×
×

Search in Mata Mata Musik

Cara Alternatif Tetap Produktif Untuk Musisi Lokal Di Tengah Pembatasan Sosial

Posted on: 04/9/20 at 10:30 am

Barasuara #BikinNyataDiRumah.
Barasuara, salah satu band inisiator patungan online untuk melawan wabah virus Corona.

Sudah lebih dari tiga pekan rasanya masyarakat mengikuti imbauan pemerintah untuk #dirumahaja karena virus corona. Perkembangan terkini, sejumlah daerah malah sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai pekan ini.

Imbasnya, para pekerja yang bidang usahanya tercantum dalam peraturan PSBB harus bekerja dari rumah alias #workfromhome (WFH). Sementara sebagian besar pekerja informal justru kehilangan pendapatan mereka karena banyaknya proyek yang ditunda atau malah dibatalkan. Tak terkecuali para musisi dan pelaku industrinya.

Di Indonesia sendiri acara-acara musik berskala besar turut kena imbas virus corona. Dari Head In The Clouds, Hammersonic Festival, konser tunggal One OK Rock, Babymetal, hingga yang baru saja mengumumkan penundaannya: Konser Tunggal Raisa di Gelora Bung Karno (GBK). Belum lagi deretan job manggung yang mau tak mau harus kosong melompong sampai waktu yang belum ditentukan.

Di tengah kondisi sulit ini, Kolase.com, platform patungan online untuk industri kreatif menginisiasi sebuah gerakan #BikinNyatadiRumah dengan cara patungan online mendukung apapun proyek yang sedang dikerjakan musisi dan pelaku seni lainnya.

Baca juga: Duet Virtual Dian Sastro dan Yura Yunita Hibur Netizen Di Tengah Wabah Corona

Melalui #BikinNyatadiRumah penggemar dan penikmat musik pada umumnya bisa tetap mendukung industri musik meski hanya di rumah saja. Bahkan, bisa dimulai dari gadget masing-masing.

Sejumlah musisi Indonesia yang sudah berpartisipasi dalam gerakan ini di antaranya ada Barasuara, The Rain, Mocca, Kunto Aji, Rocket Rockers, Angsa & Serigala, Noxa, Zeke & The Popo, Goodnight Electric, Gugun Blues Shelter, hingga 66 musisi Bogor yang menginisiasi Konser Karantina Bogor.

Bahkan, dalam tiga pekan terakhir justru sudah ada beberapa band yang tercatat sukses patungan online dengan mencapai angka 100% terdanai.
Dengan begitu musisi justru menemukan cara alternatif agar mereka tetap produktif di masa pandemi ini.

Nggak hanya itu, gerakan #BikinNyatadiRumah besutan Kolase.com juga sukses menggalang dana yang akan disalurkan untuk membantu para tenaga medis dalam melawan virus corona.

Sebut saja Barasuara yang membuka patungan online di Kolase.com dengan tajuk #LindungiParaPejuang untuk para staf medis yang berjuang memerangi Covid-19. Proyek patungan online ini mencapai angka 100% dalam waktu empat jam saja pada Senin, 23 Maret lalu. Iga Massardi cs pun telah menyalurkan bantuan tersebut dan diposting di instagram @barasuara kemarin (7/4).

Sementara itu, band Elephant Kind melalui label rekaman mereka, Cubs Club Entertainment juga tak membutuhkan waktu lama #BikinNyatadiRumah lewat Kolase.com. Total hanya dua hari dibutuhkan Elephant Kind untuk mencapai angka 100% patungan online merchandise eksklusif #HumanKind untuk membantu penyediaan APD bagi tenaga medis.

Elephant Kind. (Foto: Kolase.com).
Elephant Kind. (Foto: Kolase.com).

Lalu, band pop rock asal Yogyakarta, The Rain seminggu yang lalu ini memperoleh penggalangan dana 100% dari patungan online di Kolase.com untuk membantu penyediaan APD (Alat Pelindung Diri) bagi tenaga medis di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Dengan patungan online bertajuk #jabateratdarirumah The Rain sukses mengumpulkan dana hingga Rp 15 juta dan dana ini akan disalurkan langsung oleh Kolase.com ke pihak RSCM di pertengahan bulan April nanti.

The Rain. (Foto: Kolase.com).
The Rain. (Foto: Kolase.com).

Meski nyaris mencapai angka 100%, band pop retro Mocca juga sukses menggalang dana hingga lebih dari Rp 30 juta juga untuk para tenaga medis Indonesia. Arina (vokal), Riko (gitar), Toma (bass), dan Indra (dram) membuka patungan online dengan merilis kembali merchandise edisi terbatas mereka dari single ‘Semoga’, yang seluruh keuntungannya akan disalurkan kepada teman-teman di Gudskul untuk memproduksi Face Shield.

Mocca. (Foto: Kolase.com).
Mocca. (Foto: Kolase.com).

Tak Hanya Untuk Donasi APD

Berbagai gerakan #BikinNyatadiRumah tak melulu dikerjakan untuk tujuan donasi ke para tenaga medis. Sejumlah musisi yang proyeknya juga terhambat karena Covid-19 pun turut berpartisipasi patungan online di Kolase.com.

Goodnight Electric misalnya, mampu produktif dengan hanya membuka patungan online merchandise dari single terbaru mereka ‘Dopamin’, juga mencapai angka 100% hanya dalam waktu beberapa jam saja. Patungan bertajuk #MinusDopamin ini selesai dalam satu hari saja pada Rabu, 25 Maret lalu.

Gugun Blue Shelter (GBS) yang pada tahun ini merayakan 10 tahun album self titled mereka justru membuka patungan untuk merchandise edisi terbatas ulang tahun ke-10 GBS sejak Minggu, 22 Maret kemarin.

Baca juga: Lady Gaga dan WHO Menggelar Konser Amal Virtual Tampilkan Banyak Artis Top Dunia

“Bekerja sama dengan Kolase awalnya ingin membuat sebuah show tanpa harus menunggu adanya sponsor yang besar. Kami berusaha kreatif untuk membuat show dengan cara patungan online. Ini cukup menarik buat kami. Jadi, patungan ini ditujukan buat para penggemar bisa menyaksikan show GBS nanti,“ ujar Gugun mewakili GBS menjelaskan.

Sayangnya masa pandemi membuat GBS harus mengganti proyek showcase ini sementara dengan hanya patungan online “Merchandise 10 Tahun Gugun Blues Shelter”. “Patungan online di masa pandemi mungkin menjadi sangat efektif karena orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah sambil melakukan apa saja di internet,” tambah Gugun.

Gugun Blues Shelter. (Foto: Kolase.com).
Gugun Blues Shelter. (Foto: Kolase.com).

Tanpa Potongan Apapun

Per 8 April 2020 masih ada dua belas patungan online lagi yang bisa diikuti #BikinNyatadiRumah lewat Kolase.com. Dengan patungan online, sejumlah Rupiah yang dicantumkan para musisi di Kolase.com, penggemar yang mendukung nantinya berhak atas sebuah reward sebagai hadiah dari patungan online #BikinNyatadiRumah ke para musisi.

“Gerakan #BikinNyatadiRumah kami inisiasi dengan memberlakukan sistem tanpa potongan apapun di setiap campaign patungan online yang berjalan selama masa pandemi ini berlangsung,” ujar Wisnu Wicaksana VP Business Development dari Kolase.com menjelaskan.

Dengan pemberlakukan tanpa potongan apapun diharapkan musisi lokal dan pekerja seni lainnya menemukan cara alternatif untuk produktif di tengah masa pembatasan sosial seperti ini.

BikinNyatadiRumah sendiri bisa dikerjakan dengan tujuan merilis merchandise edisi terbatas saja, patungan untuk tenaga medis, konser live streaming, hingga patungan untuk tenaga lepas di industri musik yang tak berpendapatan karena konser-konser dihentikan.

Tentang Kolase.com

Kolase.com adalah platform crowdfunding (patungan online) kreatif pertama di Indonesia yang mewadahi beragam proyek kreatif. Ide apapun yang berhubungan dengan seni, musik, hiburan, bahkan literatur dapat direalisasikan di Kolase.com. Platform ini membantu para pekerja seni dan kreatif yang mencari dukungan baik moral maupun finansial, dengan menghubungkan mereka langsung dengan para calon penikmat karya-karya mereka.

Keterangan lebih lanjut harap menghubungi:
Mohammad Zaki | PR & Communication Kolase.com | zaky@kawanindonesia.com

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Tonny Christian Pangemanan

In Memoriam: Tonny Christian Pangemanan dan NOXA, Martir Grindcore

Tonny Christian Pangemanan. Langit nampak cerah namun kali ini begitu terasa gelap dan berkabut, itulah suasana yang menyelimuti komunitas musik cadas Tanah

on Nov 14, 2020
Stephen Carpenter

Stephen Carpenter (Deftones) Akui Dirinya Penganut Bumi Datar & Keboho...

Stephen Carpenter. (Foto: Debi Del Grande). Gitaris Deftones, Stephen Carpenter dikenal sebagai seorang advokat legalisasi mariyuana yang paling menonjol di

on Nov 13, 2020
JKT48

JKT48 Rugi Besar dan Terancam Bubar Di Tengah Pandemi, Simak Penjelasa...

Konser di JKT48 Theater. (Foto: Dentsu X Entertainment).  JKT48 turut merasakan imbasnya pandemi Covid-19, sehingga membuat grup idol tersebut mengalami

on Nov 11, 2020
Damon Albarn

Damon Albarn: Musisi Harus Diizinkan Konser Selama Pandemi Sebagai Oba...

Damon Albarn. (Foto: Linda Brown Lee). Pada akhir pekan lalu, Damon Albarn berbagi pemikirannya tentang pentingnya konser selama pandemi yang sedang berlang

on Nov 4, 2020