×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Diam-Diam Selipkan Petunjuk Comeback di Konser Final?

Posted on: 10/28/19 at 8:25 pm

ARMY percaya, BTS memberikan petunjuk besar untuk comeback mereka yang kemungkinan bertajuk/bertemakan ‘Shadow’ di konser Love Yourself: Speak Yourself’ [The Final] mereka.

Baca juga: BTS Konfirmasi Album Baru, ARMY Prediksi Rilis Tahun Depan

Saat BTS merilis video musik “Persona”—yang tampak mengisyaratkan tema ‘shadow’ dan ‘ego’—ARMY langsung sibuk mengeluarkan berbagai macam teori tentang kemungkinan judul album baru mereka. Sejak itu, grup K-pop ini tidak terlalu vokal dengan apa yang sedang mereka kerjakan. 

Tiga konser final mereka, yang dimulai pada 26 Oktober, dimaksudkan sebagai ucapan perpisahan pada era saat ini. 

BTS kemudian merilis serangkaian konten VCR baru—video transisi yang dimainkan di antara set konser. Mereka juga menampilkan setelan baru yang mengingatkan kita pada era-era sebelumnya. 

Dan jujur saja, semua teori fans tentang kemungkinan comeback BTS dengan Shadow mulai terlihat semakin meyakinkan.

ARMY menemukan beberapa simbolisme dan petunjuk tersembunyi di Love Yourself: Speak Yourself [The Final]

Secara keseluruhan, sepertinya kebanyakan penggemar BTS percaya VCR dari konser Love Yourself: Speak Yourself [The Final] dirangkai oleh tiga tema umum—cahaya, bayangan dan waktu (lightshadow dan time).

“Penggunaan bayangan di [VCR] sangat menonjol, juga gagasan tentang waktu yang berhenti dan dikendalikan,” jelas seorang ARMY di Twitter, mengacu pada penggunaan jam secara berurutan.

Gambaran visual yang ada dalam VCR juga penuh dengan pertunjuk-petunjuk tersembunyi dari era-era sebelumnya. Sebagai contoh, Jungkook dan J-Hope menciptakan bayangan kupu-kupu dengan tangan mereka, yang mungkin mengisyaratkan album The Most Beautiful Moment in Life—alias HYYH—dan Wings. VCR-nya juga menampilkan pesawat kertas yang mirip dengan “Spring Day.”

Kemudian VCR Jimin dan RM menghadirkan gambaran yang mengingatkan pada video musik “Serendipity.” VCR mereka juga mencakup simbol sayap kupu-kupu melalui penggunaan bayangan tangan dan tarian Jimin.

Sementara itu, VCR V ditelan oleh kegelapan dan bayangan. Pakaiannya yang bertema “Singularity” di konser final termasuk mantel berbulu hitam, yang mengingatkan fans dengan sayap hitam malaikat yang menonjol selama era Wings.

VCR Suga dan Jin sangat menonjolkan jam, yang oleh banyak ARMY dianggap sebagai petunjuk perjalanan waktu. Dan bagi kalian yang mungkin lupa, Jin adalah penjelajah waktu di webtoon Save Me. VCR Jin sendiri di tengah-tengah “Epiphany” juga mencakup adegan yang mencerminkan efek riak di “Awake.”

Teori ARMY tentang konsep comeback Shadow BTS 

BTS comeback
BTS di konferensi pers album Maps of the Soul: Persona. (Foto: JTBC PLUS/Imazin via Getty Images)

Jelas ada banyak throwback ke era Wings dan HYYH di VCR baru dari konser Love Yourself: Speak Yourself [The Final] BTS. Namun, beberapa fans menyarankan, era Love Yourself memiliki pengaruh kental dari HYYH. Dengan demikian, mereka percaya album comeback baru BTS—yang mungkin akan berjudul Map of the Soul: Shadow—akan dipengaruhi oleh Wings.

Baca juga: BTS dan Lauv Daratkan Remix “Make It Right”!

Di Reddit, seorang penggemar menjelaskan bagaimana penggunaan air dalam penampilan dan VCR Jin di lagu “Epiphany” bisa jadi digunakan untuk mengucap selamat tinggal pada HYYH dan Love Yourself.

“Dalam sastra, air sering dikaitkan dengan kekuatan waktu dan perjalanan waktu,” jelas Redditor tersebut. “Dan Jin sudah menjelajah waktu sebelumnya di HYYH jadi itu bisa juga menghubungan perjalanan waktu Jin untuk terakhir kalinya di VCR “Epiphany” untuk akhir yang sempurna bagi HYYH.”

Terlepas dari itu, tampaknya penggunaan bayangan yang konsisten di sepanjang konser final Love Yourself menyiratkan pada kembalinya era Wings di comeback mendatang BTS. 

Ditambah, bayangan tangan berbentuk sayap pada beberapa kesempatan di VCR semakin memperkuat teori ini. 

ARMY prediksi tanggal rilis comeback BTS

BTS mungkin juga memberikan ARMY beberapa petunjuk sehubungan dengan tanggal rilis comeback mereka. 

Teori yang banyak beredar melibatkan tanggal yang muncul di poster film masing-masing personil di ARMY.ZIP Official Fanclub di Weverse. Di setiap poster, semua personil memiliki jadwal tayang pada Januari 2020.

Kemudian, selama penampilan solo Suga membawakan “Seesaw,” fans mengatakan angka 24 secara jelas ditampilkan dengan warna kuning. Maka dari itu mereka menduga BTS akan merilis comeback mereka pada 24 Januari 2020.

Sementara itu, jam yang banyak ditampilkan di semua VCR tampak menunjukkan pukul 4:32. Banyak ARMY tampaknya percaya angka itu berkaitan dengan tuning 432Hz, yang diteorikan dapat menghilangkan kecemasan.

Baca juga: BTS Akan Siarkan Langsung Konser Seoul di Bioskop

“Konon frekuensi musik 432Hz adalah musik alam,” jelas seorang penggemar di Twitter. “Frekuensi yang bisa beresonansi dengan tubuh kita secara alami. Musik yang disetel ke frekuensi 432Hz otomatis menjadi lebih tenang dan menenangkan.”

Namun, angka itu mungkin juga menyimpan makna yang lebih sederhana. Beberapa fans mengatakan, kalau angka 4, 3 dan 2 dikalikan, hasilnya adalah 24—lagi-lagi mengisyaratkan angka yang ditunjukkan selama aksi solo Suga, menekankan teori tanggal rilis pada 24 Januari. 

Terlepas dari semua teori yang ada, sepertinya BTS saat ini sedang menggarap musik baru mereka. Dalam wawancara dengan iHeartRadio menyusul perilisan kolaborasi dengan Lauv di remix “Make It Right,” grup ini mengungkapkan sedang mempersiapkan sesuatu untuk ARMY.

“Kami sebenarnya sudah masuk studio,” ungkap RM. “Jadi kami mengerjakan album kami berikutnya.”

Jadi, apakah album comeback BTS berikutnya benar-benar berjudul Shadow? Hanya waktu yang bisa menjawab.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Oli London

Jimin BTS & Kim Kardashian "KW" Bersatu Dalam MV 'Trouble B*tch'-nya O...

Oli dan Chaly dalam video musik 'Trouble B*tch'. Bintang K-pop Inggris, Oli London, yang cepat terkenal karena menghabiskan US$ 150.000 (sekitar Rp 2,2 mili

on Sep 18, 2020
BTS

Bikin Haru! BTS Kirim Motivasi Untuk ARMY Lewat Surat Yang Menguatkan

BTS. (Foto: John Shearer). BTS nampaknya nggak akan pernah berhenti menerangkan dunia dengan cahaya jiwa mereka yang selalu memancarkan energi positif nan i

on Sep 18, 2020
JOOX

Episode Final I-LAND Tampilkan BTS dan TXT Tayang Besok Hanya di JOOX ...

Besok malam, 18 September 2020 pukul 18.00 WIB, JOOX akan menayangkan episode final dari babak kedua ajang pencarian bakat I-LAND yang turut dimeriahkan ol

on Sep 17, 2020
BTS

BTS Luncurkan 'BTS Universe Story', Game Baru Yang Sosial-Interaktif

BTS Universe Story. Dengan arahan Big Hit Entertainment, BTS memang nggak pernah kehabisan ide untuk membuat manuver-manuver yang jitu sejak BTS nggak memun

on Sep 16, 2020