×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Resmi Salip The Beatles?

Posted on: 04/29/19 at 3:03 pm

Kedua grup ini sama-sama berhasil menempatkan tiga album mereka di peringkat No. 1 Billboard.

Boyband K-pop BTS meraih peringkat No. 1 ketiga mereka di daftar album Billboard 200, sekaligus menjadi grup pertama yang mendapat tiga tempat utama dalam waktu kurang dari satu tahun sejak The Beatles, berdasarkan laporan Billboard.

Map of the Soul: Persona, album terbaru BTS yang berisi tujuh lagu dan dirilis pada 12 April lalu, memulai debut di puncak Billboard 200 untuk minggu yang berakhir pada 27 April, menurut situs majalah musik tersebut pada hari Minggu kemarin (28/4), yang secara resmi mengonfirmasi hasil tersebut setelah melaporkan pekan lalu bahwa BTS baru “akan naik ke No. 1.”

Di minggu yang berakhir pada 19 April 2019, BTS memperoleh 230.000 unit setara album di Amerika Serikat, termasuk 196.000 dalam penjualan album dan 26.000 dalam album setara streaming, kata Billboard, yang mengutip data dari Nielsen Music.

Itu adalah “minggu terbaik untuk karier” BTS, jelas Billboard.

Billboard 200 dan daftar lagu lainnya akan diperbarui secara penuh di situs web Billboard pada hari Selasa besok.

Persona, pembuka dalam seri album terbaru BTS Map of the Soul, adalah album ketiga mereka yang menduduki posisi No. 1 di Billboard dalam hampir 11 bulan. Album pertama BTS yang meraih tempat No. 1 yaitu Love Yourself: Tear pada bulan Juni lalu sebelum disusul dengan album Love Yourself: Answer di bulan September.

Prestasi besar ini menjadikan BTS sebagai “grup pertama yang mendapat tiga tempat utama dalam waktu kurang dari satu tahun sejak The Beatles,” kata Billboard.

“Sebelum BTS, grup tradisional terakhir (terkecuali ansambel Glee, yang beberapa anggota pemerannya berubah-ubah) yang mencatat tiga peringkat No. 1 dalam rentang waktu yang sama singkatnya adalah The Beatles di tahun 1995-96, saat rilisan mereka, Anthology 1, Anthology 2 dan Anthology 3, semuanya debut di No. 1 dakan rentang 11 bulan dan seminggu.”

Persona, yang semua lagunya berbahasa Korea, juga menjadi album non-Bahasa Inggris keempat yang menempati posisi puncak tangga lagu terkemuka itu dalam satu tahun terakhir, menurut Billboard. Kedua album Love Yourself yang disebutkan di atas adalah dua dari tiga album lainnya yang sebelumnya memimpin tangga lagu selama setahun terakhir.

“Penjualan Persona kemungkinan didorong oleh para penggemar setia yang membeli beberapa salinan CD dari album tersebut, karena albumnya dirilis dalam empat paket koleksi yang berbeda,” ungkap Billboard.

Hasil ini muncul setelah boyband sensasional ini menjadi artis Korea pertama yang memuncaki  Official Album Chart di Britania Raya minggu lalu dengan album yang sama.

Lagu utama album, “Boy With Luv,” menempati posisi No. 13 di Official Singles Chart Inggris, dan menjadi lagu BTS dengan posisi tertinggi di tangga lagu Britania Raya. Video musik “Boy With Luv,” yang menampilkan diva asal Amerika Halsey, menjadi video tercepat yang meraup 100 juta views di YouTube dalam kurang dari 38 jam saja.

Keterangan Foto Utama: BTS dan The Beatles, dua grup band yang sama-sama memiliki tiga album di posisi No. 1 Billboard. (Foto via The Korea Times)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    BTS

    BTS: Profil, Biodata, Biografi, Fakta Terkini

    BTS (Foto: Big Hit Entertainment). BTS adalah artis Asia pertama yang meraih prestasi tertinggi dalam sejarah musik. Di sepanjang kariernya, boyband K-pop i

    on Jun 22, 2021
    K-Pop

    K-Pop Disebut "Kanker Ganas" Perusak Pemuda Korut Oleh Kim Jong Un

    Kim Jong Un (Foto: Wikipedia) / BTS / aespa (Foto: via Soompi). Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyebut K-Pop sebagai "kanker ganas" yang menggerogoti neg

    on Jun 12, 2021
    BTS

    BTS Dikecam Organisasi PETA Karena Kolaborasi Dengan McDonald's

    BTS Meal yang merupakan produk kolaborasi McDonald's dan raja K-pop ini telah melampaui sukses penjualannya. Dan tentu saja telah membuat semua ARMY girang

    on Jun 9, 2021
    Album Klasik

    14 Album Klasik & Esensial Yang Merayakan Ulang Tahun Di Bulan Juni

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas banget! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya

    on Jun 9, 2021