×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Ungkap Tantangan Yang Mereka Hadapi Saat Membuat Lagu Bahasa Inggris

Posted on: 08/21/20 at 6:00 am

BTS Ungkap Tantangan Yang Mereka Hadapi Saat Membuat Lagu Bahasa Inggris
V dan BTS.

BTS akan comeback tepat enam bulan sejak peluncuran album full-length terakhir mereka, Map Of The Soul: 7 yang dirilis pada tanggal 21 Februari lalu. Yang berbeda dari lagu comeback terbaru BTS ini, yang berjudul ‘Dynamite’, adalah bahwa ini merupakan lagu pertama mereka yang liriknya akan murni berbahasa Inggris.

Baca juga: Sebelum ‘Dynamite’ Diledakkan, BTS ARMY Bisa Tonton Teaser MV Lagu Ini Sekarang

Meskipun grup asal Korea Selatan ini memang pernah menggunakan sedikit bahasa Inggris dalam lirik dari beberapa lagu mereka sebelumnya, ini adalah tantangan yang sama sekali berbeda bagi para Bangtan Boys tersebut.

Pertama kali debut pada tahun 2013, BTS terus menjalani tantangan baru dan mengubah paradigma kancah musik K-Pop. Dari mencapai posisi nomor satu di tangga lagu internasional Billboard hingga tampil di ajang Grammy Awards yang bergengsi, bernyanyi dalam bahasa Inggris sepenuhnya hanyalah tantangan berikutnya yang BTS harus hadapi untuk meningkatkan kualitas karier musik mereka yang sebenarnya sudah sangat gemilang.

Dalam suatu wawancara dengan USA Today, BTS mengungkapkan bahwa hal itu rasanya lumayan sulit untuk keluar dari zona nyaman dan fokus melatih pelafalan bahasa Inggris mereka. Jungkook mengungkapkan bahwa itu adalah suatu “jenis tantangan yang menarik yang rasanya ‘susah tapi seru'”.

Setahun yang lalu, BTS menyebutkan dalam suatu wawancara bahwa mereka nggak berencana untuk bernyanyi dalam bahasa Inggris karena mereka nggak mau menyimpang dari identitas asli mereka. Namun di tahun 2020, nggak ada yang tahu bahwa pandemi virus Corona akan terjadi. Ini membuat mereka menyadari bahwa banyak hal yang telah berubah dan mereka harus melakukan apa yang mereka bisa dan melakukan inovasi yang lebih berani.

Suga mengungkapkan bahwa, “Pandemi ini adalah sesuatu yang mempengaruhi semua orang di dunia, jadi kami memikirkan tentang apa yang akan kami lakukan selama periode ini”.

Sang pemimpin BTS, RM menambahkan, “Siapa yang mengira bahwa pandemi ini akan terjadi? Nggak ada pertemuan, nggak ada konser. Jadi kami nggak pernah menduga bahwa kami akan membuat sebuah lagu yang sepenuhnya dalam bahasa Inggris”.

Baca juga: Ada Misteri Baru Yang Terungkap Dari Dunia Musik BTS, Kira-Kira Apa Ya?

Dengan BTS membuat lagu yang sepenuhnya berbahasa Inggris, lagu ini dapat memainkan peran besar dalam meraih gelar lagu hit nomor satu di tangga lagu Amerika Serikat. Mengenai apakah BTS akan lebih sering membuat lagu berbahasa Inggris ke depannya, V dengan iseng memberi tahu penggemar untuk “jangan NGGAK berharap untuk itu”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

KAACHI

KAACHI Akan Tampil Di Parade Hari Raya Tahun Baru London 2021 Sambut T...

Kaachi. (Foto: Frontrow Records). Girlband K-pop yang berbasis di Inggris KAACHI siap tampil di London New Years Day Parade (LNYDP) 2021 - salah satu parade

on Dec 3, 2020
BTS

Korea Selatan Sahkan Revisi Undang-Undang Agar BTS Bisa Menunda Wajib ...

BTS. (Foto: Big Hit Entertainment). Belum lama ini BTS tercatat telah menyumbang US$ 5 miliar (sekitar Rp 70,7 triliun!) kepad PDB (Produk Domestik Bruto) K

on Dec 2, 2020
Chung Ha

Fitur R3HAB, Chung Ha Rilis 'Dream Of You', Single Baru Stimulan Dansa...

Chung Ha. (Foto: 88rising). Pada 27 November, artis solo K-pop Chung Ha merilis single barunya, 'Dream of You (with R3HAB)' di bawah bendera 88rising dan di

on Nov 30, 2020
BLACKPINK

BLINK Tuntut Permintaan Maaf Dari Asia Artist Awards Karena Menghina B...

Foto: via Twitter/BLACKPINK. Dalam waktu kurang dari dua puluh empat jam, para penggemar BLACKPINK alias BLINK telah menangani dua masalah yang muncul dari

on Nov 29, 2020