×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Pecahkan Rekor Sebagai Pemuncak Terlama Di Chart Social 50 Billboard

Posted on: 02/4/20 at 9:00 am

BTS & POST MALONE
BTS dan Post Malone di acara Dick Clark’s New Year’s Rockin’ Eve, 31 Desember 2019 di New York City. (Foto: Astrid Stawiarz/Getty Images for Dick Clark Productions )

Sebuah rekor jangka panjang pada chart Social 50 di Billboard telah dipecahkan oleh BTS! Grup boyband berbakat ini telah menghabiskan minggu ke-164 mereka di atas chart tersebut per tanggal 8 Februari. Dukungan dari para ARMY benar-benar tidak ada habisnya ya!

Baca juga: BTS Rilis Trailer Kedua Dari Proses ‘Comeback’ Mereka Yang Berjudul ‘Outro: Ego’

Chart Social 50 milik Billboard didukung oleh data yang dilacak oleh perusahaan analitik musik yang bernama Next Big Sound dan mereka menghitungkan peringkat bagi artis-artis yang paling populer di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan Wikipedia. Metodologi chart ini memadukan penambahan per minggu yang berdasarkan teman/penggemar/pengikut dengan pageview para artis dan keterlibatan mereka dalam media sosial. Minggu pelacakan data terbaru dari chart ini terhitung berakhir pada 30 Januari lalu.

BTS puncaki chart Social 50 yang terbaru dengan pencapaian yang cukup signifikan atas nama mereka setelah sebelumny juga telah memecahkan rekor baru lainnya. Dari 173 minggu yang dijalani BTS secara total di chart Social 50 sejak Oktober 2016, semua kecuali sembilan telah dihabiskan pada peringkat No. 1, dan BTS tetap di atas peringkat setiap minggunya sejak penghitungan dari tanggal 29 Juli 2017. Ini menjadikan BTS sebagai artis pertama dalam sejarah sembilan tahun chart Social 50 yang pernah memuncak selama 100 minggu berturut-turut dan kemudian selama 150 minggu berturut-turut dan juga selama seluruh tahun kalender (2018 dan 2019). Konsisten banget!

Baca juga: Daftar Pemenang Seoul Music Awards 2020: BTS & Taeyeon Raih Daesang

Untuk kehormatan terbarunya, BTS melampaui rekor 163 minggu pada No. 1 yang ditetapkan oleh popstar asal Kanada, Justin Bieber. Justin Bieber menjadi andalan sebagai pemuncak No. 1 di chart Social 50 untuk sebagian besar umurnya sebelum akhirnya BTS muncul. Justin Bieber menghasilkan sejumlah besar prestasi penghitungan yang konsisten antara tahun 2011 dan 2017. Namun, dia belum memimpin Social 50 sejak chart tanggal 22 Juli 2017. Justin Bieber sebelumnya memegang rekor minggu terbanyak di No. 1 sejak Maret 2011 dan hanya menambahkan rekornya sejak itu.

Untuk peringkat 8 Februari ini, BTS tidak cukup hanya meraih rekor No. 1, BTS juga telah naik di hampir semua hitungan metrik chart, dipimpin dengan lonjakan likes sebesar 69% pada halaman Facebook mereka (total 32.000) dan peningkatan mentions sebesar 29% dalam akun Twitter mereka (17,1 juta secara keseluruhan), menurut Next Big Sound.

Keuntungan BTS tidak hanya berasal dari promosi untuk singel terbaru mereka ‘Black Swan’, yang memulai debutnya di peringkat No. 57 di chart Billboard Hot 100 tanggal 1 Februari, BTS juga melonjak popularitas mereka dengan penampilan Grammy Awards 26 Januari lalu, di mana BTS tampil sebagai bagian dari deretan performers kelas A untuk menampilkan lagu ‘Old Town Road’ karya Lil Nas X.

Mengenai peluang rekor baru lainnya, satu-satunya rekor chart Social 50 yang masih dalam pandangan BTS adalah dengan menjalani minggu terbanyak secara keseluruhan pada chart tersebut. Dan itu akan menjadi puncak yang lebih sulit untuk didaki bagi BTS; sementara rekor 173 minggu mereka di chart tidak bisa dianggap remeh karena BTS baru membuat debutnya pada tahun 2016, grup ini tertinggal cukup jauh di belakang para artis dengan minggu paling banyak di chart secara keseluruhan – kelompok ini dipimpin oleh Rihanna, dengan 461 minggu, diikuti oleh Lady Gaga (443), Bieber (437), Katy Perry (406) dan Nicki Minaj (406).

Baca juga: Bagaimana BTS Berhasil Menekankan Jiwa ‘7’ Mereka Saat Tampil Debut Di Grammy

Daftar artis yang menjalani minggu terbanyak sebagai No. 1 di chart Social 50 Billboard:
1.  164, BTS

2.  163, Justin Bieber
3.  28, Taylor Swift
4.   21, Miley Cyrus
5.   21, Rihanna
6.   18, Ariana Grande
7.   11, (seri) Adele, Lady Gaga, PSY
8.     8, One Direction

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Reputasi Anggota Boyband

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Okt...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Oktober 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bran

on Oct 22, 2020
Boyband K-Pop Terpopuler

30 Urutan Peringkat Boyband K-Pop Terpopuler Edisi Bulan Oktober 2020

30 urutan peringkat boyband K-pop terpopuler edisi bulan Oktober 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand a

on Oct 20, 2020
15 Idol K-Pop Paling Banyak Didengar Di Spotify Oktober

15 Artis K-Pop Dengan Pendengar Terbanyak di Spotify Bulan Oktober 202...

Yuk cek beberapa artis K-pop dengan pendengar terbanyak bulan Oktober ini. Dari boyband hingga girlband serta solois, berikut adalah 15 artis K-pop terpopu

on Oct 18, 2020
Suga BTS & Alllex Black

Rapper Ukraina Yang Dituduh Plagiat Lagu ‘Daechwita’ Unggah Video ...

Rapper asal Ukraina bernama Alllex Black sebelumnya dituduh menjiplak lagu alter egonya Suga BTS, Agust D, ‘Daechwita’. Lagu yang dirilis rapper dari b

on Oct 17, 2020