×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Rilis Trailer Kedua Dari Proses 'Comeback' Mereka Yang Berjudul ‘Outro: Ego’

Posted on: 02/3/20 at 1:02 pm

J-HOPE (BTS) 'OUTRO: EGO'
J-Hope (BTS) dalam video musik trailer barunya, ‘Outro: Ego’ (Foto: YouTube)

Setelah banyak antisipasi dari para ARMY, grup K-pop BTS akhirnya merilis trailer comeback kedua mereka untuk album Map of the Soul: 7 yang berjudul ‘Outro: Ego’ dan itu merupakan calon lagu hit yang sangat potensial. Pas saat jam menunjukkan pukul 12:00 di Korea pada tanggal 3 Februari, lagu dan video yang penuh warna itu dirilis dan menampilkan rapper dan pemimpin koreografi grup berbakat tersebut, J-Hope. Video ini diunggah pada akun YouTube label mereka, BigHit Entertainment.

Baca juga: Bagaimana BTS Berhasil Menekankan Jiwa ‘7’ Mereka Saat Tampil Debut Di Grammy

Dengan irama upbeat dan visual yang memukau, ‘Outro: Ego’ mungkin terasa sangat berbeda dari trailer mereka sebelumnya, ‘Interlude: Shadow’, dalam segi kemasannya tetapi itu melanjutkan konsep narasi pribadi, pengembangan diri, dan retrospektif BTS yang telah disajikan sejauh ini dalam proses comeback-nya. Ini terbukti dari detik pertama video tersebut, yang dimulai dengan serangkaian visual yang diambil langsung dari trailer debut BTS sejak tahun 2013 dan terus memunculkan cuplikan-cuplikan dari video BTS sebelumnya hingga siluet J-Hope menjadi pusat perhatian video itu.

I go back every day / To me of yesterday / To the life of giving up / I let myself go away / But in this world, you know / There are truths unchanged / Time rushes ever forward / There’s no ifs, buts, or maybes,” lantun J-Hope dengan gaya nge-rap. J-Hope tampak sedang membahas perjalanannya sendiri bersama BTS.

Saat bernyanyi tentang perjalanannya di Bangtan, J-Hope, yang nama aslinya adalah Jung Hoseok, memulai perjalanan nostalgianya yang mentah di atas sebuah mobil merah. Plat mobilnya bertulis ‘BTS 13613’, yang merupakan sebuah referensi terhadap tanggal debut BTS, yang pastinya para ARMY (fanbase BTS) sejati mana pun akan langsung mengerti apa yang mereka maksud.

Baca juga: Tonton Penampilan Live Debut BTS Di TV Amerika Dengan Lagu Barunya, ‘Black Swan’

Dalam lagu itu, sang rapper J-Hope juga tampak sedang bergulat dengan personanya – memandang kehidupan sebagai Jung Hoseok dan J-Hope. Video ini menampilkan foto-foto dari masa kecil J-Hope dan kita dapat melihat J-Hope merenungkan permulaannya dalam menari dan memeriksa keputusannya untuk mengikuti mimpinya sebagai performer sejati. “Life not of J-Hope but Jeong Ho-Seok flashes by / It must have been full of regret with no hope till I die / My dancing was chasing ghosts / Blaming my dream, asking why I live and breathe”, bunyi lirik J-Hope dalam lagu tersebut.

J-Hope mengakui pasang surut yang terjadi selama perjalanan hidupnya yang akhirnya menerima ‘nasib’nya sebagai simbol harapan. “Seven years of anguish come out finally / Oppressions all resolved / Into my heart come answers from my most trusted / Only one hope, only one soul,” lantun J-Hope.

Sebelum dirilisnya lagu ‘Outro: Ego’, para ARMY mulai membuat trending berbagai tagar seperti #EgoIsComing, #EgoIsHere, #CheckYourEgo, #EgoComebackTrailer, dan #EgoByJhope, untuk merayakan lagu fenomenal tersebut. ‘Outro: Ego’ karya J-Hope bergabung dengan ‘Intro: Persona’ karya RM dan ‘Interlude: Shadow’ karya Suga – kisah masing-masing rapper itu yang tampaknya berkorelasi secara psikologis – sebagai tiga trailer comeback untuk era Map of the Soul: 7 terbaru BTS. Seperti yang telah diramalkan oleh para ARMY (mereka betul-betul fanbase yang teliti ya), BTS kembali mengambil sampel dari diskografi mereka sendiri dalam lagu tersebut. ‘Intro: Persona’ tampak mensampel ‘Intro: Skool Luv Affair’. ‘Interlude: Shadow’ melakukan hal yang sama dengan mensampel ‘INTRO: O!RUL8,2?’, dan BTS melanjutkan polanya pada lagu ‘Outro: Ego’ dengan memasuki sampel dari ‘2 Cool 4 Skool’.

Mengikuti lagu ‘Interlude: Shadow’ dan ‘Black Swan’, ‘Outro: Ego’ merupakan karya rilisan ketiga dari album studio BTS yang mendatang, Map of the Soul: 7, yang akan dirilis pada 21 Februari 2020.

Baca juga: BTS Samai Rekor Peringkat No.1 Justin Bieber Pada Chart Social 50 Billboard

Namun sebelum itu, BTS masih akan merilis singel utama yang belum disebutkan namanya untuk album Map of the Soul: 7. “Sudah tujuh tahun sejak debut kami (BTS) dan kami memiliki tujuh anggota di sini,” ujar RM kepada James Corden pada awal minggu saat sedang membicarakan  album terbaru mereka. “Tujuh adalah angka yang sangat spesial bagi BTS dan kami telah berlatih sangat keras untuk semua lagu dan koreografi tarian dalam album ini. Jadi tolong tetap berantisipasi untuk album ini”. Para anggota BTS sepertinya tidak perlu khawatir nih… karena para ARMY setia pasti akan ikut serta mensukseskan Map of the Soul: 7 saat tanggal rilis!

Jika kamu belum menontonnya, kamu dapat menonton ‘Outro: Ego’ di bawah ini, sekarang:

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pengacara K-pop

Para Pengacara K-Pop Ungkap Komentar Jahat Apa Saja Yang Termasuk Aksi...

Ko Seung Woo dan Jeong Chong Myeong. Setiap idol K-pop pasti pernah menerima komentar jahat, dari kritik terhadap bakat mereka hingga topik lelucon yang kej

on Oct 27, 2020
Video Musik K-Pop

15 Urutan Peringkat Video Musik K-Pop Dengan Views Paling Banyak Saat ...

Video musik K-pop sering kali mendapatkan views paling banyak pada saat baru dirilis, tetapi beberapa video terus mendapatkan jutaan views bahkan berbulan-

on Oct 25, 2020
Irene Red Velvet

Irene (Red Velvet) Minta Maaf Setelah Ketahuan Pernah Caci Maki Seoran...

Irene (Red Velvet). (Foto: via Soompi). Irene Red Velvet telah menulis surat permintaan maaf setelah doi baru-baru ini dituduh telah mengamuk dan mencaci-ma

on Oct 24, 2020
Girlband K-Pop Underrated

5 Girlband K-Pop 'Underrated' Yang Lo Mungkin Belum Pernah Dengar

Ada sangat banyak grup K-pop baru belakangan ini yang mana hanya sebagian kecil dari mereka yang benar-benar menjadi terkenal dan sukses, dan itu sangat di

on Oct 23, 2020