×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Ceritakan Reaksi Mereka Saat Lagu ‘Dynamite’ Jadi No.1 di Billboard Hot 100

Posted on: 09/3/20 at 6:00 am

BTS Ceritakan Reaksi Mereka Saat Lagu ‘Dynamite’ Jadi No.1 di Billboard Hot 100
BTS. (Foto: Big Hit Entertainment).

Tanggal 2 September lalu, BTS menggelar acara Online Global Media Day di mana mereka membahas bagaimana rasanya meraih peringkat No. 1 di chart Billboard Hot 100 dengan lagu bahasa Inggris terbaru mereka yang bernuansa disko 1980-an, ‘Dynamite’.

Baca juga: Setelah Single ‘Dynamite’ No.1 di Billboard, BTS Digandeng Hyundai Buat Jingle

Ini adalah peringkat chart tertinggi yang pernah diraih oleh sebuah grup musik yang semua anggotanya orang Korea Selatan. BTS juga hinggap di banyak puncak chart Billboard lainnya untuk hitungan pekan yang berakhir pada 5 September.

Pemimpin dari para Bangtan Boys itu, RM mengungkapkan, “Aku waktu itu menunggu (hasil chart) saat dini hari. Begitu melihat hasilnya, aku merasa bahwa aku harus mengonfirmasi kabar itu, menyampaikannya, dan kemudian langsung tidur karena kami memiliki jadwal latihan dan kegiatan keesokan harinya, jadi aku langsung tidur saja. Untuk menghindari (perasaan) terlalu senang akibat momen menyentuh ini, aku akhirnya bernostalgia. Aku memikirkan momen-momen ketika kami dimarahi bersama di ruang latihan dan membahasnya di studio rekaman untuk memproses (kejadian itu) setenang mungkin. Simpelnya, aku merasa kontribusiku untuk semua ini sangat sedikit. Aku rasa ini berkat fans yang memperhatikan kami, staf yang menciptakan kami, dan para anggota (BTS) di sisi aku”.

Jimin berbagi cerita, “Itu adalah sesuatu yang aku bahkan nggak pernah bayangkan. Sejujurnya, menurutku akan menyenangkan jika itu terjadi senggaknya sekali. Sekarang setelah itu benar-benar terjadi, itu masih terasa nggak nyata, bahkan sampai sekarang. Aku sangat, sangat bahagia, dan aku nggak yakin harus merasa bagaimana. Aku juga berterima kasih kepada para anggota, yang menggabungkan kekuatan mereka bersama untuk bekerja keras setiap hari di sisi aku”. Jimin kemudian menambahkan, “Aku mendengar kabarnya pada jam 4 pagi dan menangis sampai aku ketiduran jam 7 pagi. Aku sedang bersama Jungkook saat aku melihat chart dan berteriak dengan gembira dan menyentuh layar (HP). Aku terus menyentuhnya sambil menangis. Aku merasa, ‘Kita juga bisa mencapai itu ya jika kita mencoba’. Rasanya seperti kami sudah diakui dan dipuji”.

V berkomentar, “Aku nggak menyangka kami akan menerima perhatian dari seluruh dunia. Datang ke Seoul dan waktu yang dihabiskan untuk latihan telah menjadi kenangan indah di masa lalu. Masa-masa sulit dari masa pelatihan hingga sekarang semuanya telah menjadi kenangan indah, jadi aku sangat bahagia. Aku merasa seolah-olah aku telah menerima sertifikat penghargaan terbaik. Seenggaknya untuk hari ini, aku berharap semua orang bisa tersenyum dan bersorak, melupakan kekhawatiran dan kecemasan mereka”.

Produser musik sekaligus salah satu rapper andalan BTS, Suga juga sempat mengungkapkan rasa ketidakpercayaannya. Doi bilang, “Aku masih nggak percaya. Meskipun aku memang ingin mencoba punya lagu No. 1 di (chart Billboard) Hot 100, aku benar-benar nggak berusaha untuk mencapai tujuan itu. Sekarang setelah itu benar-benar terjadi, aku merasa bingung dan bersyukur. Setelah memeriksa (peringkat chart) di pagi hari, aku benar-benar sampai menyubit diri aku sendiri untuk memastikan apakah ini hanya mimpi atau bukan”.

Si Mr. Handsome Worldwide alias Jin mengungkapkan, “Aku sangat bahagia, dan aku merenungkan bagaimana aku harus mengungkapkan perasaan ini kepada fans kami. Aku terus menulis dan menghapus postingan aku di Weverse, dan aku mengekspresikan bahwa itu adalah sesuatu yang telah dicapai BTS dan ARMY secara bersama. Aku senang menerima hasil bagus seperti itu meskipun itu adalah lagu yang kami buat karena kami sekadar hanya ingin menikmatinya bersama fans. Terima kasih untuk fans kami”.

J-Hope juga berbicara tentang memori masa lalunya dari tujuh tahun yang lalu saat BTS melakukan debut. Doi mengungkapkan, “Aku melakukannya dengan mentalitas do-or-die, dan aku bekerja sekeras yang stamina aku mampu lakukan. Seperti yang aku katakan saat showcase, tujuan aku adalah bekerja lebih keras daripada orang lain untuk menyebarkan nama BTS bahkan untuk sekali lagi saja demi bertahan hidup. Sungguh suatu kehormatan untuk bisa menerima begitu banyak cinta yang jauh lebih dari yang aku bayangkan, dan aku bahagia karena aku rasa aku telah mencapai tujuan aku sejak tujuh tahun lalu. Aku juga senang dan bangga karena menurut aku dunia telah benar-benar mengakui ketulusan BTS”. J-Hope menambahkan bahwa doi ingin memberi tahu versi dirinya yang dari tujuh tahun lalu bahwa usaha susah payahnya nggak mengkhianatinya.

BTS juga melihat kembali saat mereka pertama kali tercatat dalam chart Billboard 200 dengan EP The Most Beautiful Moment in Life, Pt. 2. Jungkook mengatakan, “Aku dulu merasa bahwa itu mustahil. Aku bertanya-tanya apakah itu nyata atau nggak. Aku rasa itulah momen yang memungkinkan kami untuk memiliki tujuan yang lebih besar”.

Saat berbicara tentang para anggota BTS, J-Hope mengatakan, “Para anggota sangat berharga bagiku. Mereka sangat berharga sampai-sampai itu nggak pernah terasa cukup, nggak peduli berapa kali aku mengatakannya, dan sekarang aku nggak bisa (hidup) tanpa mereka karena mereka telah menjadi alasan utama bagi hidup aku. Aku sangat bersyukur mereka ada bersama aku selama tujuh tahun, dan aku ingin mengatakan bahwa aku harap kami dapat terus hidup bersama selamanya di masa depan. Aku ingin menggunakan waktu ini untuk memberi tahu mereka bahwa aku mencintai mereka”.

Jin kemudian mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada fanbase BTS ARMY, menjelaskan bahwa ARMY adalah alasan BTS bisa menduduki posisi No.1 di chart Billboard Hot 100 dengan lagu ‘Dynamite’. Doi mengatakan bahwa, “Bagi kami, ARMY adalah orang-orang paling pertama yang kami ingin beri tahu jika ada kabar baik, yang kami lindungi jika ada berita sedih, dan hanya menunjukkan dan membagikan sisi baik kami”. Jin mengungkapkan bahwa doi senang ARMY puas dan dengan lagu ‘Dynamite’ dan menikmatinya, dan doi menambahkan, “Kami ada karena ARMY ada. Kami akan terus bekerja keras di masa depan agar ARMY bisa bahagia. Aku cinta kalian semua, ARMY”.

Suga, yang sebelumnya menceritakan tujuannya untuk mencapai puncak chart Hot 100, juga berbicara tentang tujuan barunya. Doi mengatakan, “Aku merasa bangga karena kami berhasil mencapai tujuan yang aku inginkan satu per satu, tetapi aku juga bertanya-tanya apakah itu nggak masalah bagi jika aku ingin punya tujuan lainnya. Aku senang kami mencapai tujuan kami untuk ‘Dynamite’, tetapi aku juga bertanya-tanya tujuan apa yang harus kami tetapkan selanjutnya. Jadi aku rasa aku ingin BTS untuk bisa tampil di Grammy Awards”.

Baca juga: Saksikan Penampilan Perdana BTS Di VMA 2020 Bawakan ‘Dynamite’, Nanana Hey!

RM juga menambahkan bahwa tujuannya adalah untuk dinominasikan dan menerima penghargaan di Grammy Awards. Doi juga mengungkapkan bahwa impiannya yang lain adalah untuk mengadakan konser di tempat terbuka seperti festival. Pada bagian akhir, Jimin menambahkan, “Aku suka musik kami. Kami sedang mempersiapkan album baru kami sekarang, dan bahkan saat aku mendengarkannya, aku merasa musik kami sangat bagus. Mohon diantisipasi ya!”.

Yuk kita dengarkan lagi lagu super catchy yang membuat BTS jadi satu-satunya grup asal Korea Selatan yang pernah menduduki posisi No.1 di chart Billboard Hot 100!

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

KAACHI

KAACHI Akan Tampil Di Parade Hari Raya Tahun Baru London 2021 Sambut T...

Kaachi. (Foto: Frontrow Records). Girlband K-pop yang berbasis di Inggris KAACHI siap tampil di London New Years Day Parade (LNYDP) 2021 - salah satu parade

on Dec 3, 2020
BTS

Korea Selatan Sahkan Revisi Undang-Undang Agar BTS Bisa Menunda Wajib ...

BTS. (Foto: Big Hit Entertainment). Belum lama ini BTS tercatat telah menyumbang US$ 5 miliar (sekitar Rp 70,7 triliun!) kepad PDB (Produk Domestik Bruto) K

on Dec 2, 2020
Chung Ha

Fitur R3HAB, Chung Ha Rilis 'Dream Of You', Single Baru Stimulan Dansa...

Chung Ha. (Foto: 88rising). Pada 27 November, artis solo K-pop Chung Ha merilis single barunya, 'Dream of You (with R3HAB)' di bawah bendera 88rising dan di

on Nov 30, 2020
BLACKPINK

BLINK Tuntut Permintaan Maaf Dari Asia Artist Awards Karena Menghina B...

Foto: via Twitter/BLACKPINK. Dalam waktu kurang dari dua puluh empat jam, para penggemar BLACKPINK alias BLINK telah menangani dua masalah yang muncul dari

on Nov 29, 2020