×
×

Search in Mata Mata Musik

Cardi B, Ice T, Snoop Dogg Dan Lainnya Tuntut Keadlian Atas Kematian George Floyd

Posted on: 05/29/20 at 7:30 am

Aksi demonstrasi tuntut keadilan untuk George Floyd.

Tragedi selama tahun 2020 sejauh ini semakin terasa tidak berujung. Kemarahan warga Amerika Serikat (AS) dan hampir semua orang di seluruh dunia, terutama ras kulit hitam, telah meningkat drastis sejak hari Senin (25 Mei) lalu, reaksi dari beredarnya sebuah video tragis di internet yang mempertontonkan kebrutalan seorang polisi Minnesota, AS yang sedang mencekik seorang pria kulit hitam dengan menekan lututnya pada lehernya.

Pria yang tidak bersenjata itu, bernama George Floyd, berusia 46 tahun, dia mengatakan kepada petugas polisi berulang kali bahwa dia tidak bisa bernapas, tetapi malah diabaikan. Setelah jatuh pingsan karena terlalu lama dicekik pada bagian lehernya. Dia meninggal tidak lama setelah itu.

George Floyd.
George Floyd. (Foto: New York Times).

Kasus ini berawal dari laporan terkait tindakan penipuan dan pemalsuan yang diterima kepolisian. Polisi mencurigai George Floyd karena wajahnya mirip dengan tersangka yang diburu polisi. Namun sebagaimana dituturkan oleh pihak kepolisian, George Floyd saat itu menolak memberikan keterangan apapun. Dia bahkan sempat adu mulut dan menyerang polisi secara fisik. Meski demikian, yang bersangkutan tetap berada di tempat, sehingga polisi pun memutuskan untuk melumpuhkannya.

Selanjutnya, dalam berbagai video yang beredar di internet, terlihat bagaimana baku hantam antara kedua belah pihak. Polisi yang berjumlah empat orang kemudian menjatuhkan George Floyd dan memborgolnya. Supaya tidak kabur, polisi menduduki lehernya.

Dalam kondisi tersebut, George Floyd tidak bisa berbuat apapun alias mati kutu. Dia sempat mengeluh tidak bisa bernapas dan meminta polisi menyingkirkan lutut yang menindih lehernya. George Floyd memohon ampun dan mengatakan bahwa perut dan lehernya sakit. Sayangnya, permohonan George Floyd tidak dihiraukan polisi.

Setelah pingsan, George Floyd dibawa ke Hennepin County Medical Center. Secara mengejutkan, di sana George Floyd kemudian dinyatakan meninggal dunia, diduga akibat kehabisan napas. Meski dugaan itu cukup kuat, penyebab meninggalnya masih simpang siur dan hingga kini masih dalam proses penyelidikan FBI.

Bagaimanapun, kematian George Floyd ini menuai kecaman dunia karena dianggap sebagai isu rasis karena mendiang adalah orang berkulit hitam dan polisi yang bertanggungjawab atas kematiannya adalah orang berkulit putih.

I CAN'T BREATHE justice for George Floyd.
Demonstrasi besar-besar di jalanan oleh warga AS dengan slogan “I CAN’T BREATHE” atau “Saya Tidak Bisa Bernapas” yang merefleksikan penderitaan George Floyd.

Pada hari Selasa, empat petugas polisi yang terlibat dalam insiden tersebut telah dipecat, namun tidak dipidana. “Ini adalah keputusan yang tepat,” ujar sang Walikota Jacob Frey saat menanggapi tindakan pemecatan yang diambil.

Sejumlah selebriti dengan pengaruh besar telah bergabung dalam aksi serentak para netizen di media sosial yang meminta keadilan untuk George Floyd, mengutuk kantor polisi Minnesota karena telah memecat petugas polisinya hanya setelah terjadi kemarahan nasional, dan meminta aksi rasisme tanpa henti yang terjadi di AS untuk dihentikan.

Lihat postingan dari berbagai selebriti yang meminta keadilan untuk George Floyd, mulai dari Cardi B, Demi Lovato, Taylor Swift, Ariana Grande, Justin Bieber hingga Billie Eilish, Madonna dan banyak lagi, di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Taylor Swift

    Taylor Swift Marah Kehidupan Cintanya Jadi Lelucon Seksis, Ini Sebabny...

    Taylor Swift. (Foto: via YouTube). Taylor Swift baru-baru ini sangat berang sambil mengkritik keras serial sitkom Netflix Ginny & Georgia karena telah m

    on Mar 3, 2021
    Justin Bieber

    Justin Bieber Ungkapkan Visi & Misi Makna "Justice", Album Barunya

    Foto: Bauer-Griffin / Getty Images. Better late than never, kami ucapkan Happy Birthday to Justin Bieber yang ke-27! Di sekitar momentum perayaan ulang tahu

    on Mar 2, 2021
    Finneas

    Setelah Rentetan Single Di 2020, FINNEAS Awali 2021 Dengan 'American C...

    FINNEAS. (Foto: Secret Signals). Kalau lo kenal Billie Eilish, pasti kenal lah dengan FINNEAS, karena lo wajib mengenal musisi, penulis lagu, dan produser p

    on Feb 18, 2021
    Taylor Swift 2019

    Taylor Swift Ungkap Blak-Blakan Detail Album "Fearless" Versi Rekaman ...

    Taylor Swift, November 2019. (Foto: Matt Winkelmeyer/Getty Images for dcp). Sejak 2019, Taylor Swift berjanji akan merekam ulang enam album pertamanya sebag

    on Feb 14, 2021