×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS “Map of the Soul: 7”: Refleksi Jiwa Dari 7 Bangtan Boys

Posted on: 02/24/20 at 11:00 am

BTS - Map of the Soul: 7
Cover album ‘Map of the Soul: 7’ oleh BTS. (Gambar: Big Hit Entertainment).

BTS
Map of the Soul: 7
(2020, Big Hit)

Oleh Dharma Samyayogi

Fakta: Di benak saya “pop-up” pertanyaan bagaimana BTS menjadi grup K-pop terbesar di dunia. Dan saya mencoba untuk melihat lebih dekat kenapa mereka begitu pantas mendapatkan gelar itu. Saya mencoba temukan jawabannya dari album full length terbaru mereka, Map of the Soul: 7. Mengikuti EP tahun lalu, Map of the Soul: Persona, grup ini terus meminjam judul album mereka dari teori tentang diri oleh psiko-analis Carl Jung. Kali ini, BTS menggabungkan ide “Ego” dan “Shadow” di seluruh album ini. Lima lagu pertama sebelum lagu ‘Interlude: Shadow’ adalah lagu-lagu dari Persona, tetapi 15 lagu selanjutnya adalah baru untuk para fans, yang mencakup berbagai genre dan pengaruh musikal, dari trap dan R&B hingga balada pop dan hip-hop, yang membuat grup ini dikenal dengan corak musik yang begitu kaya. 

Baca juga: BTS Siap Hadir Dalam Siaran Virtual Nickelodeon Kids’ Choice Awards 2020

Kelebihan: Lirik BTS tetap menjadi salah satu poin terkuat dari karya mereka. Sayangnya terjemahan lirik resminya tidak dirilis, tetapi berkat penerjemah dari kalangan fans (seperti doolsetbangtan dan doyou_bangtan), saya bisa mendapatkan interpretasi dari kata-kata para Bangtan Boys ini. Pada lagu-lagu seperti ‘Black Swan’, yang jelas menjadi salah satu highlight album ini, BTS mempertanyakan apa artinya menjadi seorang artis. Menurut siaran pers, ‘Black Swan’ terinspirasi oleh kutipan Martha Graham: “Seorang penari meninggal dua kali – sekali ketika mereka berhenti menari, dan kematian pertama ini lebih menyakitkan”. Gagasan kematian pertama secara langsung dirujuk dalam lirik, di mana BTS bergulat dengan potensi bahwa gairah mereka untuk musik dan pertunjukan suatu hari bisa menghilang. Lagu itu sendiri adalah perpaduan yang indah dari beat-beat dram dan string section dengan ritem bergaya trap dengan topping rap dan nyanyian, yang menciptakan suasana kecemasan sekaligus groovy memprovokasi untuk berdansa.

Rasa takut kehilangan gairah mereka bisa dihubungkan dengan hal kreatif apapun, tetapi ide-ide ini diarahkan pada pengalaman pribadi BTS dari ‘Interlude: Shadow’. Lagu ini adalah lagu solo dari rapper Suga, yang mengungkapkan semua yang dia inginkan: “I wanna be a rap star (rap star), I wanna be the top, I wanna be a rockstar, I want it all mine, I wanna be rich (rich), I wanna be the king”. Tapi dia juga khawatir dia terbang terlalu tinggi saat dia melihat bayangannya. Dalam kaitannya, dia memohon (dalam bahasa Inggris): “Tolong jangan biarkan aku bersinar / Jangan biarkan aku jatuh / jangan biarkan aku terbang”. Tidak ada resolusi yang memuaskan untuk dilemanya, tetapi setelah perubahan tempo musik yang mendebarkan dalam aksi terakhir lagu, dia memutuskan dia harus menerima bahwa dia dan bayangannya adalah bagian dari dirinya.

Album ini tidak semua tentang sisi gelap dalam diri masing-masing personil BTS, beberapa momen lirik terbaik juga muncul dengan nuansa yang lebih cerah. ‘Friends’ adalah duet goyang dari Jimin dan V yang dapat mencairkan hati yang paling dingin ketika keduanya bernyanyi tentang persahabatan panjang mereka: “Saya dari bulan, kamu dari bintang,” lantun Jimin sebelum melanjutkan, “Halo , alienku,” kepada V, seorang teman yang tidak selalu dia pahami tetapi menganggap sebagai “belahan jiwa”-nya. Highlight album lainnya termasuk ‘UGH!’ dari para rapper grup ini. Ini mungkin satu-satunya lagu BTS yang mengungkapkan kemarahan mereka. RM, Suga, dan J-Hope mengarahkan kemarahan mereka kemungkinan besar ke “Internet Troll” dari para haters yang menggunakan kemarahan mereka yang tidak berdasar untuk membenarkan tindakan kejam mereka. Kurang lebih seperti itu.

Beragam ide dalam lirik dan cakupan genre yang luas dapat membuat album ini tampak berpotensi terdengar hiruk-pikuk dan terkesan gado-gado, tetapi BTS selalu berada dalam kondisi prima ketika mereka memamerkan sisi berbeda dari diri mereka. Di album ini, mereka terus menunjukkan yang baru yang mungkin belum diketahui sebagian dari para ARMY.

Baca juga: BTS Siap Rilis Edisi Spesial ‘Map Of The Soul’ Light Stick Resmi Mereka

Kekurangan: Jimin memberikan performa vokal yang memukau di lagu ‘Filter’, tetapi iringan lagu tersebut, yang ditulis oleh produser Tom Wiklund, bernuansa Latin dengan gitar akustik yang biasa digeber artis seperti Shawn Mendes yang dipilih dan digunakan di sepanjang lagu. Lagunya sih fun, tetapi rasanya seperti kehilangan sesuatu dari sound K-pop BTS. Single utama album ini, ‘ON’ memiliki dua versi di album, satu dengan fitur Sia dan satu tanpa fitur Sia. Dia terdengar hebat, tetapi fitur-fiturnya tidak banyak membantu untuk menambah “flavor” lagunya. Tidak ada perbedaan yang signifikan di antara kedua versi lagu tersebut.

Kesimpulan: Meski saya sama sekali bukan bagian dari fans BTS, saya akhirnya telah menemukan jawaban pertanyaan saya kenapa BTS adalah artis terbesar di dunia dalam musik pop saat ini. Map of the Soul: 7 memperkuat posisi mereka itu yang memperlihatkan kecerdasan konten musik mereka untuk melihat jauh ke masa depan. Tidak hanya membuat lagu-lagu yang infeksius dan penyulut goyang, namun mereka mampu memberikan dampak dari karya mereka yang mencakup lintas genre, bahasa, dan banyak lagi yang mendorong orang, baik fans maupun kritikus media untuk terus membicarakannya. Tidak ada yang tahu apa yang akan dilakukan BTS selanjutnya dan itulah yang sangat menarik untuk kita ikuti.

Verdict: 8,5

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Irene Red Velvet

Irene (Red Velvet) Minta Maaf Setelah Ketahuan Pernah Caci Maki Seoran...

Irene (Red Velvet). (Foto: via Soompi). Irene Red Velvet telah menulis surat permintaan maaf setelah doi baru-baru ini dituduh telah mengamuk dan mencaci-ma

on Oct 24, 2020
Girlband K-Pop Underrated

5 Girlband K-Pop 'Underrated' Yang Lo Mungkin Belum Pernah Dengar

Ada sangat banyak grup K-pop baru belakangan ini yang mana hanya sebagian kecil dari mereka yang benar-benar menjadi terkenal dan sukses, dan itu sangat di

on Oct 23, 2020
Reputasi Anggota Boyband

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Okt...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Oktober 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bran

on Oct 22, 2020
Reputasi Anggota Girlband

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Girlband K-Pop Bulan Ok...

Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan Oktober 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

on Oct 21, 2020