×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Samai Rekor Peringkat No.1 Justin Bieber Pada Chart Social 50 Billboard

Posted on: 01/29/20 at 10:01 am

BTS GOLDEN DISC 2020
BTS saat tampil di Golden Disc Awards 2020 (Foto: Film Magic)

Sensasi global BTS samai rekor Justin Bieber untuk pekan terbanyak pada peringkat No.1 di chart Social 50 Billboard ketika boyband K-pop tersebut baru-baru ini telah mencatat minggu ke-163 mereka pada chart tersebut tertanggal 1 Februari mendatang.

Baca juga: BTS Buat Sejarah Baru Setelah Sukses Menjadi Grup Asal Korea Pertama Yang Pernah Tampil Di Grammy

Chart 50 Social dari Billboard ini didukung oleh data yang dilacak oleh perusahaan analisis musik bernama Next Big Sound dan berdasarkan peringkat artis paling populer di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan Wikipedia. Metodologi chart ini memadukan penambahan per minggu yang mencakup teman/penggemar/pengikut dengan pageviews artis dan engagement mereka. Minggu pelacakan terbaru dari chart ini berakhir pada 23 Januari lalu.

BTS pertama kali memuncaki chart Social 50 pada 29 Oktober 2016. Sejak itu, hanya Ariana Grande dan Bieber yang pernah berhasil meraih tahta mereka masing-masing selama enam dan tiga minggu. Dominasi ini juga telah membuat BTS meraih tiga penghargaan Billboard Music Awards berturut-turut untuk artis sosial terbaik pada 2017-2019.

Kekuatan sosial BTS yang terdokumentasi dengan baik berasal dari penggemarnya yang berdedikasi, ARMY, yang makin membengkak popularitasnya karena jangkauan bintang asal Korea Selatan itu telah meluas ke wilayah lain, termasuk di Amerika Serikat. Mereka juga telah berkolaborasi dengan beberapa artis ‘high profile’ beberapa tahun belakangan ini, termasuk Nicki Minaj, Halsey, Lil Nas X dan almarhum Juice WRLD.

Baca juga: BTS Akan Rilis Album Baru Yang ‘Lebih Hebat Dan Lebih Keras’

Rekor Social 50 grup ini tiba bersamaan dengan hit terbaru mereka di Billboard Hot 100, ‘Black Swan’, yang mulai masuk chart pada peringkat No. 57, menandai entry karir kedelapan BTS di chart tersebut. Lagu ini secara bersamaan debut pada No. 2 di chart Digital Song Sales, dengan 24.000 unduhan terjual dalam pekan yang berakhir pada 23 Januari, menurut Nielsen Music / MRC Data, dan pada No. 1 di chart World Digital Song Sales, mengamankan rekor pemuncak chart ke-18 BTS dalam survei.

Baca juga: Lil Nas X Dan BTS Dilaporkan Akan Tampil Bareng Di Grammy Awards 2020

Dan untuk Bieber, ia pertama kali memuncak chart 50 Social pada 22 Januari 2011, tepat setelah masa awal chart itu baru dibentuk pada Desember 2010. Di tengah mendatangnya proyek baru Bieber, Changes (album pertamanya sejak 2015 yang akan dirilis pada Hari Valentine), ia saat ini berada di urutan ke-6 dan mencatat minggu keempat berturut-turutnya pada peringkat 10 besar, yang merupakan aktifitas chart terbaiknya sejak musim gugur 2017. Dia terakhir memimpin chart Social 50 pada Juli lalu.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Cravity

    Boyband K-pop Baru Cravity Debut Posisi Tinggi Pada Chart Social 50 Bi...

    Cravity, 2020. (Foto: Starship Entertainment). Ada boyband pendatang baru di musik K-pop dan mereka sudah membuat efek yang lumayan besar di media sosial. G

    on Apr 30, 2020
    Eric Nam

    Sensasi K-pop Asal Amrik Eric Nam Membuat Debut Di Chart Social 50 Bil...

    Eric Nam. (Foto: Onion Production). Eric Nam telah melakukan debutnya di chart Social 50 Billboard, dan lucunya, artis K-pop asal Atlanta, Amerika Serikat (

    on Apr 8, 2020
    BTS & POST MALONE

    BTS Pecahkan Rekor Sebagai Pemuncak Terlama Di Chart Social 50 Billboa...

    BTS dan Post Malone di acara Dick Clark's New Year's Rockin' Eve, 31 Desember 2019 di New York City. (Foto: Astrid Stawiarz/Getty Images for Dick Clark Product

    on Feb 4, 2020
    BTS Ukir Sejarah di Daftar Social 50 Billboard!

    BTS Ukir Sejarah di Social 50 Billboard!

    Bangtan Boys menduduki puncak daftar itu selama 100 minggu berturut-turut. BTS sukses mencatatkan rekor baru yang mengesankan di daftar Social 50 Billboard.

    on Jun 13, 2019