×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS: Profil, Biodata, Biografi, Fakta Terkini

Posted on: 07/4/21 at 11:00 am

BTS: Semua Hal Yang Perlu Lo Tahu Tentang Tujuh Bangtan Boys
BTS (Foto: Big Hit Entertainment).

BTS adalah artis Asia pertama yang meraih prestasi tertinggi dalam sejarah musik. Di sepanjang kariernya, boyband K-pop ini telah berkali-kali memecahkan rekor di negara asalnya sendiri, Korea Selatan maupun di negara-negara lain. Melalui pencapaian di berbagai chart lagu dan album di posisi teratas. Serta meraih berbagai penghargaan musik bergengsi. Sehingga mereka seperti memberikan kesan bahwa apa pun yang mereka sentuh pasti berubah menjadi emas. Dan penggemar mereka, ARMY yang tersebar di seluruh dunia adalah salah satu fandom paling besar dan terkenal paling kreatif, kompak, supportif serta kritis. Oleh karena alasan ini, Mata Mata Musik tertarik membahas profil, biodata, biografi dari Bangtan Sonyeondan, termasuk ketujuh anggota di dalamnya.

Biodata

Formasi grup beranggotakan 7 cowok ganteng dan manis ini terdiri dari:
Jin (Kim Seok-jin) kelahiran 4 Desember 1992. Penyanyi, penulis lagu.
Suga (Min Yoon-gi) kelahiran 9 Maret 1993. Rapper, penulis lagu, produser.
J-Hope (Jung Ho-seok) kelahiran 19 Februari 1994. Rapper, penulis lagu, produser.
RM (sebelumnya Rap Monster, Kim Nam-joon) kelahiran 12 September 1994. Rapper, penulis lagu, produser.
Jimin (Park Ji-min) kelahiran 13 Oktober 1995. Penyanyi, penulis lagu.
V (Kim Tae-hyung) kelahiran 30 Desember 1995. Penyanyi, penulis lagu, aktor.
Jungkook (Jeon Jung-kook) kelahiran 1 September 1997. Penyanyi, penulis lagu.

Biografi

Di bawah ini merupakan biografi dari boyband Korea Selatan BTS, termasuk ketujuh anggota di dalamnya.

BTS Debut dan Meniti Karier

Pembentukan Bangtan Sonyeondan berawal ketika CEO Big Hit Entertainment Bang Si-hyuk bertemu dengan RM karena terkesan dengan bakat nge-rap-nya. Bangtan Sonyeondan pada awalnya seharusnya menjadi grup hip-hop yang mirip dengan 1TYM, artis YG Entertainment. Audisi untuk anggota boyband baru ini dimulai pada tahun 2010 dan 2011. Dan setiap peserta harus melewati beberapa tahap sebelum akhirnya diumumkan formasi yang terdiri dari Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, Jungkook, dan RM sebagai leader grup pada tahun 2012. Enam bulan sebelum debut mereka, mereka sudah mulai menarik perhatian di berbagai situs media sosial, dan juga cover lagu di YouTube dan SoundCloud.

Baca juga: BTS V Memesona dengan Gaya Rambut Baru

Grup ini diberi nama BTS karena merupakan singkatan dari Bangtan Sonyeondan (bahasa Korea). Secara harfiah berarti “Bulletproof Boy Scouts”. Menurut J-Hope, nama itu dikonseptualisasikan dengan pemikiran bahwa Bangtan Sonyeondan akan memblokir stereotip, kritik, dan harapan yang menargetkan remaja seperti peluru dan melindungi nilai-nilai dan cita-cita remaja masa kini. Di Jepang, mereka dikenal sebagai Bōdan Shōnendan, yang diterjemahkan sama. Pada bulan Juli 2017, Bangtan Sonyeondan mendapat akronim tambahan selain Bangtan Sonyeondan atau Bulletproof Boy Scouts. Yaitu “Beyond the Scene” sebagai bagian dari identitas baru mereka. Tambahan kepanjangan nama mereka itu memiliki makna “BTS merupakan para pemuda yang tumbuh yang melampaui realitas yang mereka hadapi, dan maju”.

BTS resmi debut di Korea Selatan pada 12 Juni 2013 dengan single ‘No More Dream’. Diambil dari album 2 Cool for Skool sebagai seri pertama dari “school trilogy” mereka yang dirilis keesokan harinya, 13 Juni. Single ‘No More Dream’ dan ‘We Are Bulletproof Pt. 2’ tidak menjadi hit, dengan album terjual hanya sebanyak 24.000 kopi pada tahun 2013. Meski akhirnya album ini berhasil nangkring di urutan lima di Gaon Album Chart setelah terjual 145,000 kopi. Sebagai perluasan karya mereka ke Jepang, ‘No More Dream’ kemudian direkam ulang dalam bahasa Jepang dan dirilis pada 4 Juni 2014.

Bagian kedua dari “school trilogy” BTS adalah EP yang berjudul O!RUL8,2?. Dirilis pada 11 September 2013, bersama dengan ‘N.O’ sebagai single-nya dan berada di urutan nomor 94 di Gaon Music Chart. EP ini telah terjual 160.000 kopi, termasuk 34.000 kopi pada tahun pertama rilisnya, dan berada di nomor empat Gaon Album Chart. Pada bulan yang sama, Bangtan Sonyeondan membintangi variety show mereka sendiri, di siaran SBS MTV berjudul Rookie King Channel Bangtan. Berdasarkan siaran penyiaran palsu bernama “Channel Bangtan”. Yang mana para anggota memparodikan berbagai variety shows seperti VJ Special Forces dan MasterChef Korea. Di akhir tahun itu, Bangtan Sonyeondan memenangkan beberapa penghargaan New Artist of the Year.Yakni Melon Music Awards, Golden Disc Awards 2013 dan Seoul Music Awards 2014.

Seri terakhir dari “school trilogy”, Skool Luv Affair (2014) berhasil memuncaki Gaon Album Chart, terjual sebanyak 100.000 kopi pada tahun 2014 dan lebih dari 250,000 kopi secara keseluruhan. Album ini juga berada di nomor tiga di Billboard World Albums, menjadi rilisan BTS pertama yang berada di dalam chart album ini. Album ini menghasilkan single berjudul ‘Boy in Luv” dan ‘Just One Day”. Pada bulan Juni tahun itu, Bangtan Sonyeondan berpartisipasi sebagai juri di sebuah kompetisi dance cover K-pop di Bridge di Festival Korea di Rusia. Sebuah acara yang diadakan untuk mempromosikan pariwisata di kedua negara ini, yang mana mereka juga tampil di panggung. Pada bulan Agustus, grup ini juga menghadiri KCON di Los Angeles. Pada bulan yang sama, mereka merilis album studio Korea pertama mereka, Dark & Wild. Berhasil hinggap di nomor dua di Gaon Album Chart dan terjual lebih dari 200.000 kopi. Album ini didukung oleh dua single, yakni ‘Danger’ dan ‘War of Hormone’.

BTS dark & wild

Album studio debut Jepang mereka, Wake Up (2014), dirilis di Desember tahun itu juga, berada di nomor tiga di Oricon Albums Chart mingguan dan terjual 28.000 kopi. Bersama dengan lagu-lagu lama versi Jepang yang direkam ulang, album ini juga berisi lagu-lagu baru seperti ‘Wake Up’ dan ‘The Stars’. Tur konser pertama mereka, “BTS Live Trilogy – Episode II: The Red Bullet 2014”, diadakan dari bulan Oktober sampai Desember.

Terobosan Komersial BTS

Di awal tahun 2015, Bangtan Sonyeondan mengadakan tur di Jepang untuk pertama kali dengan tur “Wake Up: Open Your Eyes” mereka. Mereka juga menggelar konser tunggal kedua mereka di Korea, “BTS Live Trilogy – Episode 1: BTS Begins”.

EP ketiga mereka, The Most Beautiful Moment in Life, Part 1 (2015), dirilis di Maret tahun itu dan menjadi album Korea satu-satunya yang masuk ke dalam daftar dari siaran TV bernama Fuse atas “27 Album Terbaik Tahun 2015 Sejauh Ini” pada tahun itu. Single utamanya, ‘I Need U’, menjadi hit lima besar di tangga lagu mingguan Gaon Digital Chart di Korea Selatan dan membuat Bangtan Sonyeondan mendapat penghargaan acara musik pertama mereka di siaran SBS MTV di acara berjudul “The Show”.

Meskipun single kedua, ‘Dope’, berada di nomor 44 di Gaon Digital Chart mingguan, musik video lagu ini merupakan video pertama mereka yang mendapat 100 juta views di YouTube pada bulan Oktober. ‘Dope’ kemudian berada di nomor tiga di Billboard World Digital Songs chart. The Most Beautiful Moment in Life, Part 1 telah terjual lebih dari 415.000 kopi sampai saat ini.

Single Jepang keempat BTS, ‘For You’, dirilis di Juni tahun itu untuk merayakan debut Jepang satu tahun mereka. Single ini memuncaki tangga lagu harian Oricon, terjual lebih dari 42.000 kopi di hari pertama. Mereka juga mengadakan tur dunia “Live Trilogy Episode: The Red Bullet 2015”, dan berpartisipasi di tur Summer Sonic Festival di Jepang. Pada tanggal 17 Maret 2015, ketua mereka RM mengeluarkan mixtape pertamanya, RM.

Dalam tur tiga hari “The Most Beautiful Moment in Life: On Stage” mereka, grup ini membawakan single berjudul ‘Run”, single utama dari EP berjudul The Most Beautiful Moment in Life, Part 2, yang kemudian dirilis pada 30 November 2015. Album ini memuncaki tangga album mingguan Gaon dan Billboard World Albums dan berada dalam beberapa minggu, membuat Bangtan Sonyeondan menjadi artis K-pop pertama yang mencapainya. Album ini juga berada di nomor 171 di tangga album Billboard 200 dengan terjual lebih dari 5.000 kopi. Di Mnet Asian Music Awards 2015, mereka menerima Best World Performer sebagai penghargaan atas basis penggemar internasional mereka.

The Most Beautiful Moment in Life, Part 1 dan Part 2 kemudian digabung menjadi album The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever (2016) dan didukung oleh tiga single, yakni hit 40 besar berjudul ‘Epilogue: Young Forever”, hit 10 besar berjudul ‘Fire’, dan hit 20 besar berjudul ‘Save Me’. Konser dua hari di Olympic Gymnastics Arena di Seoul diadakan pada bulan Mei untuk mempromosikan album ini. Diikuti dengan tur Asia mereka. Grup ini juga tampil di acara KCON di AS yang diadakan pada bulan Juni tahun itu di New Jersey dan Los Angeles pada bulan Juli. Young Forever kemudian memenangkan Album of the Year di Melon Music Awards, menjadi penghargaan pertama (daesang) mereka.

Pada 7 September 2016, BTS merilis album studio Jepang mereka berjudul Youth, terjual lebih dari 44.000 kopi di hari pertama rilis dan berada di nomor satu di album chart Jepang. Edisi Jepang dari ‘I Need U’ dan ‘Run’ dirilis sebagai single.

BTS wings

Sementara itu, di negara asal mereka, pre-order dari album studio Korea mereka, Wings, dirilis di Oktober tahun itu, terjual lebih dari 500.000 kopi di minggu pertama. Single utamanya berjudul ‘Blood Sweat & Tears’ mendapat “all-kill” (meraih urutan puncak di 6 chart) di Korea Selatan. Menjadi lagu pertama mereka yang memuncaki tangga lagu digital mingguan Gaon. Video musiknya mendapat lebih dari 6 juta views kurang dari 24 jam. Memecahkan rekor sebelumnya di YouTube dengan views terbanyak dari grup musik K-pop kurang dari 24 jam. Mereka kemudian memenangkan Artist of the Year di Mnet Asian Music Awards 2016, menjadi artis pertama yang bukan dari perusahaan hiburan “Big Three” (SM, YG dan JYP) yang melakukannya.

Ekspansi Internasional BTS

Di awal tahun 2017, BTS mengadakan “Live Trilogy Episode III: The Wings Tour” mereka. Februari tahun itu, pre-order dari edisi baru album Wings, berjudul You Never Walk Alone, mendapat 700.000 kopi. Single utama berjudul ‘Spring Day’ memuncaki tangga lagu daring populer Korea Selatan, termasuk Gaon, dan membuat gangguan di situs web tangga lagu digital Melon akibat dari banyaknya pengguna yang ingin mengaksesnya. Lagu ini juga masuk ke dalam Billboard Bubbling Under Hot 100 di nomor 15 dengan “tidak adanya promosi”.

EP kelima mereka, Love Yourself: Her, dirilis di September tahun itu dan fitur personel The Chainsmokers Andrew Taggart dalam lagu berjudul ‘Best of Me’. Single utama, ‘DNA’, berada di nomor dua di Gaon Music Chart mingguan, dan video musiknya mendapat 20 juta views di YouTube. Memecahkan rekor sebagai video musik dari grup K-pop yang paling banyak ditonton kurang dari 24 jam. ‘DNA’ juga menjadi lagu pertama mereka di Billboard Hot 100 di nomor 85. Membuat BTS menjadi boyband K-pop pertama yang mencapainya dan artis Korea kedua dengan lagu berbahasa Korea. Ketika ‘DNA’ naik ke nomor 67, lagu ini menjadi lagu dengan posisi tertinggi di Billboard Hot 100 dari sebuah grup K-pop, mengalahkan rekor sebelumnya oleh Wonder Girls di nomor 76. Remix dari lagu mereka, ‘Mic Drop’, oleh Steve Aoki dan fitur bersama Desiigner dirilis sebagai single kedua. Berhasil berada di nomor 23 di Korea Selatan dan nomor 28 di Billboard Hot 100, menjadi lagu 40 besar pertama dari sebuah grup K-pop di tangga lagu ini. ‘DNA’ dan ‘Mic Drop’ kemudian dirilis sebagai single triple-A di Jepang dengan lagu baru berjudul ‘Crystal Snow’ yang memuncaki Oricon Chart, menjadi single dengan penjualan tertinggi dari artis K-pop kurang dari seminggu, dan menjadikan BTS sebagai artis asing pertama yang mencapai prestasi tersebut.

Pada bulan November, Bangtan Sonyeondan menjadi grup K-pop pertama yang tampil di American Music Awards, meningkatkan profil mereka secara internasional. Mereka memenangkan Artist of the Year kedua mereka di Mnet Asian Music Awards 2017. Menjadi artis pertama yang memenangkan penghargaan ini dua tahun berturut-turut. Lagu ‘Spring Day’ kemudian memenangkan Best Song of the Year di Melon Music Awards. Desember tahun itu, mereka tampil di Dick Clark’s New Year’s Rockin’ Eve, membuat mereka menjadi grup K-pop pertama yang menjadi bagian sebagai penampil acara ini. Mereka juga membuat debut di acara TV Jepang di siaran TV Asahi Japan Music Station Super Live pada 22 Desember.

Pengakuan Seluruh Dunia BTS

Januari 2018 menandakan BTS menerima sertifikasi dua kali Platinum mereka pertama dari RIAJ untuk single ‘Mic Drop/DNA/Crystal Snow’, single satu-satunya dari album artis asing pada tahun 2017 yang menjual lebih dari 500.000 kopi dan mendapat sertifikasi di tangga lagu Oricon pada tahun itu. Pada bulan yang sama, mereka menjadi artis pertama diluar dari “Big Three” (SM, YG, JYP Entertainment) yang memenangkan penghargaan (Daesang) di Golden Disc Awards dan Seoul Music Awards masing-masing. Pada bulan Februari, single ‘Mic Drop Remix’ dan ‘DNA’ disertifikasi Emas oleh RIAA. Membuat Bangtan Sonyeondan menjadi artis Korea pertama dan satu-satunya yang mendapat dua sertifikasi.

Versi asli film dokumenter delapan episode, berjudul Burn the Stage, memfilmkan cerita belakang panggung di Wings Tour 2017 mereka. Tayang perdana pada 28 Maret di YouTube Premium dan tayang secara ekslusif di platform ini sampai 9 Mei.

Rapper J-Hope merilis mixtape pertamanya, Hope World, pada 1 Maret. Album studio Jepang ketiga mereka, Face Yourself, dirilis pada 4 April, debut di nomor 43 di Billboard 200 sebagai album Jepang dengan posisi tertinggi di sejarah tangga album ini. Kemudian di hari yang sama, grup ini juga merilis sebuah video sembilan-menit berjudul ‘Euphoria’, dan menjadi tema dari Love Yourself: Wonder.

Pada bulan April, BTS dinominasikan lagi di kategori Top Social Artist di Billboard Music Awards 2018, yang mereka kemudian menangkan pada tanggal 20 Mei. Membuat mereka menjadi satu-satunya artis Korea yang dinominasikan dan memenangkan penghargaan ini dua tahun berturut-turut. Mereka juga tampil untuk pertama kali di acara ini, membawakan perdana single baru mereka, ‘Fake Love’, dari album ketiga mereka berbahasa Korea, Love Yourself: Tear, dirilis pada 18 Mei. Album ini debut di nomor satu di Billboard 200 AS dengan 135.000 unit setara dengan album (termasuk 100.000 penjualan album murni), menjadi album Bangtan Sonyeondan di posisi tertinggi di tangga album ini dan album nomor satu pertama mereka di AS, album K-pop pertama yang memuncaki tangga album AS, dan album dengan posisi tertinggi oleh artis Asia. ‘Fake Love’ berada di nomor sepuluh di Billboard Hot 100 di minggu yang sama, menjadi lagu dengan posisi tertinggi mereka di tangga lagu ini dan juga menjadi lagu pertama mereka di sepuluh besar.

BTS love yourself: tear

Secara keseluruhan, ‘Fake Love’ menjadi lagu non berbahasa Inggris ketujuh belas yang berada di sepuluh besar dan yang pertama dari grup K-Pop. Single ini juga debut di nomor tujuh di tangga lagu Billboard Streaming Songs dengan 27,4 juta diputar daring di akhir minggu 24 Mei, menjadi lagu sepuluh besar pertama Bangtan Sonyeondan dan membuat ‘Fake Love’ menjadi lagu K-pop pertama yang berada di sepuluh besar sejak lagu milik Psy berjudul ‘Hangover’ feat. Snoop Dogg pada tahun 2014.

Pada tanggal 14 Agustus, ‘Fake Love’ dikonfirmasi oleh Recording Industry Association of America (RIAA) mencapai status Gold, terjual lebih dari 500.000 unit setara dengan album. Lagu ini menjadi lagu ketiga Bangtan Sonyeondan yang mendapat sertifikasi Gold. Love Yourself: Tear juga berada di nomor delapan di UK Albums Chart, menjadi album sepuluh besar pertama mereka di negara ini. Pada bulan Juni, majalah Time memasukkan Bangtan Sonyeondan dalam daftar “25 Orang Paling Berpengaruh di Internet”.

Pada 17 Juli, Bangtan Sonyeondan mengumumkan album kompilasi kedua mereka Love Yourself: Answer pada 24 Agustus 2018, dengan tujuh lagu baru ditambahkan di album ini. Tur dunia 2018 mereka bernama “BTS World Tour: Love Yourself”, dimulai di hari berikutnya di Seoul. Di konser terakhir di Amerika Utara, grup ini tampil di Citi Field, pertama kalinya artis Korea yang tampil di sebuah stadion di AS. Semua tiket sebanyak 40.000 lembar di stadion ini kemudian dikonfirmasi oleh Big Hit Entertainment terjual habis dalam waktu kurang dari 20 menit.

Pada 24 Agustus, album ini dirilis, bersama dengan musik video dari lagu berjudul ‘Idol’. Versi alternatif dari lagu ini yang fitur Nicki Minaj, dirilis secara digital di tanggal yang sama, dengan video musik yang rilis pada 6 September. Video musik ‘Idol’ memecahkan rekor sebagai video yang paling banyak ditonton dalam 24 jam pertama sejak rilis di YouTube dengan lebih dari 45 juta views. Memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Taylor Swift dengan video berjudul ‘Look What You Made Me Do’ yang mendapatkan 43,2 juta views.

Di awal bulan Desember 2018, rekor ini dilewati sekali lagi oleh Ariana Grande, setelah videonya yang berjudul ‘Thank U, Next’ memperoleh 55,4 juta views dalam 24 jam pertama setelah rilis. Debut di nomor satu di Billboard 200 AS, album ini menjadi album nomor-satu kedua BTS di peringkat pertama dan yang kedua kalinya pada tahun 2018 dengan penjualan tertinggi mereka dalam seminggu sampai saat ini di negara tersebut.

Album Love Yourself: Answer terjual sebanyak 185.000 unit setara album, yang terdiri dari 141.000 dengan penjualan album langsung, 25.000 SEA unit (39,01 juta lagu-lagu dari album didengar daring) dan 19.000 TEA unit. Membuat Bangtan Sonyeondan menjadi artis K-pop satu-satunya dengan dua album yang memuncaki Billboard 200 dan yang pertama sebagai artis musik pop dengan dua album nomor satu dalam kurun waktu kurang dari satu tahun sejak One Direction memuncaki tangga album ini dengan Four pada tahun 2014, dengan sebelumnya pada tahun 2013 dengan Midnight Memories. Di Kanada, Love Yourself: Answer menjadi album nomor satu pertama mereka di Canadian Albums Chart, terjual lebih dari 10.000 unit. Single ‘Idol’ berada di nomor lima di Canadian Singles Chart, membuatnya menjadi lagu Bangtan Sonyeondan pertama di sepuluh besar di Kanada.

Pada bulan Oktober, Majalah Time menjadikan BTS di sampul edisi global mereka, menyebut mereka sebagai “Pemimpin Generasi Selanjutnya”. Pada bulan yang sama, mereka tampil di Korea-France Friendship Concert in Paris, suatu pertemuan yang dimaksudkan untuk menunjukkan hubungan baik antara Prancis dan Korea Selatan. Sekitar 400 pejabat menghadiri rapat ini, termasuk presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Pada 20 Oktober, rapper RM mengumumkan mixtape keduanya, Mono, yang dirilis dua hari kemudian di platform digital dan layanan pendengar daring secara gratis. Bersama dengan sebuah video musik untuk lagu terakhir mixtape, ‘Forever Rain’. Video lirik untuk lagu kedua dan ketiga, berjudul ‘Seoul’ dan ‘Moonchild’, dirilis pada tanggal 23 dan 24 Oktober masing-masing.

Pada 25 Oktober 2018, mereka fitur dalam lagu milik Steve Aoki berjudul ‘Waste It On Me’. Lagu ini merupakan lagu pertama Bangtan Sonyeondan yang sepenuhnya menggunakan Bahasa Inggris dan secara keseluruhan hanya dinyanyikan oleh dua anggota grup, Jungkook dan RM. Video musik lagu ini menampilkan para aktor keturunan Asia seperti Ken Jeong, Ross Butler, Jamie Chung dan lainnya. Aoki mengatakan tentang video musiknya “Ketika aku mengetahui bahwa ‘Waste It On Me’ menjadi lagu nomor satu di dunia di Apple Music, aku menyadari bahwa lagu ini mewakili lebih dari sekedar aku dan BTS. Hal ini lebih besar dari musik, lagu ini mewakili band Korea dan seorang DJ Asia-Amerika yang dapat menunjukkan kepada orang Asia lainnya, mereka juga bagian dari lanskap musik komersial global. Aku merasa sangat mendalam tentang jejak Asia dalam budaya musik sehingga aku menginginkan video musik yang memiliki sepenuhnya aktor dan sutradara Asia”.

Baca juga: BTS Dikecam Organisasi PETA Karena Kolaborasi Dengan McDonald’s

Di awal bulan November 2018, acara musik populer Jepang membatalkan penampilan BTS dikarenakan suatu kasus yang dipakai seorang anggota pada tahun sebelumnya. Pada bulan yang sama organisasi hak asasi Yahudi bernama Simon Wiesenthal Center (SWC) menyatakan Bangtan Sonyeondan berhutang permohonan maaf karena kasus tersebut pada tahun 2017. Anggota Bangtan Sonyeondan mengenakan pakaian dengan simbol Nazi, dan sebuah bendera. Big Hit Entertainment meminta maaf, menyatakan gambar yang ada di pakaian tersebut tidak dimaksudkan untuk menyakiti korban dari Nazisme atau bom atom, dan mereka serta manajemen akan mengambil langkah-langkah untuk mencegah kesalahan di masa depan. Mereka juga menyatakan bahwa bendera itu dimaksudkan untuk menjadi komentar pada sistem sekolah Korea. Permintaan maaf ini diterima oleh SWC dan Asosiasi Korban Bom Atom Korea.

Film berjudul Burn the Stage: The Movie dirilis di bioskop di seluruh dunia pada 15 November 2018. Di AS film ini memperoleh US$ 1,2 juta di hari pembukaan dengan total sebanyak US$ 3,54 juta dalam tiga hari di akhir pekan. Memecahkan rekor sebagai film dokumenter musik dengan pendapatan kotor tertinggi yang sebelumnya dipegang pada tahun 2014 oleh grup One Direction. Film ini berada di nomor sepuluh di box office dengan hanya tayang di 620 lokasi dibandingkan dengan 2.000-4.000 lokasi atas film sepuluh besar lain.

Pada 9 November 2018, Love Yourself: Answer menjadi album Korea pertama yang disertifikasi Gold (500.000+ unit), dan BTS menjadi grup Korea pertama yang mendapatkan sebuah sertifikasi Platinum (1.000.000+ unit) dengan single berjudul ‘Mic Drop’ di AS.

Pada 6 November 2018, Bangtan Sonyeondan memenangkan sebelas penghargaan di MBC Plus X Genie Music Awards, termasuk Album of the Year dan Artist of the Year. 29 November 2018, Bangtan Sonyeondan memenangkan (“daesang”) di Asia Artist Awards ke-3. Pada 1 Desember 2018, BTS memenangkan total tujuh penghargaan di 2018 Melon Music Awards, termasuk Album of the Year dengan Love Yourself: Tear, dan Artist of the Year.

Menurut StubHub, Bangtan Sonyeondan merupakan salah satu dari pemilik konser terlaris di dunia pada tahun 2018, urutan kedua di belakang Ed Sheeran.

Pada bulan Desember 2018, Billboard memasukkan BTS di posisi ke-8 dalam daftar Year-End Top Artist Chart mereka, bersama dengan artis seperti Drake dan Taylor Swift. Mereka juga berada di No. 2 artis tahun itu dalam daftar Duo/Group, di belakang Imagine Dragons. Pada bulan yang sama, mereka masuk ke dalam Bloomberg 50, menyatakan kesediaan mereka untuk mengatasi masalah sosial, kesehatan mental, dan politik meskipun berada dalam genre yang dapat dicap sebagai musik bubblegum pop.

Map Of The Soul: Persona dan Tur Dunia

Pada bulan Januari 2019, BTS berhasil mengalahkan lagu ‘Gangnam Style’ milik PSY lewat lagu ‘Fake Love’. Dan menjadi lagu Korea dengan pendengar paling banyak di Spotify, sebanyak 184 juta. Bangtan Sonyeondan berhasil menyabet daesang di dua acara penghargaan Korea Selatan, Golden Disc Awards ke-33 dan Seoul Music Awards ke-28 selama dua tahun berturut-turut. Bangtan Sonyeondan kemudian menjadi grup Korea satu-satunya yang berhasil masuk ke dalam daftar “10 Boyband Terbaik Sepanjang Masa” versi New York Post. Bangtan Sonyeondan menempati peringkat ke-9, bersanding dengan nama-nama besar lainnya seperti The Osmonds, Menudo, One Direction, New Kids on the Block, New Edition, NSYNC, Boys II Men, Backstreet Boys, dan The Jackson 5.

Pada bulan Februari 2019, BTS menghadiri Grammy Awards ke-61 sebagai pembaca nominasi award. Ini adalah pertama kalinya mereka menghadiri acara tersebut setelah sebelumnya sempat diundang di Grammy Museum LA pada tahun 2018. Bangtan Sonyeondan memenangkan daesang di Edaily Culture Awards ke-6 untuk pertama kalinya. Dan di hari yang sama mereka juga kembali menyabet penghargaan Musician Of The Year di Korean Music Awards ke-16 selama dua tahun berturut-turut. Membuat mereka menjadi artis pertama dan satu-satunya yang berhasil mendapatkannya. Bangtan Sonyeondan dinobatkan sebagai peringkat 2 musisi dengan penjualan terbaik secara global oleh IFPI di bawah Drake. Mengalahkan nama besar lainnya seperti Ed Sheeran, Post Malone, Eminem, Queen, Imagine Dragons, Ariana Grande, Lady Gaga, dan Bruno Mars.

Pada bulan April, BTS menjadi artis Asia pertama yang mencapai 5 miliar streaming di Spotify. Dan majalah Time menobatkan mereka menjadi 100 orang paling berpengaruh pada tahun 2019.

Pada 12 April 2019, BTS merilis album EP mereka yang keenam, Map of The Soul: Persona dengan single utama mereka ‘Boy With Luv’. Berkolaborasi dengan penyanyi asal Amerika, Halsey. Album ini dirilis di hari yang sama dengan penampilan mereka di Saturday Night Live with Emma Watson. Menjadikan mereka artis Korea pertama yang berhasil tampil di sana. Secara komersial, Bangtan Sonyeondan telah mencapai puncak baru di karier mereka. Map of The Soul: Persona menjadi album berbahasa Korea pertama yang berhasil menempati peringkat pertama di UK dan Australia. Dan juga menjadi kali ketiga album mereka kembali memuncaki Billboard 200 hanya dalam kurun waktu 11 bulan, menyamai rekor The Beatles, yang mencapai hal tersebut pada tahun 1995-1996.

BTS map of the soul: persona

Album ini berhasil terjual sebanyak 230.000 kopi di minggu pertama dirilis, dengan penjualan murni sebanyak 196,000. Menempati posisi keempat penjualan terbanyak pada tahun ini. Map of The Soul: Persona kemudian menjadi album terlaris dalam sepanjang sejarah di Korea Selatan, dengan penjualan sebanyak 3,2 juta kopi dalam waktu kurang dari sebulan. Sebelum BTS, penjualan terbanyak didominasi oleh album tahun 1990-an, menjadikan Bangtan Sonyeondan artis pertama tahun 2000-an yang menempati peringkat 10 besar dalam daftar tersebut. Single utamanya, ‘Boy With Luv’ debut di nomor 8 Billboard Hot 100, peringkat tertinggi untuk grup Korea. Dan musik video mereka menjadi video dengan penonton terbanyak selama 24 jam pertama di YouTube, dengan total penonton sebanyak 74,8 juta. Bangtan Sonyeondan meraih 3 rekor dunia sekaligus lewat video musik ‘Boy With Luv’. Mereka juga berhasil meraih daesang di acara The Fact Music Awards.

Pada bulan Mei 2019, Bangtan Sonyeondan memenangkan dua penghargaan di Billboard Music Awards ke-26, Top Social Artist & Top Duo/Grup. BTS menjadi grup pria pop pertama yang baju panggungnya didesain oleh Dior. BTS membuat sejarah dalam tur stadion mereka, Love Yourself: Speak Yourself, dengan mengadakan konser di beberapa stadion dunia termasuk Wembley Stadium, Stade de France, MetLife Stadium, Rose Bowl & Soldier Field. Semua tiket habis dalam waktu dua jam dengan tambahan hari kedua di semua tempat karena tingginya permintaan. Sebelum memulai tur, Bangtan Sonyeondan tampil di The Late Show with Stephen Colbert dan Good Morning America Summer Concert Series yang diadakan di Central Park di Manhattan. Mereka juga tampil di episode final The Voice dan terakhir mereka tampil di babak semifinal Britain’s Got Talent. Mereka berhasil meraih sertifikat Gold di RIAJ lewat Map Of The Soul: Persona. Album ini menjadi album keempat mereka yang mendapatkan sertifikat tersebut. BTS menjadi grup pertama yang berhasil bertengger di posisi 1 Billboard Artist 100 selama 5 minggu berturut-turut. Mereka juga berhasil menjadi pemilik akun Korea pertama yang menembus 20 juta pengikut di Twitter. Album Love Yourself: Answer menjadi album Bangtan Sonyeondan pertama yang meraih sertifikasi Silver dari British Phonographic Industry setelah melewati penjualan 60 ribu kopi.

Pada bulan Juni 2019, 3 lagu Bangtan Sonyeondan masuk ke playlist misi NASA ke Bulan. NASA melalui Twitter mengumumkan mereka akan memasukkan dua lagu BTS yaitu ‘Mikrokosmos’ dan ‘134340’ serta 1 lagu solo RM, ‘Moonchild’ ke dalam playlist tersebut. Mereka diundang menjadi anggota The Recording Academy. BTS dan produser eksekutif Bang Shi Hyuk menjadi bagian dari 1.340 nama musisi dan profesional industri musik yang mendapat undangan menjadi anggota dari The Recording Academy yang merupakan penyelenggara Grammy Awards.

Kemudian BTS menjuarai Billboard Social 50 chart selama 100 minggu berturut-turut. Bangtan Sonyeondan bertahan di posisi pertama yang membuat mereka berada di posisi tersebut selama 100 minggu berturut-turut sejak 29 Juli 2017. Grup Korea pertama yang meraih empat sertifikasi Gold di Australia. Bulan April lalu, tiga lagu BTS yaitu ‘DNA’, ‘Fake Love’, dan ‘MIC Drop (Steve Aoki Remix)’ meraih sertifikasi Gold dari Australian Recording Industry Association setelah masing-masing terjual lebih dari 35.000 kopi. BTS Masuk ke dalam daftar 50 lagu terbaik 2019 versi Billboard. ‘Boy With Luv’ milik BTS berhasil masuk ke posisi 20 dalam daftar tersebut. Masih dengan lagu yang sama, video musik mereka juga berhasil masuk ke dalam daftar 20 Musik Video terbaik 2019 versi Billboard.

Single pertama dari album BTS World: Original Soundtrack untuk BTS World Game Mobile berjudul ‘Dream Glow’ dirilis tanggal 7 Juni. Jin, Jimin dan Jungkook berduet dengan penyanyi asal Inggris Charli XCX, sementara BTS World Game sendiri akan diluncurkan pada 26 Juni. Pada 14 Juni, single kedua BTS World: Original Soundtrack berjudul ‘A Brand New Day’ dirilis. V dan J-Hope berduet dengan penyanyi asal Swedia, Zara Larsson. Single ketiga dari album BTS World: Original Soundtrack dirilis pada 21 Juni, berjudul ‘All Night’, lagu kolaborasi RM & Suga dengan rapper asal Amerika, Juice Wrld.

Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA) menobatkan BTS sebagai salah satu peraih Sertifikat Platinum. Untuk mendapatkannya, Bangtan Sonyeondan harus menjual single mereka ‘Boy With Luv’ sebanyak 1 juta kali. Sebelumnya lagu mereka ‘Mic Drop (Remix)’ juga meraih sertifikat yang sama. Bangtan Sonyeondan menghasilkan pendapatan tertinggi untuk konser mereka Love Yourself: Speak Yourself menurut Billboard untuk bulan Mei dan menjadi yang tertinggi untuk sementara pada tahun 2019. Bangtan Sonyeondan mendapat penghasilan sebesar 50 juta dollar Amerika atau sebesar 727 miliar Rupiah. Empat konser berhasil masuk ke Top Venue dengan konser mereka di Rose Bowl menempati posisi puncak. Diikuti Metlife Stadium di posisi kedua, Soldier Field di posisi keempat dan Allianz Parque di posisi kesembilan.

Pada bulan Juli 2019, album BTS World: Original Soundtrack berada di puncak Gaon Album Chart untuk bulan Juni dengan penjualan sebanyak 498.455 kopi. Menjadikan Bangtan Sonyeondan menempati posisi puncak penjualan OST (Original Soundtrack) terbanyak di Korea mengalahkan Winter Sonata yang dirilis tahun 2002. Single Bangtan Sonyeondan berjudul ‘Light’ menduduki peringkat pertama penjualan selama seminggu berturut-turut dan tangga lagu mingguan nomor 1 di Oricon. Lagu ini berhasil mencapai angka satu juta untuk pre-order. Memecahkan rekor 24 tahun yang lalu yang dipegang oleh Celine Dion, dengan single berjudul ‘To Love You More’. Mereka juga menjadi artis pria asing pertama yang mendapatkan sertifikasi Million oleh RIAJ. Bangtan Sonyeondan menjadi satu-satunya artis K-pop yang masuk ke dalam daftar yang dirilis oleh Forbes “100 artis dengan pendapatan terbanyak di dunia”. Mereka menduduki peringkat 43 dalam daftar tersebut, dengan pendapatan sebesar 57 juta dollar Amerika atau setara dengan 802 miliar Rupiah.

Pada bulan Agustus, BTS berhasil meraih sejumlah sertifikasi dari Gaon Chart. Album Love Yourself: Tear mendapat sertifikasi Double Million setelah berhasil menjual sebanyak 2 juta kopi, menyusul Love Yourself: Answer. Mereka menjadi artis pertama dan satu-satunya yang menempatkan tiga albumnya meraih sertifikasi Double Million, dan Triple Million untuk Map of the Soul: Persona. Dan album BTS World: Original Soundtrack berhasil meraih sertifikasi Platinum setelah terjual sebanyak 500 ribu kopi. Dan lagu mereka yang berjudul ‘Idol’ menyusul ‘Fake Love’ setelah meraih 100 juta streaming di Gaon dan berhasil memperoleh sertifikasi Platinum. Gaon Chart mengumumkan bahwa Bangtan Sonyeondan adalah artis dengan penjualan terbanyak sepanjang sejarah Gaon. Bangtan Sonyeondan berhasil menjual album sebanyak 15.395.655 kopi, sejak debut mereka pada tahun 2013.

Pada bulan Oktober, Bangtan Sonyeondan mengadakan konser di King Fadh International Stadium di Riyadh dan menjadi artis asing pertama yang mengadakan konser di Saudi Arabia. Untuk konser terakhir mereka memecahkan rekor dalam rangkaian “Love Yourself: Speak Yourself World Tour”. Grup ini menggelar konser selama tiga hari di Seoul Olympick Stadium yang semua tiketnya terjual habis dan mengakhiri rangkaian tur dunia tahun ini.

Menurut Billboard Box Score akhir tahun, grup ini menghasilkan pendapatan sebanyak US$ 196 juta atau setara dengan 2,7 triliun Rupiah, dan dihadiri oleh lebih dari 1,6 juta penonton dari 42 konser yang dimulai pada 1 November 2018 sampai 31 Oktober 2019. Dan menempati peringkat ketiga dalam Top 40 Tours di belakang Ed Sheeran dan Pink. Grup ini mengalahkan pencapaian band rock legendaris seperti Rolling Stones, Metallica, dan KISS, serta sesama boyband seperti Backstreet Boys. Dan menjadikan mereka grup tersukses tahun 2019.

Pada bulan yang sama grup ini merilis ulang lagu ‘Make It Right’ bagian dari lagu pada album mereka Map of the Soul: Persona, yang menampilkan penyanyi Amerika, Lauv. Joynews24 mengungkapkan surveinya bahwa lagu BTS yang berjudul ‘Boy with Luv’ menjadi Lagu Terbaik 2019. Bangtan Sonyeondan mendapat tempat pertama setelah memenangkan 70 suara dari jumlah total 200 suara berdasarkan pendapat dari para Profesional Industri. Selain itu masih dari survei yang sama Bangtan Sonyeondan menjadi Orang Paling Berpengaruh 2019 dengan perolehan 74 suara, Penyanyi Terbaik 2019 dengan 143 suara dan K-pop Brand Terbaik 2019 dengan 187 suara, di mana mereka menjadi artis-satunya di antara para agensi besar di Korea.

Pada bulan November, Billboard mengumumkan bahwa BTS masuk ke dalam tur terbaik selama satu dekade terakhir. Grup ini berhasil menempati peringkat ke-45 dan menjadi artis Korea satu-satunya yang masuk ke daftar tersebut. Sementara itu untuk Top Social 50 Artist Bangtan Sonyeondan berhasil menempati peringkat 5 besar. Media Korea melaporkan bahwa pakaian Bangtan Sonyeondan yang mereka pakai pada saat Grammy 2019, akan dipamerkan untuk Grammy Musium pada acara Red Carpet Exhibit mereka tanggal 20 November. Pakaian mereka akan dipajang bersama nama-nama besar lainnya seperti Rihanna, Alicia Keys, Miranda Lambert, Maren Morris, Michelle Obama, Kanye West, dan Amy Winehouse.

BTS menjadi artis Korea pertama yang berhasil meraih penghargaan dari acara tahunan Hitmaker ke-3 oleh Variety sebagai Group of The Year. Mereka juga akan masuk pada edisi majalah Variety untuk tanggal 4 Desember 2019. Pada 20 November 2019, grup ini memenangkan Ticket of the Year Ticketmaster France sebagai konser terbaik selama dua tahun berturut-turut. Untuk konser “Stade de France” di Paris. Mereka menang atas Muse, M. Pokora, Mylène Farmer, dan Soprano. Selain itu mereka juga berhasil meraih posisi ketiga sebagai artis dengan penjualan tiket konser terbanyak 2019. Sementara pada tahun 2018, mereka berhasil menempati peringkat teratas mengalahkan penyanyi Ed Sheeran.

BTS juga menjadi artis dengan konser paling diantisipasi di Spanyol. ‘Boy with Luv’ menjadi lagu Korea satu-satunya yang berhasil masuk ke dalam daftar “Best Banger of 2019” oleh Cosmopolitan. Lagu ini berhasil menempati peringkat ke-10 dalam daftar tersebut. Sementara itu Billboard juga menobatkan ‘I Need U’ menjadi salah satu lagu yang masuk ke dalam daftar “100 Song That Defined The Decade”. Bangtan Sonyeondan menempatkan tiga lagunya ke dalam daftar The 100 Greatest K-Pop Songs of the 2010s: Staff List yang dibuat Billboard. ‘I Need U’ di peringkat 80, ‘Spring Day’ di peringkat 37, dan ‘Blood, Sweat and Tears’ di peringkat 7. Video musik grup ini juga masuk ke dalam “Top 100 Music Video Of The Decade” oleh Billboard. ‘Blood, Sweat and Tears’ yang dirilis tahun 2016 ini menempati peringkat ke-69.

Bangtan Sonyeondan masuk ke dalam daftar yang dibuat Rolling Stone, “The 50 Most Important Music Moment Of The Decade”. Grup ini menempati peringkat ke-49. Momen mereka saat menghadiri Good Morning America Summer Concert membuat mereka berhasil masuk ke dalam daftar ini. Jon Pareles dalam majalah The New York Times membahas Bangtan Sonyeondan dan kepopuleran mereka yang berhasil menaklukan industri musik Amerika. Dalam daftar “33 Ways to Remember the 2010s”, grup ini menempati peringkat ke-21. Sementara itu NME memasukan album Bangtan Sonyeondan yang akan datang, Map Of The Soul: Shadow sebagai album yang paling ditunggu tahun depan (kala itu).

Masih pada bulan November, BTS menjadi grup K-pop pertama yang memenangkan Favorite Duo or Group – Pop/Rock di American Music Awards 2019, dan Favorite Social Artist selama tiga tahun berturut-turut, sejak tahun 2017 dan 2018.

Pada bulan Desember mereka menghadiri Melon Music Awards dan Mnet Asian Music Awards. Mereka menjadi artis pertama dalam sejarah K-pop yang berhasil menyapu bersih penghargaan utama di kedua acara itu. Masing-masing sebanyak empat penghargaan utama. Di akhir tahun, BTS menempati peringkat lima belas dalam peringkat Billboard akhir tahun Top Artist, dan menjadi grup kedua di belakang Jonas Brothers. Pada 31 Desember, Bangtan Sonyeondan tampil d iacara New York City Times Square untuk ABC Dick Clark New Years Rokcin Eve. Pada Golden Disk Awards ke-34, BTS menjadi artis pertama yang memenangkan penghargaan utama fisik dan digital pada tahun yang sama. Bangtan Sonyeondan menjadi grup paling sukses keempat di Billboard dalam Top Billboard 200 Artist Duo/Group, di belakang Queen,Imagine Dragons, dan The Beatles.

Map Of The Soul: 7

BTS map of the soul: 7

Pada 7 Januari 2020, Big Hit Entertainment mengumumkan BTS akan merilis album studio keempat mereka, Map of the Soul: 7, pada 21 Februari. Lagu pertama dalam album ini dirilis pada 17 Januari. Pada 10 Januari, Bangtan Sonyeondan merilis cuplikan lagu untuk album mereka yang dibawakan oleh Suga, berjudul ‘Interlude: Shadow’. Pada 17 Januari, Bangtan Sonyeondan merilis single berjudul ‘Black Swan’, bersamaan dengan koreografi film seni yang dibawakan oleh Slovenian berdasarkan koreo dari MN Dance Company.

Sedangkan musik video resmi untuk lagu utama mereka akan dirilis pada 28 Februari. Pada 16 Januari, distributor Big Hit, DreamUs melaporkan bahwa 3,42 juta stok pre-order album Bangtan Sonyeondan telah dipesan dalam rentang waktu 9 Januari sampai 15 Januari. Jumlah ini melampaui pre-order album Map of the Soul: Persona yang mencapai jumlah 2.685 juta kopi dalam waktu lima hari.

Pada 21 Januari, Big Hit mengumumkan tur baru bernama “Map of the Soul Tour”. Tur ini menjadi tur dunia BTS yang keempat dan tur stadion yang kedua untuk mereka. Tur ini mempromosikan album Map of the Soul series mereka, termasuk mini album Map of the Soul: Persona dan studio album Map of the Soul: 7.

Pada 23 Januari, The Recording Academy mengumumkan Bangtan Sonyeondan akan menjadi salah satu pengisi acara bersama Lil Nas X, Billy Ray Cyrus, Diplo dan artis lain untuk segmen spesial Grammy Awards yang ke-62. Hal ini membuat Bangtan Sonyeondan menjadi artis korea pertama yang berhasil tampil dalam penghargaan Grammy. ‘Idol’ dan Love Yourself: Answer mendapat sertifikasi platinum dari RIAA, keduanya berhasil terjual sebanyak 1 juta unit di AS. ‘Idol’ menjadi lagu ketiga grup ini yang berhasil meraih sertifikasi Platinum, dan Map of the Soul: Answer menjadi album pertama mereka yang meraih sertifikasi Platinum. Membuat Bangtan Sonyeondan menjadi grup Korea pertama yang berhasil mencapai sertifikasi Platinum dari AS lewat album mereka.

Pada 2 Februari, BTS merilis cuplikan lagu yang kedua untuk album yang akan datang dengan judul ‘Outro: Ego’ yang dibawakan oleh salah satu anggota, J-Hope. Pada 6 Februari, Forbes melaporkan bahwa album Map of the Soul: 7 telah mencapai 4 juta pre-order di seluruh dunia. Dari tanggal 9 Februari sampai 12 Februari, band ini merilis koleksi foto konsep dari empat tema yang berbeda, “menawarkan penggemar wawasan baru tentang apa yang diharapkan dari album,” menurut Matt Moen, Paper Magazine.

Pada 16 Februari, Big Hit mengumumkan album ini memiliki 20 lagu, termasuk lagu yang akan dinyanyikan bersama penyanyi Australia, Sia. Map of the Soul: 7 dirilis bersamaan dengan single utama ‘On’ pada 21 Februari. Album ini debut di top Billboard Hot 200 Amerika dengan penjualan selama seminggu sebanyak 422.000 unit, dengan penjualan murni sebanyak 347.000. Membuat Bangtan Sonyeondan menempati tempat pertama di AS selama 4 kali berturut-turut. Dan membuat mereka menjadi grup tercepat setelah The Beatles yang menempati peringkat pertama selama empat kali kurang dari dua tahun. Album ini juga menjadi album dengan penjualan terbanyak selama seminggu sejauh ini pada tahun 2020, dan menjadi debut grup terbesar di Billboard 200.

‘On’ memulai debutnya di nomor 4 di Billboard Hot 100 dengan 86.000 unduhan. Masuk ke dalam 10 besar lagu BTS dengan menempati tempat ketiga. Dan menjadi minggu penjualan terbesar mereka untuk sebuah lagu. Lagu itu menjadi “Top 5” pertama grup dan single tertinggi di tangga lagu, membuat mereka menjadi artis Korea dengan 10 hit Top terbanyak di Hot 100. Menurut distributor album DreamUs, stok pre-order album mencapai 4,02 juta. Menjadi pemecah rekor, melampaui rekor sebelumnya 2,68 juta dengan Map of the Soul: Persona.

Untuk mendukung serial Map of the Soul, Bangtan Sonyeondan memulai tur konser keempat dunia dan tur stadion kedua mereka, Map of the Soul Tour, mulai 11 April di Seoul, Korea Selatan. Pada 28 Februari 2020, tanggal tur di Seoul dibatalkan karena wabah virus Corona. Big Hit Entertainment mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa “saat ini tidak mungkin untuk memprediksi skala wabah” dan bahwa mereka “harus mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan ratusan ribu penonton serta artis kami”.

Pada bulan April, BTS menjadi artis Korea Selatan pertama yang menjual album lebih dari 20 juta kopi. Hasil ini merupakan gabungan dari seluruh album mereka, dengan penjualan masing-masing sebanyak 1 juta kopi dari 7 album yang berbeda sejak debut mereka. Dengan pencapaian ini, Bangtan Sonyeondan menjadi artis dengan penjualan album terbanyak sepanjang sejarah di Korea Selatan. Map of the Soul: 7 menjadi album pertama yang terjual sebanyak 4 juta kopi di Korea Selatan. Karena ini mereka mendapat sertifikasi Quadruple dari Gaon Chart. Dan membuat Bangtan Sonyeondan menjadi artis pertama yang menerima sertifikasi tersebut.

Pada bulan yang sama, BTS menggelar konser online selama dua hari yang diberi nama “BANG BANG CON”. Konser ini berisi rangkaian pertunjukan mereka pada tahun-tahun sebelumnya dalam akun YouTube mereka. Konser ini berhasil ditonton sebanyak 50,5 juta kali hanya dalam waktu 24 jam saja dan 2,24 juta penonton di seluruh dunia.

Pada bulan Juni, Bangtan Sonyeondan menjadi tajuk utama acara kelulusan online di YouTube, Dear Class of 2020, menampilkan ‘Boy with Luv’, ‘Spring Day’, dan ‘Mikrokosmos’. Grup ini memberikan pidato tentang kelulusan mereka sendiri, memberikan “pesan harapan dan inspirasi untuk kelas 2020 dalam bahasa Korea dan Inggris”. Pada 14 Juni, Bangtan Sonyeondan mengadakan konser live online berdurasi 100 menit, “Bang Bang Con: The Live”, sebagai bagian dari peringatan ke-7 debut mereka. Konser ini merupakan upaya kolaborasi pertama antara Big Hit dan Kiswe, sebuah perusahaan solusi live streaming di AS. Konser ini mengumpulkan 756.000 penonton secara bersamaan di 107 negara dan wilayah. Menetapkan rekor sebagai penonton terbesar untuk konser virtual berbayar.

Pada 19 Juni, BTS merilis lagu Jepang baru, ‘Stay Gold’, dari album versi Jepang mereka, Map of the Soul: 7 ~ The Journey ~. Dirilis di Jepang dan secara digital di seluruh dunia pada 14 Juli. Album debutnya di puncak tangga lagu Oricon Jepang dan terjual lebih dari 500.000 kopi dalam dua hari pertama. Album ini melampaui 564.000 kopi di minggu pertama. Memecahkan rekor 10 tahun yang sebelumnya dipegang oleh album greatest hits TVXQ, Best Selection 2010, untuk penjualan album minggu pertama tertinggi oleh artis asing pria di Jepang. Menjadikannya album tercepat dan terlaris di negara itu untuk tahun 2020.

Dynamite

BTS dynamite

BTS merilis single yang sepenuhnya berbahasa Inggris pertama mereka, ‘Dynamite’, pada 21 Agustus. Video musiknya memecahkan rekor YouTube untuk penayangan perdana yang paling banyak ditonton. Dengan lebih dari tiga juta pemirsa, dan mencatat rekor baru untuk video yang paling banyak ditonton sejak 24 jam rilis. Ini juga menjadi video musik pertama di platform yang melampaui 100 juta views dalam waktu kurang dari satu hari. ‘Dynamite’ memulai debutnya di nomor satu di tangga lagu US Billboard Hot 100 dengan lebih dari 260.000 penjualan murni. Menjadi single dengan penjualan tercepat sejak ‘Look What You Made Me Do’ Taylor Swift (2017). Membawa Bangtan Sonyeondan ke puncak tangga lagu pertama mereka dan menjadikan mereka artis Korea Selatan pertama (artis Asia kedua secara keseluruhan) yang mendapatkan single nomor satu di AS. Itu tetap di posisi teratas untuk minggu kedua berturut-turut, turun ke nomor dua di minggu ketiga dan keempat, dan merebut kembali posisi teratas di minggu kelima di grafik.

Dalam minggu pelacakan kelima, ‘Dynamite’ juga mencapai nomor satu di tangga lagu Global 200 dan Global Excludes US baru Billboard. Menjadi single pertama yang memuncaki keduanya secara bersamaan. Dalam minggu pelacakan keenam, single ini menghabiskan minggu keenam berturut-turut di nomor satu di tangga lagu Digital Song Sales dan naik ke posisi 39 di tangga lagu Radio. Menjadi entri Top 40 pertama mereka di tangga lagu radio AS secara keseluruhan. Ini terus naik dan memuncak di nomor 20, menjadi entri Top 20 pertama mereka di tangga lagu Radio Songs. Single ini memuncak di nomor sembilan di US Mainstream Top 40, juga dikenal sebagai chart Lagu Pop, menjadi entri Top 10 pertama mereka dan entri charting tertinggi oleh artis Korea.

Single ini debut di nomor tiga di UK Singles Chart dan nomor dua di chart single Australia. Menjadi single dengan charting tertinggi di kedua negara. Single ini memuncak di nomor delapan di chart radio Top 40 Kanada, menjadi entri Top 10 radio pertama oleh grup Korea. Pada 31 Agustus, Bangtan Sonyeondan membuat debut MTV Video Music Awards (VMA) dengan penampilan live pertama ‘Dynamite’ dan memenangkan empat penghargaan: Grup Terbaik, Koreografi Terbaik, Video Pop Terbaik, dan K-pop Terbaik (terakhir tiga untuk video musik mereka untuk ‘On’). Mereka membawakan ‘Dynamite’ dan lagu-lagu lama seperti ‘Idol’, ‘Home’, ‘Mikrokosmos’, dan ‘Black Swan’ di The Tonight Show untuk minggu mereka, residensi panjang selama minggu 28 September. Pada 14 Oktober, mereka menampilkan single ini di Billboard Music Awards 2020 dan memenangkan penghargaan Top Social Artist. Menjadi tahun keempat berturut-turut mereka memenangkan penghargaan tersebut.

Hingga tulisan ini dipublikasikan, MV (Music Video) ‘Dynamite’ telah mendekati angka 1 miliar views di YouTube. Tonton di sini.

Pada 2 Oktober, BTS merilis remix dari Jawsh 685 dan single Jason Derulo ‘Savage Love (Laxed – Siren Beat)’. Lagu itu menduduki puncak tangga lagu Billboard Hot 100, menandai entri nomor satu kedua grup ini di AS. ‘Dynamite’ tetap di nomor dua, menjadikan Bangtan Sonyeondan sebagai grup keempat (setelah The Beatles, Bee Gees, dan OutKast) yang secara bersamaan menempati dua tempat teratas di Hot 100. Single ini juga menduduki puncak Billboard Global 200, menjadi entri nomor satu kedua mereka dan menjadikan Bangtan Sonyeondan, artis pertama yang memiliki banyak lagu di puncak tangga lagu global single Billboard yang baru-baru ini dibuat.

Pada 10 dan 11 Oktober, Bangtan Sonyeondan menyelenggarakan konser dua hari bayar-per-tayang virtual, di KSPO Dome di Seoul, yang berjudul Map of the Soul ON: E. Konser ini memecahkan rekor dunia mereka sendiri untuk sebagian besar pemirsa untuk konser virtual berbayar secara live streaming dengan 993.000 penonton dari 191 negara dibandingkan dengan rekor sebelumnya 756.000 penonton.

Baca juga: BTS Ungkap Lagu Mereka Yang Mewakili Setiap Member Raja K-Pop Ini!

Mereka merilis ulang album 2014 Skool Luv Affair pada bulan Oktober. Memulai debutnya di Top 10 tangga lagu Album Rap Billboard dan menjadi entri pertama mereka di tangga lagu genre-spesifik. Dengan 11 lagu yang masuk tangga lagu di tangga lagu World Songs Sales.

BE (Deluxe Edition)

BTS BE

Pada 20 November 2020, album studio Korea kelima Bangtan Sonyeondan berjudul BE (Deluxe Edition) dirilis. Dengan ‘Life Goes On’ sebagai single utamanya. Single ini memulai debutnya di American Music Awards 2020 pada 22 November. Pada 24 November, grup ini diumumkan masuk nominasi untuk kategori Duo Pop/ Penampilan Grup Terbaik di Grammy Awards ke-63 untuk lagu mereka ‘Dynamite’. Menjadikan mereka grup K-pop pertama yang dinominasikan. Pada 30 November 2020, ‘Life Goes On’ memulai debutnya di nomor satu di tangga lagu Billboard Hot 100. Dengan ini, Bangtan Sonyeondan mencapai nomor satu ketiga berturut-turut di Hot 100 hanya dalam tiga bulan. Yang tercepat dari artis mana pun sejak The Beatles pada tahun 1964 yang mencapainya. Dan menjadi grup pertama dalam sejarah tangga lagu yang memiliki dua debut nomor satu. Serta tujuh lagu yang muncul secara bersamaan di chart. ‘Life Goes On’ menjadi lagu pertama yang dibawakan dalam bahasa Korea untuk debut di posisi teratas.

Fakta Terkini

Di bawah ini adalah fakta terkini dari Boyband Korea Selatan BTS, termasuk ketujuh anggota yang ada di dalamnya.

Global Recording Artist of the Year

Pada 4 Maret 2021, IFPI (International Federation of the Phonographic Industry) menobatkan BTS sebagai Global Recording Artist of the Year untuk 2020. Mereka adalah artis non-Inggris dan Asia pertama yang menduduki peringkat teratas. Bangtan Sonyeondan menempati tiga tempat di Global Album Sales Chart tahun 2020 dengan Map of the Soul: 7 berada di nomor satu, Be (Deluxe Edition) di nomor dua dan Map of the Soul: 7 – The Journey di nomor delapan.

Dalam Global Album All Format Chart yang baru diluncurkan, Map of the Soul: 7 menempati posisi pertama, sementara Be (Deluxe Edition) menempati posisi keempat. Bangtan Sonyeondan juga membuat entri pertama mereka di Global Digital Single Chart tahun 2020 dengan ‘Dynamite’ di nomor sepuluh.

Penampilan Grammy Sendiri

Pada 14 Maret, Bangtan Sonyeondan menampilkan lagu mereka ‘Dynamite’ di pesta Grammy Awards ke-63, menjadi nominasi Korea pertama yang memiliki penampilan Grammy mereka sendiri. Itu juga penampilan ketiga mereka di Grammy. Album kompilasi keenam grup yang bergelimang prestasi ini, BTS, the Best dijadwalkan rilis pada 16 Juni 2021.

Fakta BTS Butter

“Butter” adalah lagu yang direkam oleh BTS dan diluncurkan sebagai single digital pada tanggal 21 Mei 2021, via Big Hit Music dan Sony Music Entertainment. Single ini disertai dengan merchandise kaos, pouch, masker, gantungan kunci, cermin, topi, hingga butter cookies yang bisa didapat lewat undian di HYBE Museum.

Dalam pembuatan Butter, BTS mengakui mendapatkan kesulitan. RM menjelaskan bahwa kesulitan terdapat pada bagian menyanyi bahasa inggris. Pembuatan Butter dijelaskan oleh pembuat lagu, berdasarkan referensi lagu tahun 90-an seperti Usher, ‘Rock with me’ dan ‘When I look in mirror. Penggunaan referensi ini didasari saran CEO Columbia Records, Ron Perry.

Lagu ini adalah single berbahasa Inggris kedua dari BTS. Karya musik ini jadi single nomor satu ke-4 mereka di Billboard Hot 100 yang membuatnya setara dengan Aerosmith. Tanggal 21 Juni 2021 menandai lagu ini sudah bertahan 4 pekan di Billboard Hot 100. Atas pencapaian ini, anggota BTS terkejut dan berterima kasih kepada para fans. Oleh karena masuk di Billboard Hot 100, BTS rilis dua remix baru Butter, dan CD khusus lagu tersebut.

Selain kesuksesan di Billboard 100, BTS mendapatkan kesuksesan juga di platform musik lainnya. Pada Oricon Jepang, Butter dari BTS menjadi lagu yang paling banyak diputar setelah perilisannya. Ada pun di spotify, Butter meraih 100 juta stream dalam sepekan. Dalam sepekan perilisannya tersebut, Butter mendapatkan total 85 rekor.

Perilisan lagu Butter tidak hanya menuai pujian, dan kesuksesan, tetapi sukses mendulang kritikan juga. Kritikan didulang berkat kostum yang mereka pakai. Netizen Korea Selatan menganggap kostum tersebut membuat anggota BTS menjadi terlihat tua, sangat jelek, dan tidak sesuai dengan suasana lagunya.

BTS Meal

McDonalds dan BTS berkolaborasi pada Juni 2021 dengan produk limited bertajuk BTS Meal. Isi dari paket tersebut tidak lah wah, hanya nugget dan saus biasa dengan tambahan french fries. Namun, nama besar RM dan kawan-kawan membuat BTS Meal menjadi amat viral.

Saking viralnya membuat antrian mengular. Di Indoensia sendiri sempat menimbulkan kemacetan, dan keributan antara ojol yang akhirnya membuat beberapa gerai McD ditutup sementara. Di Korea Selatan, berdasarkan data seminggu lalu,

BTS Meal telah terjual lebih dari 1,2 juta paket. Selain berita heboh tersebut, terdapat fakta lain yang menarik perihal kolaborasi McD dan BTS ini, seperti bungkus yang dijual kembali dengan harga lebih mahal, nugget BTS yang dijual seharga 500 ribuan, hingga bungkus yang didaur ulang menjadi bikini.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Editor SEO: Rinaldi Syahran

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Enhypen boygroup

    ENHYPEN Siap Comeback Oktober Via Album "DIMENSION : DILEMMA"

    Foto: dok. BE:LIFT. ENHYPEN adalah boyband pertama yang diciptakan oleh BELIFT LAB. Mereka beranggotakan JUNGWON, HEESEUNG, JAY, JAKE, SUNGHOON, SUNOO, dan

    on Sep 20, 2021
    Coldplay

    Coldplay x BTS Umumkan Collab Single Mereka 'My Universe'

    BTS x Coldplay (Foto: James Marcus Haney x Heo Jae Young x Kim So Jung). Coldplay dan BTS berkolaborasi untuk proyek single baru yang berjudul 'My Universe'

    on Sep 14, 2021
    Lalisa

    Lisa BLACKPINK Luncurkan 2 Lagu Solonya, 'Lalisa' Dan 'Money'

    Lisa BLACKPINK (Foto: YG Entertainment). Anggota ketiga dari girl group K-Pop BLACKPINK, Lisa, akhirnya merilis album single solo debutnya. Album ini diril

    on Sep 10, 2021
    Produser K-Pop Jenius

    Produser K-Pop Jenius Yang Menghasilkan Segudang Lagu Hits

    Produser K-pop. Yup, orang di balik layar inilah 'mastermind' kesuksesan seorang penyanyi atau sebuah grup K-pop. Produksi musik adalah proses yang sangat

    on Sep 8, 2021