×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Jadi Artis Asia Pertama Peraih Global Recording Artist Of The Year

Posted on: 03/5/21 at 12:00 pm

BTS. (Foto: Big Hit).

BTS tidak henti-hentinya membuktikan diri mereka sebagai fenomena global dengan invasi K-pop-nya. Kali ini mereka telah menerima IFPI Global Recording Artist of the Year Award alias Penghargaan Artis Rekaman Global IFPI Tahun 2020. Ini adalah penghargaan tahunan prestisius yang mengakui popularitas grup asal Korea Selatan tersebut di seluruh dunia melalui kesuksesan dari jumlah angka streaming dan penjualan musiknya, termasuk vinyl, unduhan, dan CD.

Baca juga: Dianggap Rasis Ke BTS, Radio Jerman Minta Maaf Setelah Dikecam ARMY

BTS telah memecahkan rekor baru mereka dengan penghargaan IFPI, yang diumumkan pada hari Kamis, 4 Maret lalu. Boyband ini menetapkan tolok ukur baru dengan menjadi juara pertama yang tampil terutama dalam bahasa selain bahasa Inggris.

Dan, tentu saja, mereka menjadi artis Korea Selatan dan Asia pertama yang merebut gelar tersebut.

Sebelumnya, semua penerima IFPI Global Recording Artist of the Year Award dari Amerika Serikat (AS), yakni Taylor Swift pada 2014 dan 2019, Drake pada 2016 dan 2018) atau Inggris, yakni One Direction pada 2013, Adele pada 2015, Ed Sheeran pada 2017.

BTS hampir memenangkan penghargaan tertinggi pada peringkat penghargaan ini pada tahun 2018, ketika mereka di urutan kedua, dan masuk lagi pada 2019, berada di urutan ketujuh.

Terlepas dari pandemi, tujuh Bangtan Boys ini masuk ke dalam format pengaturan rekor tahun lalu.

Pada April 2020, grup ini menduduki peringkat pertama di Billboard 200 dengan album Map of the Soul: 7, peringkat No. 1 mereka untuk keempat kalinya dalam waktu kurang dari dua tahun.

Map of the Soul: 7 adalah salah satu album yang paling banyak menerima Pre-Order sepanjang masa, menurut IFPI, dan album tersebut menguasai tangga lagu di lebih dari 20 negara.

Itu hanyalah awal dari tahun yang eksplosif untuk BTS. Map of the Soul: 7 ~ The Journey berbahasa Jepang telah terjual lebih dari 500.000 kopi dalam dua hari sejak dirilis pada Juli 2020. Kemudian, mereka menjadi artis Korea pertama yang mencetak rekor memrajai Billboard Hot 100 saat singel ‘Dynamite’ mencapai posisi puncak, dan memecahkan rekor streaming-nya sejak debut di YouTube dan Spotify. Walhasil, ‘Dynamite’ masuk nominasi Grammy Awards 2021 untuk kategori penampilan duo/grup pop terbaik.

Bahkan sebelum tahun 2020 berakhir, sebuah album baru lagi berjudul BE dirilis dan langsung menyerbu seluruh tangga lagu/album global, dan meraih posisi No. 1 kelima mereka di Billboard 200.

“BTS adalah fenomena global,” komentar CEO IFPI Frances Moore. “Mereka memiliki tahun yang luar biasa lagi, merilis tiga album, dan terus menemukan cara yang kreatif dan menarik untuk berbagi cerita mereka dengan dunia. Mereka benar-benar menunjukkan kekuatan yang dimiliki musik untuk membawa kegembiraan dan kebahagiaan bagi orang-orang di seluruh dunia”.

Baca juga: Big Hit & Universal Music Resmi Bermitra Untuk Meluncurkan Boyband Global Baru

BTS Jadi Juara Peringkat Top 10

Peringkat Top 10 Artis Rekaman Global Tahun 2020 sarat dengan artis-artis AS dan Kanada dan, kali ini tanpa artis Inggris. Di Lima Besar-nya, di bawah BTS ada Taylor Swift, Drake, The Weeknd, dan Billie Eilish.

10 Artis Rekaman Global Terbaik IFPI Tahun 2020:

  1. BTS
  2. Taylor Swift
  3. Drake
  4. The Weeknd
  5. Billie Eilish
  6. Eminem
  7. Post Malone
  8. Ariana Grande
  9. Juice Wrld
  10. Justin Bieber

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lisa

    Lisa Tampil 'Edgy' Pakai Kostum Iron Maiden, LALISA Trending #1!

    'LALISA' sengaja kami pilih sebagai materi episode perdana MMM REACTION di kanal YouTube MataMata Musik. MV (Music Video) 'LALISA' sempat trending #1 selam

    on Oct 7, 2021
    Penyanyi K-pop

    30 Urutan Peringkat Penyanyi K-Pop Terpopuler Edisi September 2021

    30 urutan peringkat penyanyi K-pop paling populer edisi bulan September 2021. Penyanyi K-pop! Yup, The Korean Business Research Institute telah mengungkapka

    on Sep 26, 2021
    BTS di PBB

    BTS Tampil Kembali Di Majelis Umum PBB Sebagai Duta Kebaikan Global

    BTS di depan kantor PBB (Foto: dok. Big Hit). BTS memang tidak pernah luput dari pemberitaan. Pada bulan September 2018, sang juru bicara BTS, Kim Namjoon d

    on Sep 21, 2021
    ENHYPEN

    ENHYPEN Siap Comeback Oktober Via Album "DIMENSION : DILEMMA"

    Foto: dok. BE:LIFT. ENHYPEN adalah boyband pertama yang diciptakan oleh BELIFT LAB. Mereka beranggotakan JUNGWON, HEESEUNG, JAY, JAKE, SUNGHOON, SUNOO, dan

    on Sep 20, 2021