×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Akan Setia Dengan Identitas Koreanya!

Posted on: 03/29/19 at 7:30 pm

BTS menjelaskan mengapa mereka tidak akan mulai bernyanyi dalam Bahasa Inggris, setelah bintang K-Pop ini meraih kesuksesan global dengan bernyanyi dalam Bahasa Korea.

Oleh Nick Reilly (NME)

Meskipun telah beberapa kali mendominasi tangga lagu di AS dan laris di dua konsernya di Wembley Stadium, band asal Korea ini baru hanya sekali tidak menggunakan bahasa asal mereka, yaitu di lagu “Waste It On Me” di 2018. Dan dalam wawancara eksklusif BTS dengan Entertainment Weekly beberapa waktu lalu, RM menjelaskan mereka akan tetap setia dengan identitas Korea mereka.

“Masuk di Hot 100 dan mendapat nominasi Grammy, inilah cita-cita kami. Tetapi itu hanya cita-cita – kami tidak ingin mengubah identitas kami atau keaslian kami untuk mendapat peringkat nomor satu,” jelas RM.

BTS katakan akan setia dengan identitas Koreanya.

“Kalau kami tiba-tiba bernyanyi dalam Bahasa Inggris penuh, dan mengubah semua hal lainnya, maka itu bukan BTS. Kami akan melakukan segalanya, kami akan mencoba. Tetapi kalau kami tidak bisa meraih peringkat nomor satu atau nomor lima, itu tidak masalah.”

Suga menambahkan: “Itu akan harus menjadi lagu yang sangat bagus, tetapi juga ada strategi yang berkaitan dengan naik ke posisi teratas. Dan tentu saja harus ada sedikit keberuntungan. Jadi yang penting bagi kami adalah, membuat musik yang bagus dan penampilan yang bagus dan menggabungkan elemen-elemen itu.”

Sementara tinggal bersama dapat menguji batas-batas band mana pun, BTS juga bersikeras bahwa mereka bisa menjalani itu setelah memahami perbedaan di awal. “Jadi, pada awalnya, kami punya banyak argumen dan konflik,” jelas band ini. Tetapi kami sudah mencapai titik di mana kami bisa berkomunikasi tanpa kata, pada dasarnya hanya dengan saling memperhatikan dan membaca ekspresi.”

Sementara itu, BTS baru-baru ini merilis cuplikan pertama dari album mereka Map Of The Soul: Persona dalam trailer comeback terbaru.

Keterangan Foto Utama: BTS. (Foto: Rex)

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter