×
×

Search in Mata Mata Musik

Apakah Anggota BTS Menulis Lagu Mereka Sendiri? Berikut Penjelasannya.

Posted on: 07/2/20 at 7:00 am

BTS.
BTS. (Foto: Cindy Ord/Wireimage).

Boyband K-pop BTS telah menjadi sekelompok musisi yang patut dihormati dalam beberapa tahun terakhir ini. Mereka berubah dari grup yang relatif tidak dikenal bahkan di Korea Selatan hingga menjadi fenomena internasional yang pengaruhnya sangat luar biasa.

Baca juga: Mengenakan Produk Prada, BTS Jadi Sampul Majalah Vogue Jepang Edisi Agustus

Popularitas BTS didorong oleh sejumlah hal, tetapi lagu-lagu mereka yang menarik tentu memainkan peran besar. Sejak debut mereka pada tahun 2013, Bangtan Boys ini telah merilis beberapa album dan single yang tak terhitung jumlahnya, dengan beberapa dari mereka bahkan menempati peringkat tinggi di berbagai chart Amerika Serikat (AS). Hal ini membuat beberapa orang bertanya-tanya: Siapa otak di balik semua lagu BTS ini? Apakah anggota BTS menulis lagu mereka sendiri? Mari kita cari tahu.

BTS dikenal memiliki lagu-lagu yang bermakna

Banyak penggemar BTS alias BTS ARMY yang menyadari bahwa lagu-lagu mereka tidak hanya sangat menarik, mereka juga mengandung pesan yang bermakna.

BTS awalnya dibentuk dengan tujuan untuk menjadi sebuah grup hip-hop yang akan membuat musik untuk kaum muda. Akibatnya, BTS memiliki banyak lagu dengan lirik tentang masalah sosial yang dapat dihubungkan oleh kaum muda di Korea Selatan dan seluruh dunia. Misalnya, beberapa lagu berbicara tentang ekspektasi berat yang dibebankan kepada kaum muda, terutama remaja oleh orang dewasa di sekitarnya. Lagu-lagu lainnya menyentuh topik masalah kesehatan mental dan perjuangan untuk menemukan kebahagiaan.

Kemampuan BTS untuk menyentuh hati dan pikiran penggemarnya secara global telah dikutip sebagai faktor kesuksesan besar mereka. Bahkan CEO Big Hit Entertainment, Bang Si-hyuk, setuju dengan fakta itu.

Baca juga: Big Hit Lanjutkan Tindakan Hukum Untuk Netizen Yang Komentar Jahat Kepada BTS

“Mereka tidak malu untuk berbicara tentang rasa sakit yang dirasakan oleh generasi muda sekarang. Mereka menghormati perbedaan dan keadilan, hak-hak kaum muda dan orang-orang yang diasingkan,” ujar sang CEO Big Hit menjelaskan kepada Time Magazine. “Aku pikir semua faktor ini menguntungkan mereka”.

Apakah BTS menulis lagu mereka sendiri?

https://www.instagram.com/p/BvweUCBD9YE/?utm_source=ig_web_copy_link

Sementara beberapa artis menyerahkan bagian penulisan lagu mereka kepada orang lain, BTS sebenarnya sangat praktis dalam hal proses ini.

Rapper BTS, yakni RM, Suga, dan J-Hope menulis lirik untuk banyak lagu BTS. Ketiga anggota ini cukup berbakat karena mereka memiliki karier solo sendiri dengan lagu-lagu yang ditulis oleh mereka sendiri juga. Anggota BTS lainnya juga berkontribusi dalam penulisan lagu di bagian sana-sini.

Tentu saja, BTS tidak melakukan semuanya sendiri. Mereka sebenarnya bekerja dengan tim penulis lagu dan produser yang beragam untuk membuat lagu yang potensial didengar penggemar mereka. Para penulis lagu dan produser ini juga membantu para anggota BTS untuk mengubah kreasi mereka dan mengubah pekerjaan mereka menjadi hal-hal yang dapat dirilis secara publik. Selain itu, tidak jarang bagi BTS untuk membeli lagu dari sumber yang berbeda dan memberi mereka sentuhan khas BTS.

Apakah BTS membuat koreografi tarian mereka sendiri?

Sama seperti musik mereka, rutinitas dansa BTS sebagian besar merupakan kolaborasi antara berbagai koreografer profesional dan juga para anggota BTS sendiri. J-Hope, Jimin, dan Jungkook adalah dancer BTS yang paling terampil, jadi mereka sering kali membantu merencanakan koreografinya.

Meskipun BTS sangat sibuk setiap tahunnya, jelas para anggota sangat bersemangat dan tekun dengan karya seni mereka sendiri. Mengingat betapa terlibatnya mereka dalam penulisan lagu dan koreografi, banyak penggemar pasti dapat merasakan keaslian itu dalam penampilan mereka, membuat BTS menjadi lebih dikagumi dan dihormati di seluruh dunia.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    BTS

    Dianggap Rasis Ke BTS, Radio Jerman Minta Maaf Setelah Dikecam ARMY

    BTS tampil di atas panggung untuk American Music Awards 2020 pada 22 November 2020 di Korea Selatan. (Foto: Big Hit Entertainment/AMA2020/Getty Images). Bay

    on Mar 1, 2021
    Grup K-pop Terpopuler

    30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Februar...

    30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan Februari 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

    on Feb 25, 2021
    Anggota Girlband K-pop Terpopuler

    Inilah Urutan Peringkat Anggota Girlband K-Pop Terpopuler Bulan Februa...

    Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan Februari 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi br

    on Feb 24, 2021
    Anggota Boyband K-pop Terpopuler

    Inilah Urutan Peringkat Anggota Boyband K-Pop Terpopuler Bulan Februar...

    Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Februari 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

    on Feb 24, 2021