×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Jelaskan Arti Di Balik Cover Art Tiap Albumnya Dari Debut Hingga Sekarang

Posted on: 10/7/20 at 10:00 am

Selama sesi Q&A alias tanya jawab dengan Pitchfork, BTS membahas tiap album mereka dari tahun 2014 hingga 2020 dengan menjelaskan lagu, konsep, artwork, dan proses kreatifnya. Dilansir dari Koreaboo, berikut adalah arti di balik tiap artwork cover album BTS dari DARK&WILD hingga Map Of The Soul: 7 dan single ‘Dynamite’.

Baca juga: Umumkan Judul & Tanggal Rilis Resmi Album Baru, BTS Ungkap Konsep Kontennya

1. DARK&WILD (2014)

Cover art albumnya bertuliskan ‘(terjemahan ke bahasa Indonesia) PERINGATAN! CINTA ITU MENYAKITKAN, ITU MENYEBABKAN RASA MARAH, CEMBURU, OBSESI, KENAPA KAMU NGGAK MENCINTAI AKU KEMBALI?’ Jadi ya ini agak… obsesif. Dan itu menekankan pesan yang ada dalam album,” kata pemimpin BTS, RM.

2. WINGS (2016)

“Konsepnya adalah tentang godaan, karena itu (bentuknya) asap. Itu seperti… ’Aroma apa ini?’ WINGS sebenarnya terbentuk oleh empat cover art yang berbeda dan menyatukan semua itu akhirnya menciptakan satu artwork. Itu asap,” kata RM.

“Dan setiap anggota BTS memiliki simbolnya masing-masing,” imbuh Jungkook.

3. LOVE YOURSELF: Tear (2018)

LOVE YOURSELF: Tear dari serial LOVE YOURSELF adalah tentang akhir dari cinta,” kataJimin. “Ini diwakili oleh kelopak bunga yang berjatuhan”.

“Seperti WINGS, LOVE YOURSELF: Tear juga hadir dalam empat versi berbeda yang membentuk satu jalur yang terhubung. Dan kami memilih warna yang gelap sebagai latar belakangnya untuk menunjukkan bahwa cinta akan segera berakhir”.

4. MAP OF THE SOUL: 7 (2020)

“Angka tujuh adalah kata kunci dalam album ini. Tujuh tahun sebagai tujuh anggota. Cover art album ini berfokus pada “7” sebagai simbol. Bentuk dan warna cover art album ditentukan berdasarkan kepribadian kami masing-masing,” kata Jin.

“Kamu akan melihat bahwa angka tujuhnya berlapis. Jika dilihat lebih dekat, ada tujuh warna,” kata J-Hope.

5. “Dynamite” (2020)

“Seperti yang kalian sudah tahu, kami merilis ‘Dynamite’ karena ini merupakan tahun yang berat bagi banyak orang, dan kami sangat berharap dapat kembali memberikan rasa gembira dan semangat untuk semua orang,” kata Jin. “Dan aku rasa energi lagu dan liriknya telah direfleksikan dengan sangat baik ke dalam cover art-nya”.

Cover art ‘Dynamite’ juga banyak digunakan sebagai bagian dari set kami,” pungkas J-Hope.

Baca juga: BTS “Map of the Soul: 7”: Refleksi Jiwa Dari 7 Bangtan Boys

Tonton video lengkap sesi Q&A-nya di bawah ini:

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Rosé Blackpink

    Rosé Sulit 'Move On' Setelah Putus Yang Terpapar Dalam MV 'Gone'

    Rosé (Foto: via YouTube). Bulan lalu, anggota BLACKPINK, Rosé merilis single solo baru berjudul 'Gone'. Lagu tentang kesulitan untuk 'move on' setelah put

    on Apr 5, 2021
    BTS Film Out

    BTS Lepas MV Single 'Film Out' Dari Album Berbahasa Jepang Mendatang

    BTS telah meluncurkan lagu baru mereka yang berjudul 'Film Out'. Tonton video musik pengiringnya di bawah artikel ini. Baca juga: BTS: Semua Hal Yang Pe

    on Apr 4, 2021
    BTS

    BTS: Semua Hal Yang Perlu Lo Tahu Tentang Tujuh Bangtan Boys

    BTS (Foto: Big Hit Entertainment). BTS adalah artis Asia pertama yang meraih prestasi tertinggi dalam sejarah musik. Di sepanjang kariernya, boyband K-pop i

    on Mar 30, 2021
    GOT7 group

    GOT7 & 7 Faktanya Yang Bisa Bikin Fans Kaget, No. 7 Paling Wow!

    GOT7. (Foto: JYP Entertainment). Mungkin masih ada yang kalian belum ketahui dan enggak terduga tentang GOT7. Tujuh fakta di bawah ini kemungkinan bisa memb

    on Mar 27, 2021