “DNA” yang riang, diikuti oleh medley beberapa lagu yang lebih lama termasuk “Boyz” yang funky dengan “Fun,” “Attack on Bangtan,” dan “Airplane Pt.2” dengan beat latino. Koreografi mereka yang rumit membuat penonton terpesona.

Sebagian besar anggota BTS mendapat istirahat sejenak selama “Singularity” oleh V, di mana ia menari seperti pada awal video musiknya disertai dengan penari latar berjubah hitam dan topeng putih. Tetapi mereka dengan cepat kembali mengenakan celana panjang kulit warna hitam dan harnesses untuk lagu yang mungkin paling dinanti malam itu, “Fake Love”. 

Dalam solo terakhir malam itu, Suga memamerkan gerakannya dalam setelan merah burgundy, menari “Seesaw” dan Jin menunjukkan kontrol vokalnya yang luar biasa saat bermain piano di “Epiphany.”

“The Truth Untold”, sebuah lagu emosional yang dibawakan Jin, Jimin, V dan Jungkook menggambarkan tentang perjuangan batin mereka, sayangnya terganggu oleh kerasnya teriakan dari penonton. Namun, RM, Suga dan J-Hope mendapatkan beat lagi di “Tear” yang terdengar hip-hop dengan rap cepat.

Sebuah lagu yang terinspirasi oleh gerakan terkenal Barack Obama di White House Correspondent’s Dinner pada tahun 2016, sebelum kembali untuk encore. Mengganti pakaian mencolok mereka dengan kaus putih dan celana jeans biru (V dengan baret merah dan syal senada), band ini menutup konser dengan “So What”, “Anpanman” dan “Answer: Love Myself.”

Meskipun basah kuyup oleh keringat, anggota band ini tidak menunjukkan tanda-tanda kelelahan karena mereka menjaga tingkat energi tetap tinggi sepanjang malam. Mereka tampaknya benar-benar menikmati berada di atas panggung, menggunakan kamera di atas panggung untuk berinteraksi dengan penggemar.

Dalam sambutan penutup mereka kepada kerumunan fans, Jungkook, yang menderita cedera sebelum pertunjukan mereka di London, mengakui dia merasa gugup sebelum pertunjukan Hong Kong dan khawatir membuat kesalahan, tetapi segera melupakan semua pikiran itu begitu dia berada di atas panggung.

Dengan penampilan solo spektakuler mereka, para anggota band menunjukkan bahwa masing-masing dari mereka adalah paket total dan dapat berdiri sendiri sebagai seorang seniman; tetapi bersama-sama mereka menciptakan kekuatan yang tak terhentikan.

Keterangan Foto Utama: BTS usai konsernya di AsiaWorld-Expo Arena Hongkong, 21 Maret 2019. (Foto: via South China Morning Post)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

10 Grup K-Pop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!-1

10 Grup K-Pop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!

Dalam industri hiburan khususnya K-pop, tidak sedikit label/agensi yang ‘sangat terlibat’ dalam kehidupan artis mereka, bukan hanya dalam urusan pribadi te

on Sep 13, 2019
Plus Global Audition

Big Hit & Source Music Resmi Buka Plus Global Audition!

Audisi ini akan digelar di 16 kota dan terbuka bagi remaja perempuan yang lahir antara tahun 2001 dan 2007 (12 tahun sampai 18 tahun) pada saat pendaftaran.

on Sep 11, 2019
Royalti K-Pop di Luar Korea Alami Pertumbuhan Signifikan!

Royalti K-Pop di Luar Korea Alami Pertumbuhan Signifikan!

The Korea Music Copyright Association atau KOMCA mengungkapkan kalau royalti K-Pop di luar Korea mengalami peningkatan berkali-kali lipat dibandingkan tahun la

on Sep 4, 2019
Big Hit

Big Hit Luncurkan Serial Drama Bertema BTS Tahun Depan!

Dalam presentasi perusahaan, CEO Big Hit juga mengupas berbagai rencana lain seputar BTS dan kondisi perusahaan di paruh pertama 2019. Baca Juga: Big Hit Kon

on Aug 29, 2019