×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Samai Rekor Michael Jackson Setelah Setengah Tahun Puncaki Chart Oricon

Posted on: 06/22/20 at 10:00 am

BTS baru saja membuat sejarah di chart musik Oricon!

Pada tanggal 19 Juni, chart musik Jepang itu mengumumkan bahwa boyband K-pop BTS telah menduduki posisi teratas dari peringkat penjualan album mereka untuk paruh pertama tahun 2020 alias enam bulan. Menurut Oricon, album terbaru BTS, Map of the Soul: 7 mengklaim No. 1 di chart album untuk paruh pertama tahun ini setelah menjual 429.000 unit di Jepang. Map of the Soul: 7 juga sebelumnya menduduki puncak chart album harian, mingguan, dan bulanan Oricon setelah dirilis pada bulan Februari lalu.

Baca juga: BTS Bikin Hati ARMY Meleleh Melalui ‘Stay Gold’, Lagu Terbaru Mereka

Tahun lalu, BTS berada di urutan ke 3 di chart album Oricon untuk paruh pertama tahun 2019 dengan mini-album mereka Map of the Soul: Persona.

Namun, tidak hanya sebagai pencapaian pribadi untuk BTS, tetapi peringkat itu juga menandakan bahwa pertama kalinya dalam sejarah 36 tahun Oricon, seorang artis atau grup asing telah menduduki puncak chart album Oricon untuk paruh pertama tahun ini. Artis terakhir yang mencapai prestasi itu adalah Michael Jackson, yang menduduki puncak chart pada tahun 1984 dengan lagu hit legendarisnya ‘Thriller’.

Selain itu, BTS adalah artis grup pria pertama yang menduduki puncak chart dalam tiga tahun terakhir, sejak grup veteran Jepang SMAP terakhir mencapai peringkat itu pada tahun 2017.

Menyusul keberhasilan album versi Korea terbaru mereka, BTS saat ini bersiap-siap untuk merilis album studio Jepang keempat mereka Map of the Soul: 7 ~ The Journey ~ pada tanggal 15 Juli.

Ngomong-ngomong, BTS baru-baru ini telah mencapai angka 200 juta views untuk salah satu video musik mereka!

Pada tanggal 21 Juni sekitar pukul 5:16 pagi waktu setempat Korea Selatan, video Kinetic Manifesto Film : Come Prima untuk lagu ‘ON’ milik BTS melampaui 200 juta views di YouTube, menjadikannya video musik ke-15 BTS yang mencapai angka tersebut, mengikuti video mereka sebelumnya seperti ‘Dope’, ‘Fire’, ‘Blood Sweat & Tears’, ‘DNA’, ‘Not Today’, ‘Save Me’, ‘MIC Drop (Steve Aoki Remix)’, ‘Boy in Luv’, ‘Fake Love’, ‘Spring Day’, ‘IDOL’, ‘Boy With Luv’, ‘War of Hormone’, dan ‘I Need U’.

BTS awalnya merilis Kinetic Manifesto Film mereka untuk lagu ‘ON’ pada 21 Februari lalu, artinya butuh waktu kurang dari empat bulan untuk mencapai 200 juta views.

Baca juga: Drama Baru Berdasarkan BTS Universe Mulai Tahap Produksi dan Cari 7 Aktor Utama

Tonton video Kinetic Manifesto Film : Come Prima untuk lagu ‘ON’ milik BTSdi bawah ini:

Selamat kepada BTS atas prestasi luar biasa mereka yang terus menerus!

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    BTS di PBB

    BTS Tampil Kembali Di Majelis Umum PBB Sebagai Duta Kebaikan Global

    BTS di depan kantor PBB (Foto: dok. Big Hit). BTS memang tidak pernah luput dari pemberitaan. Pada bulan September 2018, sang juru bicara BTS, Kim Namjoon d

    on Sep 21, 2021
    Enhypen boygroup

    ENHYPEN Siap Comeback Oktober Via Album "DIMENSION : DILEMMA"

    Foto: dok. BE:LIFT. ENHYPEN adalah boyband pertama yang diciptakan oleh BELIFT LAB. Mereka beranggotakan JUNGWON, HEESEUNG, JAY, JAKE, SUNGHOON, SUNOO, dan

    on Sep 20, 2021
    Lalisa

    Lisa BLACKPINK Luncurkan 2 Lagu Solonya, 'Lalisa' Dan 'Money'

    Lisa BLACKPINK (Foto: YG Entertainment). Anggota ketiga dari girl group K-Pop BLACKPINK, Lisa, akhirnya merilis album single solo debutnya. Album ini diril

    on Sep 10, 2021
    Produser K-Pop Jenius

    Produser K-Pop Jenius Yang Menghasilkan Segudang Lagu Hits

    Produser K-pop. Yup, orang di balik layar inilah 'mastermind' kesuksesan seorang penyanyi atau sebuah grup K-pop. Produksi musik adalah proses yang sangat

    on Sep 8, 2021