×
×

Search in Mata Mata Musik

Cady Groves: Penyanyi Berbakat Yang Meninggal Terlalu Muda

Posted on: 05/5/20 at 10:30 am

Cady Groves.
Cady Groves. (Foto: dok. Cady Groves).

Penyanyi pop-country muda Cady Groves meninggal dunia. Cady ditemukan sudah tidak bernyawa oleh teman sekamarnya di Nashville, Tennessee pada Sabtu (2/5/2020) sore.

Kepolisian Nashville mengonfirmasi kematiannya dan mengatakan bahwa tidak ada yang dicurigai dari kematiannya. Saudara laki-lakinya, Cody Groves, juga membagikan kabar itu lewat Twitter. Cody percaya saudaranya itu meninggal karena penyebab alami.

Cady adalah salah satu dari tiga bersaudara dalam keluarga Groves yang meninggal dunia di usia muda.

“Cady Groves telah pergi meninggalkan dunia. Informasi rinci terbatas saat ini tapi keluarga mencoba untuk membagi informasi terbaru. Istirahatlah dalam damai adikku. Semoga kamu berkumpul dengan @kellydgroves dan Casey,” tulisnya di akun @Codywaynegroves.

Cody juga mengatakan bahwa autopsi juga dilakukan dan tidak ada indikasi adanya hal mencurigakan dari kematian saudarinya.

“Dia memiliki beberapa masalah kesehatan pada musim gugur lalu dan kami menduga saat ini hingga pengujian lebih lanjut selesai,” ujarnya.

Cady Groves yang lahir 30 Juli 1989 di Oklahoma merupakan anak termuda dari tujuh bersaudara yang bermimpi menjadi penyanyi. Kecintaannya pada musik lahir dari menonton ayahnya yang bermain dram saat dia masih kecil.

Sampai sejauh ini penyebab kematiannya masih menjadi misteri.

Berita kematian Cady Groves di usia 30 tahun ini telah menghancurkan siapa pun yang mengikuti perjalanan penyanyi-penulis lagu ini sejak awal kariernya di tahun 2009. Setelah awalnya mengukir peluangnya sendiri dalam lanskap musik pop dengan selera humor yang gelap nan sarkastik serta pemahaman tajamnya tentang melodi yang terdengar “pasaran” bagi stasiun radio, penduduk asli Oklahoma, Amerika Serikat (AS) ini lantas berkembang pesat sebagai penulis lagu dan merilis serangkaian single yang mengesankan dan EP tahun 2015 yang sangat apik berjudul Dreams.

Cady Groves harus berjuang untuk karier musiknya setelah melewati masa kecil yang bermasalah, dia berhasil menggapai mimpinya saat tanda tangan kontrak dengan RCA Records walau beberapa tahun kemudian harus berakhir setelah label besar itu membatalkan kontraknya. Namun karena keuletan Cady Groves, para penggemarnya terbantu untuk terus terhubung dengan musik dan segala informasi tentang penyanyi ini.

Meskipun EP Dreams hingga kini adalah rilisan resmi terakhirnya, menurut pernyataan dari labelnya, Vel Records, Cady Groves masih aktif mengerjakan musik dan telah menyiapkan EP baru untuk rilis musim panas mendatang.

“Aku tidak ingin melakukan hal lain,” ujar Cady Groves tentang keinginannya untuk membuat musik kepada Billboard dalam sebuah fitur pada 2014 setelah meninggalkan RCA Records. “Setidaknya hal ini telah mengambil langkah lain menuju apa yang aku inginkan daripada menyerah. Aku akan mencoba lagi”.

Diskografi Cady Groves dipenuhi oleh berbagai lagu apik, lima lagu ini adalah yang paling sesuai dengan ide dan kepribadian yang disalurkan oleh penyanyi ini ke dalam karyanya. Silakan kunjungi kembali lima video lagu terbaik Cady Groves di bawah ini.

‘This Little Girl’ (2011)

Terobosan awal karier Cady Groves dihasilkan dari penandatanganannya dengan RCA Records, pindah ke California, AS, dan menjadi terlibat secara romantis dengan seorang produser, dan telat mengetahui bahwa produser itu telah menikah. ‘This Little Girl’ mengekspresikan rasa amarah yang sama membaranya dengan lagu Carrie Underwood, ‘Before He Cheats’, meskipun Cady Groves cukup marah untuk membayangkan lebih dari hanya sekadar menggores mobil sang perusak hatinya: “This little girl is capable of murder, ‘cause you hurt her,” lantun Cady Groves pada bagian chorus.

‘Love Actually’ (2012)

Pada masa musik mainstream dipenuhi oleh artis-artis seperti Kelly Clarkson, Katy Perry dan Taylor Swift kerap membawakan aksi chorus yang memukau, Cady Groves menyodorkan gebrakan kerasnya tersendiri dengan lagu ‘Love Actually’, sebuah performa pop yang maksimalis. Diproduksi oleh produser Swedia Kristian Lundin (*NSYNC, Celine Dion), sebuah kisah romansa yang klasik memancarkan energinya pada bagian chorus, dan kemudian suasananya meningkat menjadi momen bernyanyi bersama yang megah.

‘Forget You’ (2013)

Cady Groves melanjutkan ‘Love Actually’ dengan single ‘Forget You’, yang mengikuti formula yang sama seperti pendahulunya tetapi ditambah metode penulisan lagu yang lebih matang. Euforia romansanya terasa sama pada bagian refrain, tetapi detail dari bagian verse di sini (“This is our bedtime story that we’re gonna tell our kids/ And I’ll watch you fall asleep, while holdin’ all three, but until then/ I won’t forget you,” lantun Cady Groves) terbukti lebih mengena dan bahkan menyentuh.

‘Crying Game’ (2015)

‘Crying Game’ adalah kisah yang menyakitkan, dan metode penceritaan yang sempurna: Dengan kejujuran yang sangat tulus, Cady Groves menulis cerita tentang kedua kakak laki-lakinya yang meninggal, mengunjungi ayahnya di penjara, dan hubungan tidak terduga yang dia bentuk dengan anggota keluarganya yang tersisa sebagai hasil dari semua kemalangan itu. Pesan dari lagu country-pop itu adalah “Life is fragile and can slip away/ And let me tell you when it does it’s such a shame“.

‘Oil and Water’ (2015)

Lagu ini melambangkan puncak dari pembangunan dunia pribadi Cady Groves dalam penulisan lagunya, sebuah kisah yang dibuat dengan hati-hati tentang seorang pria dan wanita yang saling menyukai bahkan ketika mereka masing-masing dengan gelisah berusaha menjauh. Dengan pola dram yang lebih cadas, aransemen pianonya yang halus dan terutama harmoni yang bergema di sebelum menginjak bagian chorus, ‘Oil and Water’ menunjukkan pertumbuhan karakter Cady Groves sebagai seorang artis selama periode waktu yang padat, lagu ini bisa dibilang sebagai lagu tersukses dalam kariernya, dan menutup EP terakhirnya dengan sorakan kemenangan.

Selamat jalan, istirahatlah dengan tenang, dan terima kasih.. Cady Groves.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Titi Radjo Padmaja

    Titi Radjo Padmaja Ajak Merenung Di Single Aduhai 'Leave And Goodbye'

    Titi Radjo Padmaja sebenarnya bukan nama asing di blantika musik Indonesia. Doi tidak lain adalah artis yang sebelumnya dikenal sebagai Titi Rajo Bintang.

    on Jul 23, 2021
    Egha De Latoya

    Egha De Latoya Kembali Bikin Mewek Via Single 'Jatuh Cinta Sendiri'

    Egha De Latoya, tentu namanya tidak asing di telinga pecinta musik Indonesia. Masih ingat lagu 'Sembunyikan Aku' di tahun 2019? Nuansanya mengingatkan ke m

    on Jul 19, 2021
    Wawancara Silver Bells

    Silver Bells: Wawancara Tentang Debut Girlgroup, Musik, Visi & Misi

    Silver Bells telah resmi debut sebagai girlgroup Indonesia dengan single berjudul 'Cinta Yang Baru', tepat hari ini, Jum’at, 16 Juli 2021 pukul 14:0

    on Jul 16, 2021
    Lyodra

    Lyodra Rilis MV Single 'Kalau Bosan' Bareng Album Perdananya!

    Foto: dok. Universal Music Indonesia. Lyodra kembali menyapa penggemarnya dengan membawa kabar gembira! Penyanyi cantik bernama lengkap Lyodra Margaretha Gi

    on Jul 15, 2021