×
×

Search in Mata Mata Musik

Camila Cabello Terlalu Gencar Promosi Musik?

Posted on: 10/10/19 at 5:13 pm

Dengan lima single yang saat ini sedang dipromosikan secara bersamaan, Cabello menjajal sesuatu yang berhasil dilakukan oleh hanya segelintir orang di dunia pop.

Baca juga: Shawn Mendes & Camila Cabello Kolaborasi di “Señorita”

Kebanyakan musisi merilis satu single pada waktu tertentu dan berusaha keras mendorongnya ke puncak tangga lagu. Beberapa artis cukup populer sampai bisa mempromosikan dua lagu secara bersamaan, tapi sulit membesarkan lebih dari dua lagu sekaligus, dan sangat jarang ada satu nama yang menempati beberapa posisi dalam peringkat 40 teratas di tangga lagu mana pun. 

Bintang pop Camila Cabello tampaknya ingin melawan kemustahilan itu lewat serangkaian rilisan barunya, yang semuanya memengaruhi radio dan publik hampir secara bersamaan. 

Beberapa di antaranya adalah single-nya sendiri, sementara lainnya adalah kolaborasi dengan rekan sesama musisi. Tapi terlepas dari apakah dia cukup mempromosikan lagu-lagu itu atau tidak, tidak bisa dipungkiri kalau waktu peluncurannya agak menyulitkan.

Tidak peduli seberapa besar seorang bintang, terkadang merilis terlalu banyak musik justru bisa menjadi bumerang karena hal itu memecah audiens mereka, dan pemrogram radio maupun pembuat playlist tidak tahu harus fokus ke mana.

Memberi jeda antara satu single besar ke single lainnya memberikan masing-masing single waktu untuk bersinar dan mendapat perhatian, dan mengetahui kapan harus meluncurkan lagu lainnya atau terus mempromosikan lagu yang ada adalah seninya.

Dengan lima single yang saat ini sedang dipromosikan, Cabello menjajal sesuatu yang berhasil dilakukan oleh hanya segelintir orang di dunia pop. Mungkin saja dia punya terlalu banyak musik yang dihadirkan sekaligus. Atau mungkin juga, dalam beberapa minggu ke depan dia bisa membuktikan kalau taktiknya bisa berhasil, terlepas dari kesulitan yang menghadang.

Berikut adalah kelima single Cabello yang saat ini dipromosikan di seluruh dunia.

“Cry for Me”

Jumat lalu (4/10), Cabello memberikan cuplikan lainnya dari albumnya yang akan datang, Romance, dengan single baru “Cry for Me.” Kali ini, ada secuil nuansa rock di lagu ini, yang membuat segalanya menjadi menarik.

“Cry for Me” belum keluar cukup lama untuk masuk tangga lagu, meskipun kemungkinan akan muncul di peringkat di seluruh dunia dalam satu atau dua minggu mendatang, termasuk Hot 100 di Amerika Serikat.

“Liar” and “Shameless”

Cabello menghadiahi fans-nya dengan “Cry for Me” kurang dari sebulan setelah dia melepas dua single pertama dari Romance, yang tiba pada waktu yang sama. “Liar” dan “Shameless” mendarat pada 5 September, dan sejak itu, keduanya menunjukkan performa yang…lumayan. Mengeluarkan dua lagu pada saat yang sama adalah strategi promosi yang berisiko, dan ini adalah salah satu yang mungkin tidak semulus yang diharapkan Cabello dan timnya, karena tidak satu pun dari lagu ini yang masuk ke Top 40 di AS.

“South of the Border”

Meskipun ini secara teknis bukan single-nya (melainkan milik Ed Sheeran), Cabello muncul di “South of the Border,” dan dia pun sudah mulai mempromosikan lagu yang diambil dari album baru Sheeran ini, No.6 Collaborations Project. Sekarang, “South of the Border” sudah memasuki Top 40 di Inggris, dan dengan sedikit keberuntungan, lagu ini akan segera menembus tangga lagu di AS juga. Perpaduan yang kuat dari Sheeran, Cabello dan Cardi B yang juga muncul di lagu harusnya cukup untuk menarik perhatian dan menjadikan lagu ini setidaknya cukup populer.

“Senorita”

Dengan semua musik baru yang disebutkan di atas yang baru saja keluar sekitar sebulan yang lalu, mudah melupakan kalau Cabello saat ini duduk di No. 2 daftar Hot 100 dengan rilisan sebelumnya, “Senorita,” yang merupakan kolaborasinya dengan sang pacar, Shawn Mendes. Lagu ini hanya menghabiskan satu minggu di puncak Hot 100, tapi belum turun jauh, dan secara teori bisa merebut kembali peringkat No. 1 dalam beberapa minggu mendatang jika Lizzo mau mengalah.

Baca juga: Monsta X Mencari Cinta di Single “Someone’s Someone”

Keterangan Foto Utama: Camila Cabello menghadiri iHeartRadio Music Festival 2019 di T-Mobile Arena, Las Vegas pada 20 September 2019. (Foto: JB Lacroix/WireImage)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Faith, Kolaborasi Tuan Tigabelas feat SailorMoney Rilis

Tuan Tigabelas feat SailorMoney Rilis Single Faith

Scene rap Indonesia kembali dimeriahkan oleh rapper kawakan nusantara, Tuan Tigabelas (Dio Prasetyo). Comeback terbaru dari musisi yang diidolakan oleh NinjaTe

on Oct 18, 2019
BTS

BTS dan Lauv Daratkan Remix “Make It Right”!

“Make It Right” awalnya muncul sebagai lagu sisi B album BTS, Map of the Soul: Persona, yang keluar April lalu. BTS baru saja merilis kolaborasi terbaru

on Oct 18, 2019
Selena Gomez

Selena Gomez Akhirnya Konfirmasi Musik Baru di Media Sosial

Dugaan Selenator ternyata benar. Foto masa kecil yang diposting Selena Gomez hari Rabu kemarin dengan keterangan yang seperti lirik lagu sebenarnya adalah ‘t

on Oct 18, 2019
Maroon 5

Gitaris Maroon 5: “Memories” tentang Sesuatu yang Lebih Besar

Gitaris Maroon 5 James Valentine curhat tentang putus kuliah, bertemu Adam Levine pertama kalinya, dan single terbaru band “Memories.” Baca juga: Maroon

on Oct 17, 2019