×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Jelaskan Arti Di Balik Cover Art Tiap Albumnya Dari Debut Hingga Sekarang

Posted on: 10/7/20 at 10:00 am

Selama sesi Q&A alias tanya jawab dengan Pitchfork, BTS membahas tiap album mereka dari tahun 2014 hingga 2020 dengan menjelaskan lagu, konsep, artwork, dan proses kreatifnya. Dilansir dari Koreaboo, berikut adalah arti di balik tiap artwork cover album BTS dari DARK&WILD hingga Map Of The Soul: 7 dan single ‘Dynamite’.

Baca juga: Umumkan Judul & Tanggal Rilis Resmi Album Baru, BTS Ungkap Konsep Kontennya

1. DARK&WILD (2014)

Cover art albumnya bertuliskan ‘(terjemahan ke bahasa Indonesia) PERINGATAN! CINTA ITU MENYAKITKAN, ITU MENYEBABKAN RASA MARAH, CEMBURU, OBSESI, KENAPA KAMU NGGAK MENCINTAI AKU KEMBALI?’ Jadi ya ini agak… obsesif. Dan itu menekankan pesan yang ada dalam album,” kata pemimpin BTS, RM.

2. WINGS (2016)

“Konsepnya adalah tentang godaan, karena itu (bentuknya) asap. Itu seperti… ’Aroma apa ini?’ WINGS sebenarnya terbentuk oleh empat cover art yang berbeda dan menyatukan semua itu akhirnya menciptakan satu artwork. Itu asap,” kata RM.

“Dan setiap anggota BTS memiliki simbolnya masing-masing,” imbuh Jungkook.

3. LOVE YOURSELF: Tear (2018)

LOVE YOURSELF: Tear dari serial LOVE YOURSELF adalah tentang akhir dari cinta,” kataJimin. “Ini diwakili oleh kelopak bunga yang berjatuhan”.

“Seperti WINGS, LOVE YOURSELF: Tear juga hadir dalam empat versi berbeda yang membentuk satu jalur yang terhubung. Dan kami memilih warna yang gelap sebagai latar belakangnya untuk menunjukkan bahwa cinta akan segera berakhir”.

4. MAP OF THE SOUL: 7 (2020)

“Angka tujuh adalah kata kunci dalam album ini. Tujuh tahun sebagai tujuh anggota. Cover art album ini berfokus pada “7” sebagai simbol. Bentuk dan warna cover art album ditentukan berdasarkan kepribadian kami masing-masing,” kata Jin.

“Kamu akan melihat bahwa angka tujuhnya berlapis. Jika dilihat lebih dekat, ada tujuh warna,” kata J-Hope.

5. “Dynamite” (2020)

“Seperti yang kalian sudah tahu, kami merilis ‘Dynamite’ karena ini merupakan tahun yang berat bagi banyak orang, dan kami sangat berharap dapat kembali memberikan rasa gembira dan semangat untuk semua orang,” kata Jin. “Dan aku rasa energi lagu dan liriknya telah direfleksikan dengan sangat baik ke dalam cover art-nya”.

Cover art ‘Dynamite’ juga banyak digunakan sebagai bagian dari set kami,” pungkas J-Hope.

Baca juga: BTS “Map of the Soul: 7”: Refleksi Jiwa Dari 7 Bangtan Boys

Tonton video lengkap sesi Q&A-nya di bawah ini:

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Boyband K-Pop Terpopuler

30 Urutan Peringkat Boyband K-Pop Terpopuler Edisi Bulan Oktober 2020

30 urutan peringkat boyband K-pop terpopuler edisi bulan Oktober 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand a

on Oct 20, 2020
12 Lagu K-Pop Advokasi Isu Kesehatan Mental

12 Lagu K-Pop Yang Berfungsi Sebagai Advokasi Isu Kesehatan Mental

Artis K-pop merasakan banyak tekanan saat mereka membangun karier mereka dan terhubung dengan publik. Hingga beberapa tahun yang lalu, membahas isu kesehat

on Oct 19, 2020
15 Idol K-Pop Paling Banyak Didengar Di Spotify Oktober

15 Artis K-Pop Dengan Pendengar Terbanyak di Spotify Bulan Oktober 202...

Yuk cek beberapa artis K-pop dengan pendengar terbanyak bulan Oktober ini. Dari boyband hingga girlband serta solois, berikut adalah 15 artis K-pop terpopu

on Oct 18, 2020
Suga BTS & Alllex Black

Rapper Ukraina Yang Dituduh Plagiat Lagu ‘Daechwita’ Unggah Video ...

Rapper asal Ukraina bernama Alllex Black sebelumnya dituduh menjiplak lagu alter egonya Suga BTS, Agust D, ‘Daechwita’. Lagu yang dirilis rapper dari b

on Oct 17, 2020