×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Umumkan Daftar Lagu Album ‘Map of the Soul: 7’ Dan Kolaborasi Bersama Sia

Posted on: 02/17/20 at 10:12 am

BTS, Map of the Soul: 7 photo session
BTS, Map of the Soul: 7 photo session (Foto: Big Hit Entertainment).

Boyband K-pop mega populer BTS sebentar lagi akan ‘menggetarkan’ dunia dengan perilisan album terbaru mereka, Map of the Soul: 7, pada akhir pekan ini, dan mereka akan membawa dua penyanyi berbakat asal Australia, Troye Sivan dan Sia.

Album keempat dari boyband asal Korea Selatan ini akan tiba pada 21 Februari mendatang, dan pada hari Minggu (16 Februari) mereka telah membagikan daftar lagu berisi 20 lagu untuk album mendatang mereka, Map of the Soul: 7.

Baca juga: BTS Akan Debutkan Lagu Baru Pada Acara ‘Tonight Show Starring Jimmy Fallon’

Seiring dengan lagu-lagu BTS sebelumnya yang telah dirilis dari album pemuncak chart Billboard 200 mereka, Map of the Soul: Persona, dan lagu-lagu dari Map of the Soul: 7 yang sebelumnya telah dirilis seperti ‘Interlude: Shadow’, ‘Outro: Ego’, dan ‘Black Swan’, album terbaru dari BTS ini akan dipimpin oleh singel berjudul ‘On’, yang akan dirilis dalam bentuk dua versi, versi yang hanya BTS dan versi yang bersama Sia.

Lagu BTS yang berisi kolaborasi bersama Sia ‘On’ hanya dapat didengarkan dalam versi album yang khusus digital saja, dan tidak akan ditampilkan dalam versi rekaman fisik untuk Map of the Soul: 7. Menurut label rekaman BTS, Big Hit Entertainment, BTS menjangkau Sia untuk membuat lagu ‘On’ menjadi sebuah realitas.

Penampilan Sia dalam lagu ‘On’ mengikuti beberapa kolaborasi berprofil tinggi yang baru-baru ini diraih oleh BTS, yang telah bekerja dengan artis-artis kelas A seperti Halsey, Ed Sheeran, The Chainsmokers, Desiigner, Steve Aoki, Lauv, dan Nicki Minaj dalam berbagai lagu sejak 2017.

Selain singel bersama Sia, Map of the Soul: 7 juga akan menampilkan lagu-lagu baru yang sebelumnya tidak pernah terdengar dari BTS, termasuk lagu berjudul ‘My Time’, ‘Louder Than Bombs’, dan ‘We Are Bulletproof: the Eternal’. Yang terakhir disebut adalah sekuel jelas untuk lagu ‘We Are Bulletproof’ dan ‘We Are Bulletproof, Part 2’, lagu-lagu yang dirilis oleh BTS baik sebelum dan pada album debut mereka, 2 Cool 4 Skool, pada tahun 2013 lalu. Lagu BTS ini menawarkan sebuah nostalgia dari tujuh tahun yang lalu, ketika BTS masih berada di awal karier mereka.

Tak lama setelah daftar lagu BTS tiba, penyanyi asal Australia Troye Sivan mengumumkan di Twitter bahwa ia ikut serta menulis lagu ‘Louder Than Bombs’.

Menjelang perilisan daftar lagu Map of the Soul: 7, beberapa tagar yang terkait dengan BTS, termasuk #7TRACKLIST, menjadi tren di seluruh dunia di Twitter saat para penggemar BTS atau yang biasa disebut ARMY yang berdedikasi merayakan berita tersebut dengan penuh antusias.

Map of the Soul: 7 oleh BTS akan dirilis di seluruh dunia pada 21 Februari pukul 4 pagi waktu setempat.

Baca juga: BTS Tampil ‘Seimbang’ Dalam Foto Konsep Terbaru Untuk ‘Map of the Soul: 7’

Daftar lagu BTS untuk Map of the Soul: 7 adalah sebagai berikut:

1. Intro : Persona
2. Boy With Luv (Feat. Halsey)
3. Make It Right
4. Jamais Vu
5. Dionysus
6. Interlude : Shadow
7. Black Swan
8. Filter
9. My Time
10. Louder than bombs
11. ON
12. UGH!
13. 00:00 (Zero O’Clock)
14. Inner Child
15. Friends
16. Moon
17. Respect
18. We are Bulletproof : the Eternal
19. Outro : Ego
20. ON (Feat. Sia)

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

15 Idol K-Pop Paling Banyak Didengar Di Spotify Oktober

15 Artis K-Pop Dengan Pendengar Terbanyak di Spotify Bulan Oktober 202...

Yuk cek beberapa artis K-pop dengan pendengar terbanyak bulan Oktober ini. Dari boyband hingga girlband serta solois, berikut adalah 15 artis K-pop terpopu

on Oct 18, 2020
Suga BTS & Alllex Black

Rapper Ukraina Yang Dituduh Plagiat Lagu ‘Daechwita’ Unggah Video ...

Rapper asal Ukraina bernama Alllex Black sebelumnya dituduh menjiplak lagu alter egonya Suga BTS, Agust D, ‘Daechwita’. Lagu yang dirilis rapper dari b

on Oct 17, 2020
BTS

Haruskah BTS Jalani Wajib Militer? Begini Pendapat Para Cowok di Korea

BTS. (Foto: via YouTube Korea Now). Wajib militer yang harus dilaksanakan anggota BTS adalah topik kontroversial yang membuat publik, fans, dan politikus Ko

on Oct 16, 2020
Toko Online BTS

Toko Online "BTS POP-UP: MAP OF THE SOUL" Siap Hadir di Indonesia Mula...

BTS akan membuka sebuah toko pop-up online dengan konsep baru! Big Hit IP, sebuah perusahaan independen yang bertanggung jawab atas bagian bisnis IP (In

on Oct 15, 2020