×
×

Search in Mata Mata Musik

Carcass Umumkan Album Baru “Torn Arteries” dan Rilis Single Utamanya

Posted on: 06/18/21 at 9:30 pm

Carcass Umumkan Album Baru "Torn Arteries" dan Rilis Single Utamanya
Carcass 2021 (Foto: Hannah Verbeuren/dok. Nuclear Blast).

Carcass telah mengumumkan album studio ketujuh mereka yang telah lama ditunggu-tunggu, Torn Arteries. Album ini siap diluncurkan pada 17 September 2021 di bawah bendera Nuclear Blast Records. Pionir death metal bertema “pathological gore” ini juga membagikan single utamanya yang brutal, ‘Kelly’s Meat Emporium’.

Baca juga: Jelang LP ‘Torn Arteries’, Carcass Muntahkan EP ‘Despicable’ Oktober Mendatang

Obsesi band kelahiran Liverpool, Inggris ini terhadap semua hal bedah dan aneh sangat berpengaruh pada lagu barunya. Lagu ini memang seperti ingin mundur ke “template musik klasik Carcass”. Performa permainan gitar dan olah vokal scream-growl di lagu ini bisa dipastikan akan memicu rasa nostalgia bagi penggemar lama dan penikmat death metal secara umum.

“Judul saat pengerjaan lagu untuk ‘Kelly’s (Meat Emporium)’ awalnya adalah ‘Stock Carcass’,” kata vokalis merangkap bassis Jeff Walker melalui siaran pers. “Kami tahu bahwa itu adalah lagu daging dan kentang asli untuk album ini”.

“Tetapi jangan berharap Torn Arteries hanya suatu pengulangan album-album lawas seperti Reek of Putrefaction atau Symphonies of Sickness,” ujar Walker memperingatkan.

“Menurut gue sebagai album ketujuh kami, itu menonjol dari yang lain baik secara sonik maupun gaya,” katanya. “Lo pasti bisa mengatakan bahwa itu adalah Carcass, ketika lo menjatuhkan jarum itu ke vinyl, ketika lo mendengar nada gitar itu, lo dapat mengatakan bahwa itu adalah Bill Steer, tetapi setiap album selalu merupakan produk pada masanya”.

Merekam album adalah proses yang melelahkan bolak-balik antara Inggris dan Swedia selama setahun. Dramer Daniel Wilding melakukan pekerjaan sesi awalnya di Swedia di Studio Gröndahl dengan David Castillo. Sementara gitar direkam di The Stationhouse dengan James Atkinson di Leeds, Inggris. Band ini akhirnya menuju finalisasi vokal, bass, dan pekerjaan gitar lainnya di studio Gröndahl di Swedia bersama Castillo.

“Enggak ada rencana besar untuk melakukannya dengan cara ini, prosesnya tumbuh sendiri secara organik,” kata Walker.

Artwork Unik Carcass Torn Arteries

Yang juga menarik perhatian besar adalah artwork sampul album Torn Arteries yang unik. Hasil garapan seniman bernama Zbigniew Bielak. Dengan pendekatan gaya foto medis berdarah-darah yang menghiasi album-album Carcass awal, Bielak membentuk jantung manusia dari sayuran yang kemudian membusuk di atas piring putih seiring waktu. Bahkan ada varian box set dari Torn Arteries yang menampilkan piring dan peralatan perak yang sebenarnya.

“Ini sangat bersih, putih, yang belum pernah kami lakukan sebelumnya,” kata Walker tentang artwork itu. “Enggak terlihat jahat, atau biasanya death metal, tetapi gue suka betapa bersihnya itu, hampir seperti ‘coffee table book”.

Penggila Carcass dan death metal mania, lo sudah bisa pre-order album baru Carcass Torn Arteries melalui toko online Nuclear Blast. Nih lo lihat deh artwork sampul albumnya bersama daftar lagunya di bawah ini.

Artwork sampul album Carcass Torn Arteries.
Artwork sampul album Carcass Torn Arteries.

Torn Arteries Tracklist:
01. Torn Arteries
02. Dance of Ixtab (Psychopomp & Circumstances March No. 1)
03. Eleanor Rigor Mortis
04. Under the Scalpel Blade
05. The Devil Rides Out
06. Flesh Ripping Sonic Torment Limited
07. Kelly’s Meat Emporium
08. In God We Trust
09. Wake Up and Smell the Carcass / Caveat Emptor
10. The Scythe’s Remorseless Swing

Baca juga: Carcass Tunda Perilisan Album Terbaru Mereka Karena Pandemi Covid-19

Selamat mendengarkan single baru dari Carcass!

Penulis, penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Ed Sheeran bad habbits

    Ed Sheeran Enggak Nolak Bikin Album Death Metal, Suka Cradle Of Filth

    Ed Sheeran di dalam video klip 'Bad Habits' (Foto: via YouTube). Ed Sheeran, sang bintang pop beken kebangsaan Inggris yang mengcover lagu metal terdengar s

    on Jul 15, 2021
    Obscura 2021

    Obscura Bakar Semangat Fans Via 'Solaris' Untuk Album "A Valediction"

    Obscura (Foto: Vincent Grundke). Obscura meluncurkan konsep trilogi di album barunya yang memukau, A Valediction. Album studio keenam sekaligus yang pertama

    on Jul 3, 2021
    Obvurt

    Obvurt, Band Death Metal Kanada Konser Edukasi Pada Anak-Anak SD

    Obvurt saat konser di depan anak-anak SD (Foto: via YouTube). Obvurt, band death metal kelahiran Quebec, Kanada, membuat gebrakan yang tidak umum. Pasalnya,

    on Jul 2, 2021
    Stevi Item & Isyana Sarasvati

    Stevi Item & Isyana Sarasvati Wujudkan Proyek Lanjutan "DeadSyana"

    Isyana Sarasvati dan Stevi Item mempromosikan t-shirt Deadsyana (Foto: Instagram/Deadsquad.official). Stevi Item, sebagai pendiri dan motor utama DeadSquad

    on May 10, 2021