×
×

Search in Mata Mata Musik

Sang Frontman, Burton C. Bell Resmi Mengundurkan Diri Dari Fear Factory!

Posted on: 09/29/20 at 11:00 am

Sang Frontman, Burton C. Bell Resmi Mengundurkan Diri Dari Fear Factory!
Burton C Bell. (Foto: Kevin Estrada).

Kabar buruk datang dari scene metal internasional. Tentu saja kabar ini bakal mengecewakan sebagian besar fans die-hard band veteran industrial metal yang dibentuk di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS), 1989 silam ini. Fear Factory terhitung per hari Senin, 28 September resmi ditinggal pergi oleh sang frontman, vokalis dan salah satu pendiri band, Burton C. Bell. Dalam surat terbuka yang doi posting di situs web resminya (burtoncbell.com), Burton C. Bell menyebutkan sejumlah keluhan yang menggiring doi kepada keputusan finalnya.

Keputusan hengkangnya Burton C. Bell terjadi beberapa minggu setelah Fear Factory meluncurkan kampanye GoFundMe untuk mendukung pendanaan rekaman album baru mereka. Upaya penggalangan dana ini tampaknya diinisiasi oleh gitaris Dino Cazares, namun di satu sisi Burton C. Bell bersikeras menyatakan, “Biar gue perjelas: Gue bukan bagian dari ini, dan gue juga nggak mendapat manfaat dari ini, kampanye GoFundMe mana pun”.

Perselisihan itu muncul setelah pertarungan hukum yang panjang antara Burton C. Bell dan dua mantan anggota Fear Factory, bassis Christian Olde Wolbers dan dramer Raymond Herrera yang memperebutkan hak nama Fear Factory. Seperti yang ditunjukkan Burton C. Bell dalam suratnya, perselisihan hukum dan perkembangan terkini dalam band membuatnya menjauh dari band yang sukses melebur menjadi satu genre industrial, death metal dan groove-metal ini.

Ok mari kita simak surat terbuka dari Burton C. Bell di bawah ini:

“DENGAN KATA-KATA GUE SENDIRI

Gue menganggap diri gue sebagai seorang yang privat, lebih suka menyimpan urusan pribadi gue untuk diri gue sendiri dan mempercayai orang yang gue sukai. Namun, gue membuat pernyataan publik gue dengan niat yang bijaksana, nggak pernah menyimpang dari kebenaran, terlepas dari serangkaian pernyataan nggak jujur yang konsisten dan tuduhan nggak berdasar dari para anggota band yang dulu dan sekarang; serangkaian drama “toxic” yang konsisten dari representasi yang nggak jujur dan tuduhan nggak berdasar dari para anggota band yang dulu dan sekarang yang gue pilih untuk nggak menjadi bagian dari band ini lagi.

Beberapa tahun terakhir ini sangat menyakitkan, para anggota band ini bikin darah gue mendidih dengan penipuan bejatnya. Sebagai konsekuensi langsung dari keserakahan mereka, ketiganya telah menyeret gue melalui sistem peradilan yang nggak adil, mengakibatkan gesekan hukum yang secara finansial melumpuhkan gue. Akhirnya, ketiga anggota band ini telah mengambil alih mata pencaharian utama gue. Namun, mereka nggak akan pernah menganggap warisan selama 30 tahun gue sebagai detak jantung mesin ini. Warisan yang nggak bisa diklaim oleh anggota lain, dulu atau sekarang.

Jadi, setelah pencarian jiwa kontemplatif yang cukup banyak, gue sampai pada kesadaran bahwa gue nggak bisa menyesuaikan diri dengan orang-orang yang nggak gue bisa percayai, atau hormati. Oleh karena itu, gue mengumumkan kepergian gue dari Fear Factory kepada penggemar gue, untuk memfokuskan semua energi dan perhatian gue menuju kesuksesan yang berkelanjutan untuk Ascension of the Watchers (band Burton C. Bell -Ed.), dan semua usaha gue di masa mendatang.

Gue sangat bangga dengan album terbaru Ascension of the Watchers, APOCRYPHA. Proses penulisan dan rekaman untuk APOCRYPHA telah menjadi perjalanan eksplorasi dan pertumbuhan yang artistik dan katarsis bagi gue. Menyalakan kembali gairah gue untuk menulis, membiarkan musik gue berkembang, memungkinkan jiwa gue melambung, menyelamatkan gue dari neraka nyata yang menyelimuti bagian penting dari kehidupan sehari-hari gue. Berkolaborasi dengan semangat dan bakat yang sama benar-benar telah menciptakan lingkungan yang penuh inspirasi yang mendukung dan saling menghormati, semangat yang telah lama gue rindukan.

Gue ingin berterima kasih kepada semua penggemar gue atas dukungan mereka yang berkelanjutan sepanjang karier gue. Gue sangat bangga dengan pencapaian gue, tetapi, inilah saatnya bagi gue untuk maju. Sekarang gue melihat ke masa depan dengan mata terbuka, pikiran terbuka dan hati terbuka, karena jalur artistik gue berjuang untuk kesuksesan yang lebih besar dalam musik, menulis, dan seni gue. Memang benar, “akhir selalu merupakan awal”. Jiwa ini telah bebas dari mesin ini. – Burton C. Bell ”.

Fear Factory telah merilis sembilan album studio hingga saat ini, dengan album terlaris mereka, Obsolete yang bersertifikat Gold pada 1998. Burton C. Bell dilaporkan telah merekam vokal untuk album Fear Factory yang akan datang, judul tentatifnya, Monolith dan telah dikerjakan selama beberapa tahun terakhir ini. Band ini sebelumnya sempat bubar sebentar pada 2002 dan bersatu kembali pada tahun berikutnya, dan absen pada 2006 sebelum kembali bersama lagi pada 2009. Kita lihat saja nanti, apakah Fear Factory akan tetap merilis album terbarunya itu dengan vokal Burton C. Bell. Waktu yang akan menjawab.

Setelah Burton C. Bell resmi keluar, Dino Cazares dan dramer Mike Heller adalah dua anggota permanen Fear Factory yang tersisa. Seperti yang disebutkan Burton C. Bell dalam surat terbuka tersebut, doi sekarang akan mengalihkan fokusnya ke Ascension of the Watchers. Nih, lo simak saja video musik lagu ‘Ghost Heart’ dari album APOCRYPHA di bawah ini.

Sebagai penggemar berat Fear Factory, gue sedih mendengar berita ini. Ya wes, mari mengenang masa indah Burton C. Bell bersama Fear Factory dengan mendengarkan beberapa lagu terbaiknya dari era death metal album Soul of a New Machine hingga yang terakhir Genexus.

Penulis, penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Arsebreed

Rilis Album Baru, Arsebreed Memilih Label Indonesia Ketimbang Label To...

Arsebreed. (Foto: Brutal Mind). Bendera IDDM (Indonesian Death Metal) telah berkibar di Belanda, negara yang memiliki ikatan kuat secara historis dengan Ind

on Oct 13, 2020
Vox Mortis

Vox Mortis Paparkan Kekejaman Manusia Terhadap Hewan Via MV ‘Primata...

Vox Mortis. (Foto: Bastart Photography). Manusia sebagai makhluk yang dibekali akal pikiran, nggak lantas membuatnya lebih tinggi derajatnya dibanding makhl

on Oct 11, 2020
Deeds Of Flesh

Ikon Brutal Death Deeds Of Flesh Bangkit Dengan Album Baru Yang Penuh ...

Formasi anyar Deeds Of Flesh plus alm. Erik Lindmark. Jawara brutal death metal kelahiran Los Osos, California, Amerika Serikat (AS), Deeds Of Flesh akhirny

on Sep 29, 2020
Patrick Mameli (Pestilence)

Patrick Mameli (Pestilence) "Jerinx" Versi Death Metal Tolak Konspiras...

Patrick Mameli, mastermind Pestilence. (Foto: The Moshville Times). Patrick Mameli, vokalis merangkap gitaris Pestilence belum lama ini ngobrol bareng Heavy

on Sep 14, 2020