×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Dikecam Organisasi PETA Karena Kolaborasi Dengan McDonald’s

Posted on: 06/9/21 at 12:00 pm

BTS Diprotes Organisasi PETA Karena Kolaborasi Dengan McDonald's

BTS Meal yang merupakan produk kolaborasi McDonald’s dan raja K-pop ini telah melampaui sukses penjualannya. Dan tentu saja telah membuat semua ARMY girang sejak pertama kali diumumkan. Namun nampaknya tidak semua orang terlihat senang dengan kehadiran menu baru McD ini. Adalah PETA (People for the Ethical Treatment of Animals), organisasi yang terkenal memperjuangkan hak-hak hewan, yang telah menyuarakan keprihatinan terhadap kolaborasi tersebut.

Baca juga: BTS Luncurkan Paket Menu Spesial McDonald’s, Juga Hadir Di Indonesia

PETA Asia menuduh para Bangtan Boys mempromosikan kekejaman terhadap hewan. Organisasi cabang Asia itu membagikan di media sosial mereka foto seorang individu, mengenakan T-shirt BT21, berdiri di luar gerai McDonald’s dengan spanduk yang berbunyi, “Penggemar ini dikecewakan. BTS, berhenti mempromosikan ayam mati”.

BTS Ikut Mempromosikan Kekejaman

PETA Asia juga membagikan postingan dengan tagline, “You’re ‘butter’ than this, B(i)T(i)eS” yang merujuk dari single baru grup K-pop ini, ‘Butter’. Organisasi hak-hak hewan itu mengakui pengaruh boyband ini yang besar. Dan menyatakan kekecewaan mereka atas pilihan grup ini untuk bermitra dengan McDonald’s untuk menu makanan yang terdiri dari nugget ayam.

Investigasi PETA terhadap produsen ayam terbesar Australia, Baiada, yang dilaporkan memasok daging ayam ke McDonald’s dan perusahaan lain. Mereka menemukan bentuk kekejaman yang meluas di fasilitas pembiakan dan rumah jagal ayamnya. Rumah jagal Baiada memiliki CCTV, yang merekam para pekerja menggunakan ayam sebagai karung tinju. Jelas BTS tidak peduli dengan ayam yang menderita dan digorok lehernya untuk McNuggets di BTS Meal.

— PETA Asia

PETA mengklaim bahwa ARMY merasa “dikecewakan” oleh BTS karena mempromosikan konsumsi nugget ayam. Namun ARMY yang lain muncul tidak hanya untuk membela pahlawan K-pop mereka. Tetapi sekaligus untuk meningkatkan kesadaran terhadap beberapa inkonsistensi dalam PETA. Mereka ingat bahwa PETA justru membiuskan ribuan hewan bukannya mencarikan rumah hewan tersebut karena mereka tidak percaya kepada kepemilikan hewan peliharaan. Presiden dan salah satu pendiri PETA, Ingrid Newkirk meyakini ini adalah “situasi yang buruk”.

Baca juga: BTS Ungkap Lagu Mereka Yang Mewakili Setiap Member Raja K-Pop Ini!

Protes Balik Ke PETA Dari ARMY

Banyak ARMY juga menyarankan bahwa PETA memilih BTS dan McDonald sebagai target hanya untuk “perhatian” dan “pengaruh”. Meskipun RM dan kawan-kawan sering terlihat makan berbagai makanan yang terdiri dari daging dalam reality show mereka dan mendukung produk serupa sebelumnya, PETA belum pernah mengkritik grup atau member-nya sampai sekarang.

“Di mana kalian sebelum BTS Meal? Memprotes hanya karena dukungan BTS itu memalukan. Apalagi karena ada lebih banyak menu atau iklan khusus yang menyertakan chicken nugget + kenapa cuma protes nugget ayam mereka juga menggunakan berbagai jenis daging hewan”.

“Kalian menangani masalah yang salah. McDonald’s mungkin tidak akan berhenti memproduksi nugget bahkan jika BTS berhenti mempromosikannya. Kalian bahkan tidak menyebutkan bahwa produksi nugget harus dihentikan. Kalian memilih McDonald’s. Dan kalian memilih BTS. Anda pilih-pilih”.

“Saya sendiri seorang vegetarian dan penyayang binatang, tetapi apa ini? Di mana kalian ketika orang-orang di seluruh dunia makan ayam sebelum BTS Meal? Dan kalian tahu ada yang namanya Peternakan Unggas ‘kan? dan begitu banyak orang bergantung pada itu untuk mencari nafkah”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Penyanyi K-pop

    30 Urutan Peringkat Penyanyi K-Pop Terpopuler Edisi Bulan Juli 2021

    30 urutan peringkat penyanyi K-pop paling populer edisi bulan Juli 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand

    on Jul 27, 2021
    Anggota Girlband

    30 Urutan Peringkat Anggota Girlband K-Pop Terpopuler Bulan Juli 2021

    Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan Juli 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand

    on Jul 18, 2021
    30 Anggota Boyband K-Pop Terpopuler Juli 2021

    30 Urutan Peringkat Anggota Boyband K-Pop Terpopuler Bulan Juli 2021

    Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Juli 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand a

    on Jul 17, 2021
    Girlband

    30 Urutan Peringkat Girlband K-Pop Terpopuler Edisi Bulan Juli 2021

    30 urutan peringkat girlgroup K-pop terpopuler edisi bulan Juli 2021. Girlband K-pop! Yup. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan pering

    on Jul 13, 2021