×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS dan Bad Bunny Mendominasi Musik Pop Global di Awal 2020

Posted on: 03/5/20 at 1:17 pm

BTS.
BTS (Foto: Pinterest).

Media internasional menyebut jika album terbombastis pekan ini adalah album dari boyband Korea, yakni BTS. Dalam ulasan Uproxx yang dialihbahasakan, boyband beranggotakan 7 orang yang mulai bermusik 7 tahun lalu itu, disebut telah menjadi superstar global selama beberapa tahun terakhir.

Mereka telah merilis empat album dalam bahasa Korea dan tiga dalam bahasa Jepang. Meskipun belum pernah merilis album berbahasa Inggris, faktanya, adalah hal yang langka untuk album seperti Map Of The Soul: 7, mencapai dominasi bagan seperti album tanpa lirik bahasa Inggris. Meskipun mereka hanya menggunakan Bahasa Inggris untuk judul album dan sebagian besar judul lagu.

Beberapa waktu ke belakang, boyband ini sempat bersuara bahwa menjaga lirik dalam bahasa Korea adalah inti dari identitas band sebagai warisan mereka sendiri, dan tetap menjadi bagian besar dari suara mereka.

Baca juga: BTS Raih Posisi 4 di Chart Billboard Hot 100 Lewat Singel ‘On’

Awal tahun ini, BTS menjadi grup K-Pop pertama yang meraih platinum di Amerika. Tur dunia mereka yang akan datang, dengan beberapa tanggal di Amerika Serikat dan Kanada, siap untuk membuat mereka lebih mendunia.

Tur pada 2018 sudah menempatkan mereka di peta dengan cara yang besar, dan membantu membuka pintu dua tahun lalu untuk penerimaan musik pop dalam bahasa lain.

Genius, situs lirik yang terkenal dengan anotasi dan papan pesannya yang penuh dengan penggemar diehard yang meneliti dan memperdebatkan makna artistik, telah meluncurkan terjemahan bahasa Inggris untuk Map of the Soul: 7, yang telah disimpan oleh hampir 180.000 pengunjung dalam seminggu. dan setengah sejak album turun.

Sementara itu, singel kedua album, ‘On’ menjadi No 4 di Hot 100 – menunjukkan singel No. 1 tidak sepenuhnya keluar dari gambar, baik.
Keberhasilan BTS datang pada saat penilaian ulang seni yang dominan pertama di Amerika dan Inggris terjadi secara real-time.

Dalam industri film, film non-Inggris memenangkan penghargaan terbesar tahun ini, untuk Film Terbaik, untuk pertama kalinya. Dan sementara pemenangnya, Parasite, juga dari budaya Korea, bukan hanya seni Korea yang mendapat perhatian di panggung dunia. Keunggulan seni bahasa Spanyol di industri musik dan di luarnya meningkat dalam visibilitas lebih dari sebelumnya, dan terutama mengingat bahwa populasi sensus memperkirakan dari 2019 mematok persentase Latin di Amerika mendekati 20%. Dengan hampir seperlima negara berbahasa Spanyol – bagi banyak dari mereka sebagai bahasa pertama – pentingnya musik pop yang menyediakan aksesibilitas dan representasi sulit untuk dilebih-lebihkan.

Pada arena yang sama, beberapa bintang tengah bersaing dengan popularitas Bad Bunny baru-baru ini, alias Benito Antonio Martínez Ocasio, penyanyi dan rapper Puerto Rico berusia 25 tahun yang secara mengejutkan merilis album keduanya YHLQMDLG (atau Yo Hago Lo Que Me Da La Gana, terjemahan dari bahasa Spanyol: “Saya melakukan apa yang saya inginkan) akhir pekan lalu, mengumumkan album itu datang hanya beberapa hari sebelumnya di The Tonight Show With Jimmy Fallon. Single utama album, “Vete,” yang keluar pada akhir November tahun lalu saat ini berada di tepi tangga lagu Billboard Hot 100, di No. 99, tetapi kemungkinan akan terlihat bangkit kembali setelah rilis rekaman penuh – itu naik setinggi No. 33 di masa lalu.

Memulai karir pada tahun 2018 dengan debutnya mixtape X 100pre – sebuah proyek yang termasuk akting cemerlang dari Diplo dan Drake – Bad Bunny mendapatkan momentum bekerja dengan penyanyi Kolombia J Balvin pada proyek kolaborasi mereka Oasis pada tahun 2019. Pasangan ini paling terkenal bekerja bersama dalam sebuah lagu dengan Cardi B, “I Like It,” yang menampilkan sampel ulang hit boogaloo Pete Rodriguez yang tak terhindarkan, “I Like It Like That.” Ketika lagu itu masuk ke No. 1 pada musim panas 2018, itu adalah sinyal bahwa lanskap pop yang berubah di Amerika telah bergeser secara resmi.

Setahun kemudian, ketika keduanya kembali dengan Oasis, ia mencapai No 9 di tangga album Billboard dan menerima banyak pujian pada daftar akhir tahun, termasuk posisi No. 10 di daftar album terbaik Billboard sendiri. Hanya beberapa minggu yang lalu, ia muncul bersama Jennifer Lopez dan Shakira di acara turun minum Super Bowl, yang pada dasarnya berjarak satu derajat dari nama rumah tangga.

Baca juga: Video Klip Terbaru BTS, ‘ON’ Pecahkan Rekor Premier YouTube

Ini akan menjadi satu minggu lagi sebelum angka pada YHLQMDLG kembali, tetapi berdasarkan reaksi awal dari penggemar online dan keberhasilan masa lalu Bad Bunny, itu tidak akan mengejutkan bagi album untuk mendekati bagian atas tangga lagu. Meskipun itu akan memberi kesempatan BTS untuk bersaing.

Ketika bintang-bintang pop kulit putih semakin kurang terlihat, dan kurang berpengaruh pada budaya pop (dan khususnya musik pop), lanskap budaya yang bergeser membuktikan bahwa terlepas dari beberapa kantong konservatisme, publik Amerika merangkul suara dan bahasa yang lebih luas daripada sebelumnya. Album tidak lagi harus dalam bahasa Inggris untuk pendengar Amerika. Bahkan bisa merepresentasi untuk pendengar yang selalu menginginkan musik dalam bahasa lain lebih kuat dari sebelumnya.

Penerjemah: Nurul Hanna
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Enhypen boygroup

    ENHYPEN Siap Comeback Oktober Via Album "DIMENSION : DILEMMA"

    Foto: dok. BE:LIFT. ENHYPEN adalah boyband pertama yang diciptakan oleh BELIFT LAB. Mereka beranggotakan JUNGWON, HEESEUNG, JAY, JAKE, SUNGHOON, SUNOO, dan

    on Sep 20, 2021
    Lalisa

    Lisa BLACKPINK Luncurkan 2 Lagu Solonya, 'Lalisa' Dan 'Money'

    Lisa BLACKPINK (Foto: YG Entertainment). Anggota ketiga dari girl group K-Pop BLACKPINK, Lisa, akhirnya merilis album single solo debutnya. Album ini diril

    on Sep 10, 2021
    Produser K-Pop Jenius

    Produser K-Pop Jenius Yang Menghasilkan Segudang Lagu Hits

    Produser K-pop. Yup, orang di balik layar inilah 'mastermind' kesuksesan seorang penyanyi atau sebuah grup K-pop. Produksi musik adalah proses yang sangat

    on Sep 8, 2021
    stayc

    STAYC Beberkan "STEREOTYPE", EP Pertamanya Yang Bertema Sosial

    Konsep sampul album Stereotype. Beberapa hari lalu tepatnya pada tanggal 6 September, girlgroup K-pop, STAYC, merilis mini album alias EP pertama merek

    on Sep 8, 2021