×
×

Search in Mata Mata Musik

Cara 15 Grup K-Pop Paling Populer Menentukan Nama Fandom Mereka

Posted on: 09/8/20 at 8:00 am

Cara 15 Grup K-Pop Paling Populer Menentukan Nama Fandom Mereka

Fandom atau fanbase adalah kumpulan/basis penggemar/fans. Tiap artis atau grup memiliki fandom dengan namanya masing-masing. Dan beberapa di antara grup K-pop di bawah ini memiliki nama fandom yang sangat imut. Ok inilah 15 grup K-pop yang menjelaskan cara menentukan nama fanbase mereka.

Baca juga: 4 Rahasia Besar Dalam Industri K-Pop Yang Ditelanj

1. Wanna One = Wannable

Wanna One

Wannable adalah kombinasi nama yang menggabungkan dua kata “Wanna One” dan “Able” dan jika digabung artinya menjadi “dapat mencapai semuanya bersama-sama”.

2. BTS = A.R.M.Y.

BTS

A.R.M.Y. adalah singkatan dari “Adorable Representative M.C for Youth”. Nama ini penting karena BTS dan fansnya akan selalu berjalan seiringan sebagai pelindung tubuh (bangtanbok). Selain itu, para fans adalah “army” alias “tentara” yang terus setia memperjuangkan BTS.

3. Red Velvet = Reveluv

Red Velvet

Istilah Reveluv berasal dari masa lalu saat “level up” adalah salah satu slogan grup idol cewek ini dalam lagu mereka ‘One of These Nights’. Ini juga merupakan permainan kata karena terdengar sangat mirip dengan “level up”, yang merupakan nama dari dua program reality show mereka, selain itu juga mewakili “Revel (nama panggilan Red Velvet)” dan “love”. Fandom ini sering disebut dengan “Luvies”.

4. EXO = EXO-L

EXO

EXO-L muncul karena “L” berada di antara huruf “K” dan “M” untuk sub-unit awal mereka, yakni EXO-K dan EXO-M. L juga merupakan huruf ke-12 dari alfabet dan EXO memiliki 12 anggota. Selain itu, L singkatan dari “love” yang berhubungan dengan nyanyian dalam lagu EXO ‘let’s love’.

Baca juga: 7 Boyband K-Pop Terkocak Yang Dijamin Bikin Lo Terhibur Walau Lo Bukan Fans

5. BIGBANG = V.I.P

BIGBANG

Fandom BIGBANG dinamai VIP karena mereka adalah “orang-orang yang sangat penting” bagi boyband ini.

6. 2NE1 = Blackjack

2NE1

Blackjack sepertinya nama fandom yang sempurna untuk 2NE1 karena mendapatkan 21 poin adalah tujuan permainan kartu Blackjack.

7. TWICE = ONCE

TWICE

Fandom TWICE dinamai ONCE karena kalau lo mencintai grup ini “sekali” alias “once”, mereka akan membalas cinta lo sebanyak “dua kali” alias “twice”!

8. GOT7 = iGOT7

GOT7

iGOT7 (dibaca = I Got Seven) artinya fans sudah mendapatkan GOT7. Fans nggak hanya akan menerima cinta dari grup ini, tetapi mereka juga akan mendapatkan keberuntungan karena 7 adalah angka keberuntungan. Biasanya disebut dengan “AhGaSe” dalam bahasa Korea yang berarti “bayi burung”. Lightstick mereka berbentuk seperti burung karena alasan ini. Bukan “burung”-nya kaum Adam ‘kan? hahaha.

9. BLACKPINK = BLINK

Simpel. BLINK adalah kombinasi dari “BLACK” dan “PINK”.

10. Girls’ Generation = SONE

SONE (dilafalkan “So One” alias Sowan yang juga berarti “keinginan” dalam bahasa Korea) dan sehingga berarti Girls’ Generation (“S” untuk SNSD, nama lain mereka) dan fans mereka akan menjadi satu (“ONE”) selamanya.

11. SHINee = SHINee World (Shawol)

Shawol merupakan gabungan dua kata, yakni “SHINee” dan “world”, yang juga merupakan nama album pertama mereka sekaligus konser pertama mereka.

12. Super Junior = E.L.F

Simpel juga nih. E.L.F adalah singkatan dari “everlasting friends”.

13. NCT = NCTzen

NCTzen artinya semua fans adalah warga NCT yang terdengar seperti “N City”. Fandom mereka sering disebut “Ci-Zenie”.

14. (G)I-DLE = Neverland

Fans (G) I-DLE dikenal dengan Neverland karena mereka merasa akan tetap bersama fans selamanya dan nggak berubah.

“Neverland adalah tempat imajinasi dalam dongeng Peter Pan di mana orang nggak berubah tua dan hidup selamanya sebagai anak-anak. Sama seperti artis yang hidup bersama dengan penggemarnya, (G) I-DLE akan hidup bersama dengan Neverland dan tetap selamanya sebagai (G) I-DLE. Artinya adalah kami akan bersama fans kami untuk waktu yang lama dan nggak berubah,” ungkap (G) I-DLE.

15. Mamamoo = MooMoos

Dinamai MooMoos dengan tepat, fans bahkan membawa Moo yang sebenarnya (“radish” alias lobak dalam bahasa Korea), untuk mendukung grup ini sebelum merilis lightstick resmi mereka. Dan sekarang lightstick resmi mereka bahkan terlihat seperti lobak! Haha.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

KAACHI

Single Comeback Pertama KAACHI, 'Photo Magic' Sambut Perayaan Hallowee...

KAACHI. (Foto: Frontrow Records). Banyak yang menilai popularitas KAACHI lebih banyak didorong oleh kontroversi yang dihasilkannya ketimbang prestasi dari k

on Sep 23, 2020
Reputasi Anggota Girlband K-pop

Inilah Peringkat Reputasi Brand Anggota Girlband K-Pop Bulan September...

Peringkat reputasi brand anggota girlband K-Pop bulan September 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand al

on Sep 22, 2020
Reputasi Anggota Boyband K-Pop

Inilah Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan September ...

Peringkat reputasi brand anggota boyband K-Pop bulan September 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand ali

on Sep 22, 2020
Oli London

Jimin BTS & Kim Kardashian "KW" Bersatu Dalam MV 'Trouble B*tch'-nya O...

Oli dan Chaly dalam video musik 'Trouble B*tch'. Bintang K-pop Inggris, Oli London, yang cepat terkenal karena menghabiskan US$ 150.000 (sekitar Rp 2,2 mili

on Sep 18, 2020