×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Tampil ‘Seimbang’ Dalam Foto Konsep Terbaru Untuk ‘Map of the Soul: 7’

Posted on: 02/10/20 at 3:04 pm

BTS
BTS (Foto: Noam Galai/GettyImages).

BTS telah mengejutkan para netizen dan ARMY (fanbase BTS) dengan musik dari album mereka yang akan datang, Map of the Soul: 7. Tiga lagu pertama BTS masing-masing menjadi ikon dan menunjukkan potongan cerita yang berbeda yang akan diceritakan oleh BTS dalam album tersebut. Jadi tidak mengherankan bahwa foto konsep pertama yang dirilis untuk album BTS, Map of the Soul: 7 semakin meningkatkan standar kualitas mereka.

Map of the Soul: 7 akan dirilis pada 21 Februari 2020 mendatang. Ada empat fase berbeda untuk peluncuran Map of the Soul: 7. Fase pertama terdiri dari trailer comeback BTS yang berjudul ‘Interlude: Shadow’, pengenalan proyek ‘Connect, BTS’, dan perilisan singel mereka, ‘Black Swan’. Fase kedua menampilkan perilisan trailer comeback berjudul ‘Outro: Ego’ dan pembukaan tiga venue untuk ‘Connect, BTS’ yang berbeda.

Pada 10 Februari tengah malam waktu setempat, label BTS, Big Hit Entertainment, telah merilis set pertama foto konsep untuk Map of the Soul: 7. Hal ini secara resmi memulai fase ketiga dari perilisan album terbaru BTS ini.

Ada empat versi berbeda dari Map of the Soul: 7. Setiap kopian fisiknya akan mencakup buku foto, buku lirik, CD, poster, kartu foto, kertas mewarnai, buku mini, kartu pos, dan stiker. Foto-foto yang dirilis pada 10 Februari ini berasal dari versi pertama untuk album BTS ini.

Foto konsep BTS untuk versi lain dari Map of the Soul: 7 akan dirilis pada 11 Februari, 12 Februari, dan 13 Februari. Fase ketiga untuk peluncuran album itu akan mencapai puncaknya dengan pengumuman daftar lagunya pada 17 Februari.

Baca Juga: Super Junior Ditantang Nyanyi Lagu-Lagunya Pakai Bahasa Indonesia, Kocak!

Anggota BTS sangat halus dalam foto konsep ‘Map of the Soul: 7’

Big Hit Entertainment merilis delapan foto konsep yang berbeda dari versi pertama Map of the Soul: 7. Setiap anggota BTS secara masing-masing memiliki foto konsep individu dan kemudian ada foto grup lengkap yang mencakup ketujuh anggota BTS.

Semua foto konsep menunjukkan anggota BTS mengenakan pakaian putih dan mengelilingi sebuah lubang hitam raksasa di lantai. Dalam foto grupnya, Suga, Jin, Jungkook, dan Jimin duduk di tepi dengan kaki mereka tergantung di atas jurang. Ada banyak bulu putih yang tampak berterbangan di udara pada setiap fotonya.

Semua anggota BTS kecuali RM memiliki rambut hitam, dan dalam foto grup, Jin adalah satu-satunya anggota yang tidak melihat kamera. Jin, V, RM, dan Jungkook duduk di dekat jurang dalam foto mereka masing-masing sementara tiga anggota lainnya berdiri di sampingnya.

Baca Juga: BTS Rilis Trailer Kedua Dari Proses ‘Comeback’ Mereka Yang Berjudul ‘Outro: Ego’

Bagaimana foto konsep berhubungan dengan album BTS

Foto konsep BTS (Foto: Big Hit Entertainment Twitter)
Foto konsep BTS (Foto: Big Hit Entertainment Twitter)

Sejauh ini, peluncuran untuk Map of the Soul: 7 telah memberi fokus pada segi artistiknya. Para anggota BTS telah menjadi simbol utama bagi berbagai pameran seni di seluruh dunia dengan peluncuran proyek ‘Connect, BTS’, dan perilisan lagu ‘Black Swan’ disertai dengan sebuah film seni dari MN Dance Company.

Foto konsep untuk album BTS ini tidak sama halnya. Foto-foto mereka hampir terlihat seperti lukisan, dan kesederhanaan foto tersebut mengisyaratkan makna yang lebih besar, tampaknya. Para anggota BTS terlihat mulus dan murni sambil mengenakan pakaian putih, tapi, ironisnya, itu kontras dengan kegelapan di sekitar mereka.

Sejauh ini, para penggemar BTS tahu bahwa Map of the Soul: 7 adalah pandangan introspektif terhadap karir BTS sambil menggabungkan konsep psikologi dari Carl Jung (Seorang ahli ilmu psikologi dari Swiss). Dengan album tahun 2019 mereka, Map of the Soul: Persona, BTS mengeksplorasi konsep persona dari Carl Jung yang merupakan tentang seseorang yang menyembunyikan diri mereka yang sebenarnya atau menyesuaikan diri dengan citra publik, alias ‘jaim’ (jaga image).

Map of the Soul: 7 akan mengeksplorasi konsep Shadow (bayangan) dan Ego. Pada pandangan pertamanya, foto konsep terbaru BTS ini tampaknya mengarah ke konsep Shadow. Foto-foto itu juga berkaitan dengan pesan di ‘Interlude: Shadow’ dan ‘Black Swan’. Pada 3 Februari lalu, Zach Sang merilis wawancara dengan BTS. Selama wawancara, Suga menjelaskan pesan dari era BTS yang baru ini.

“Satu pesan yang menembus album ini secara keseluruhan adalah bahwa kamu harus menghadapi bayang-bayangan batin kamu tetapi menahan diri untuk tidak tenggelam ke kedalamannya,” ujar Suga.

Foto-foto konsep pertama untuk Map of the Soul: 7 menunjukkan BTS menggoda diri mereka sendiri dengan kegelapan dengan menggantung kaki mereka di atas jurang. Konsep Shadow dari Carl Jung memperkuat gagasan bahwa seseorang harus belajar hidup berdampingan dengan sisi destruktif yang dihadirkan oleh Shadow mereka.

Dalam beberapa foto konsepnya, bulu-bulu putih tampak jatuh melewati para anggota idol K-POP BTS ke dalam jurang. Ini dapat menunjuk pada transformasi BTS dari angsa putih menjadi angsa hitam sebagai hasil dari eksplorasi mereka ke dalam Shadow mereka sendiri yang destruktif. Sementara para anggota BTS tampaknya masih menolak untuk tenggelam menuju kedalaman jurang, set foto konsep berikutnya mungkin akan mengungkapkan bagian selanjutnya dari perjalanan emosional mereka.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Fancam K-pop

21 Video K-Pop Hasil Rekaman Fans Yang Paling Populer Selama Tahun 202...

Fancam K-pop, yang artinya adalah cuplikan video K-pop yang direkam oleh fans, menjadi semakin populer setiap tahunnya. Saat ini, banyak fancams yang difil

on Oct 29, 2020
BLACKPINK

BLACKPINK Ungkap Alasan Kenapa Mereka Beri Judul Album Debutnya “The...

Empat tahun setelah mereka pertama kali debut, BLACKPINK akhirnya merilis album full-length pertama mereka yang berjudul The Album. Terdiri dari delapan la

on Oct 28, 2020
Pengacara K-pop

Para Pengacara K-Pop Ungkap Komentar Jahat Apa Saja Yang Termasuk Aksi...

Ko Seung Woo dan Jeong Chong Myeong. Setiap idol K-pop pasti pernah menerima komentar jahat, dari kritik terhadap bakat mereka hingga topik lelucon yang kej

on Oct 27, 2020
Video Musik K-Pop

15 Urutan Peringkat Video Musik K-Pop Dengan Views Paling Banyak Saat ...

Video musik K-pop sering kali mendapatkan views paling banyak pada saat baru dirilis, tetapi beberapa video terus mendapatkan jutaan views bahkan berbulan-

on Oct 25, 2020