×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Meraih James A. Van Fleet Award Atas Kontribusi Hubungan Bilateral Korsel-AS

Posted on: 10/10/20 at 10:00 am

BTS Meraih James A. Van Fleet Award Atas Kontribusi Hubungan Bilateral Korsel-AS
BTS. (Foto: Big Hit Entertainment).

BTS telah dianugerahi penghargaan spesial atas kontribusi mereka dalam mempererat relasi kultur antara Korea Selatan dengan Amerika Serikat (AS).

Baca juga: BTS Jelaskan Arti Di Balik Cover Art Tiap Albumnya Dari Debut Hingga Sekarang

Organisasi The Korea Society menyelenggarakan upacara penghargaan Van Fleet tahunannya secara online pada 7 Oktober lalu. Penghargaan kehormatan Jenderal James A. Van Fleet Award didirikan pada 1995 dan diberikan kepada tokoh atau organisasi yang telah berkontribusi dalam mengembangkan relasi Korea Selatan dengan AS. Penghargaan tersebut diambil dari nama Jenderal James A. Van Fleet, yang merupakan komandan Angkatan Darat Kedelapan AS pada puncak Perang Korea pada 1951. Pada 1957, Jendral Van Vleet mendirikan The Korea Society dan menjabat sebagai presiden pertamanya.

Di antara para pemenang tahun ini, BTS dikreditkan atas karya musik dan pesan mereka yang membangkitkan sensasi di seluruh dunia dan memperkuat hubungan warga Korea dengan Amerika Serikat.

Para Bangtan Boys itu menyampaikan pidato penerimaan mereka secara virtual, dan sang pemimpin grup, RM memulai dengan mengatakan, “Selamat malam, kami adalah BTS. Kami merasa sangat terhormat untuk menerima penghargaan Van Fleet yang diberikan kepada siapa pun yang telah memberikan kontribusi luar biasa untuk mempromosikan hubungan antara Korea dan Amerika Serikat. Kami mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua anggota The Korea Society”.

Jin menambahkan, “Sekarang jam 7 malam di New York (AS) dan jam 8 pagi di sini di Seoul. Kami tinggal di zona waktu dan lokasi yang berbeda tetapi terhubung melalui musik. Kami berbagi budaya dan cerita kami berdasarkan solidaritas yang melampaui batas dan bahasa”. V melanjutkan, “Kami merasakan kekuatan koneksi dan solidaritas yang luar biasa di setiap momen karier kami. Itu membawa perubahan pada apa yang tampaknya nggak mungkin, dan memungkinkan apa yang tampaknya mustahil. Aku percaya kekuatan seperti ini lah yang membentuk BTS menjadi seperti sekarang”.

J-Hope menjelaskan, “Seperti yang kalian semua ketahui, kami baru-baru ini mencapai puncak tangga lagu Billboard Hot 100. Terlepas dari semua masa sulit yang kami lalui sejak debut kami tujuh tahun lalu, kami dapat terus maju tanpa menyerah berkat orang-orang yang terhubung dengan kami dan bergabung bersama dalam solidaritas”.

“Kami terhibur ketika banyak orang di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, mendengarkan lagu kami dan merasa terhubung dengan kata-kata dan pesan kami. Ini juga memungkinkan kami untuk memahami dengan jelas apa yang kami lakukan dan apa yang harus kami lakukan ke depan,” kata Jimin, di mana Jungkook kemudian menambahkan, “Apa yang telah aku pelajari dari tur keliling dunia adalah bahwa pikiran kami nggak begitu berbeda meskipun kami berada di tempat yang berbeda. Perasaan sedih, marah, dan tersentuh semuanya terasa sama kemana pun aku pergi. Aku berharap musik kami berperan sebagai pemersatu yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia untuk memahami dan menghormati satu sama lain”.

Suga kemudian mengatakan, “Syukurlah, banyak orang yang mendukung kami karena masing-masing dari mereka berperan sebagai penyebar pesan, menyebarkan energi dan pengaruh yang jauh lebih besar. Ke depannya, kami akan memastikan untuk nggak kehilangan kepercayaan pada kekuatan koneksi dan solidaritas, dan terus menciptakan musik dan performa kami sendiri”.

Baca juga: Big Hit Menjual Sahamnya Secara “Go Public” Yang Mencerminkan Minat Fans BTS

RM menutup pidatonya dalam bahasa Inggris. Doi mengatakan, “Acara tahunan 2020 The Korea Society mempunyai arti yang mendalam, karena tahun ini menandakan peringatan 70 tahun Perang Korea. Kami akan selalu mengingat sejarah penderitaan yang dialami oleh kedua negara kami bersama dan pengorbanan banyak pria dan wanita. Setelah 70 tahun, dunia yang kita huni sekarang jauh saling lebih dekat dari sebelumnya. Batasan dalam banyak aspek semakin terasa kabur. Sebagai anggota komunitas global, kita harus membangun pemahaman dan solidaritas yang lebih mendalam agar bisa merasa lebih bahagia bersama. Dalam mengejar tujuan ini, BTS akan selalu mengingatkan diri kita sendiri tentang arti penghargaan Van Fleet dan terus melakukan yang terbaik dalam semua hal yang kita lakukan. Terima kasih banyak”.

Selamat kepada BTS ya, bersama dengan asosiasi The Korean War Veterans Association dan The Korea Chamber of Commerce and Industry karena juga menjadi salah satu penerima Van Fleet Award bersama BTS.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lisa

    Lisa Tampil 'Edgy' Pakai Kostum Iron Maiden, LALISA Trending #1!

    'LALISA' sengaja kami pilih sebagai materi episode perdana MMM REACTION di kanal YouTube MataMata Musik. MV (Music Video) 'LALISA' sempat trending #1 selam

    on Oct 7, 2021
    Penyanyi K-pop

    30 Urutan Peringkat Penyanyi K-Pop Terpopuler Edisi September 2021

    30 urutan peringkat penyanyi K-pop paling populer edisi bulan September 2021. Penyanyi K-pop! Yup, The Korean Business Research Institute telah mengungkapka

    on Sep 26, 2021
    BTS di PBB

    BTS Tampil Kembali Di Majelis Umum PBB Sebagai Duta Kebaikan Global

    BTS di depan kantor PBB (Foto: dok. Big Hit). BTS memang tidak pernah luput dari pemberitaan. Pada bulan September 2018, sang juru bicara BTS, Kim Namjoon d

    on Sep 21, 2021
    ENHYPEN

    ENHYPEN Siap Comeback Oktober Via Album "DIMENSION : DILEMMA"

    Foto: dok. BE:LIFT. ENHYPEN adalah boyband pertama yang diciptakan oleh BELIFT LAB. Mereka beranggotakan JUNGWON, HEESEUNG, JAY, JAKE, SUNGHOON, SUNOO, dan

    on Sep 20, 2021