×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Jadi Artis Pertama Yang Meraih Sertifikasi Quadruple Million Dari Gaon

Posted on: 04/10/20 at 7:30 am

BTS Quadruple Million Gaon.
BTS saat di red carpet Grammy Awards 2020. (Foto: Matt Baron/Shutterstock).

Grup K-pop fenomenal BTS secara resmi telah menerima sertifikasi Quadruple Million (4 juta) pertama dalam sejarah Gaon Chart.

Baca juga: Berkat BTS, Big Hit Entertainment Untung US$ 500 Juta Selama 2019

Pada tahun 2018, Korea Music Content Industry Association menerapkan sistem sertifikasi baru untuk penjualan album, unduhan lagu, dan streaming online. Dimulai dengan musik yang dirilis pada atau setelah 1 Januari 2018, Gaon Chart sekarang akan mengesahkan sertifikasi Platinum kepada sebuah album setelah mereka mencapai 250,000 unit penjualan, sementara album yang telah terjual sejuta unit atau lebih akan menerima sertifikasi “million (juta)”.

Pada tanggal 9 April, Gaon Chart mengumumkan bahwa album terbaru BTS, Map of the Soul: 7, telah terjual lebih dari 4 juta unit, menjadikan boyband itu sebagai artis pertama β€” dan sejauh ini, juga sebagai satu-satunya artis β€” dalam sejarah Gaon Chart yang pernah menerima sertifikasi resmi Quadruple Million. Hebat!

Album terbaru BTS itu juga masih berada di peringkat Top 25 pada chart Billboard 200. Billboard kini telah merilis chart terbaru untuk pekan yang berakhir pada 11 April, dan Map of the Soul: 7 oleh BTS meraih posisi No. 25 di chart Billboard 200.

Album terbaru dari BTS ini dirilis pada 21 Februari lalu dan menampilkan lagu hit β€˜ON’ yang menampilkan Sia. Album itu sempat menjadi No. 1 ketika pertama kali debut di chart Billboard 200 (yang menempati peringkat album paling populer di Amerika Serikat (AS) pada bulan Maret lalu, dan sekarang telah menghabiskan enam minggu di chart tersebut.

Baca juga: BTS, Billie Eilish, Dua Lipa, John Legend Tampil Dalam Edisi Spesial Acara James Corden

Pada chart Independent Albums, album baru BTS ini tetap di No. 3, berperingkat No. 39 di chart Billboard Canadian Albums dan No. 1 di chart World Albums. BTS juga masih terus menduduki puncak chart Social 50 (sekarang memasuki pekan ke 173 mereka sebagai No. 1), dan mereka naik ke No. 9 di chart Artist 100.

Sementara itu, rilisan debut BTS juga sempat melonjak ke chart Billboard minggu ini setelah ulah para ARMY (fanbase BTS) dalam rangka merayakan Hari April Mob.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    TXT Foto Utama

    TXT: Interpretasi Nama Grup, Karakter Member Dan Pertumbuhan Karier

    TXT. (Foto: Vogue Korea). Wajah rupawan dan penampilan menawan para member TXT menghiasi edisi terbaru majalah Vogue Korea. Selain melakukan sesi pemotretan

    on Mar 4, 2021
    BTS

    Dianggap Rasis Ke BTS, Radio Jerman Minta Maaf Setelah Dikecam ARMY

    BTS tampil di atas panggung untuk American Music Awards 2020 pada 22 November 2020 di Korea Selatan. (Foto: Big Hit Entertainment/AMA2020/Getty Images). Bay

    on Mar 1, 2021
    Grup K-pop Terpopuler

    30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Februar...

    30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan Februari 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

    on Feb 25, 2021
    Anggota Girlband K-pop Terpopuler

    Inilah Urutan Peringkat Anggota Girlband K-Pop Terpopuler Bulan Februa...

    Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan Februari 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi br

    on Feb 24, 2021