×
×

Search in Mata Mata Musik

Cardi B, Rapper Cewek Pertama Yang Singlenya Raih Sertifikat Diamond

Posted on: 03/10/21 at 12:30 pm

Cardi B Jadi Rapper Cewek Pertama Yang Singlenya Raih Sertifikat Diamond
Cardi B dalam video klip ‘Bodak Yellow’.

Cardi B baru saja mencetak rekor baru dalam kariernya. Singel terobosan tahun 2017-nya, ‘Bodak Yellow’ telah mendapatkan sertifikasi Diamond dari Recording Industry Association of America (RIAA), yang menjadikannya rapper cewek pertama yang pernah mencapai prestasi tersebut.

Baca juga: Lagu Kolab BLACKPINK dan Cardi B Mendatang “Bocor” Gara-Gara YG Entertainment

Rapper bernama asli Belcalis Marlenis Almánzar itu sempat memberikan teaser kepada penggemarnya berupa postingan video di Twitter pada larut malam. Doi sedang mempersiapkan penampilan live di Grammy yang akan datang, katanya, ketika doi mengetahui pertemuan yang enggak direncanakan dengan Atlantic Records. Saat itu doi menjelaskan:

“Gue sudah berlatih sepanjang hari ini, gue benar-benar stres, tubuh gue sakit. Saat latihan, mereka bilang ke gue, ‘Yo, lo harus ketemu dengan (pejabat) eksekutif Atlantic (Records)’. Terus gue tuh yang kayak, ‘Yo, gue capek banget kayak gue enggak ingin ngomong tentang enggak ada Grammy, gue enggak ingin membicarakannya enggak ada album, gue cuma lelah. ‘Dan kemudian gue masih diantar ke restoran. Gue kayak, ‘Apakah lo bercanda? Gue mencoba untuk pulang, lihat Offset, persetan dengannya. Ah! ‘Lalu gue di sini dan gue baru saja mendapat kejutan gila ini. Dan gue rasa kalian akan mengetahuinya besok dan gue cuma pengen bilang: Terima kasih banyak karena tanpa kalian ini enggak akan terjadi”.

Namun penggemar enggak perlu menunggu hingga hari berikutnya. Beberapa menit sebelum Cardi membagikan teaser, akun stan memposting video sang rapper yang kaget setelah bungkusan plakat sertifikat diamond-nya dibuka. “WTFFF !!! Bagaimana heiiilllll kalian sudah [k] sekarang ???” tulis Cardi.

Enam jam kemudian, RIAA me-retweet rekaman itu dan mengumumkannya secara resmi. “Selamat kepada @iamcardib,” tulis mereka, “Rapper wanita pertama yang meraih penghargaan tunggal RIAA (diamond)!”

Sebuah singel atau album bersertifikat diamond jika telah terjual lebih dari 10 juta unit. Itu setara dengan mendapatkan sepuluh kali platinum, dan itu adalah prestasi langka di ranah streaming yang berat saat ini. Cardi B adalah rapper cewek pertama yang menghasilkan sepuluh juta unit singel. Bulan lalu, The Miseducation of Lauryn Hill karya Lauryn Hill menjadi album bersertifikat diamond pertama oleh rapper cewek berusia 23 tahun setelah dirilis.

‘Bodak Yellow’ mungkin merupakan singel diamond pertama, tetapi enggak mungkin menjadi yang terakhir. RIAA juga baru-baru ini memberikan sertifikasi singel kolaborasi Cardi B dengan Megan Thee Stallion, ‘WAP’ dengan lima kali platinum. Mengingat penjualan dan viralnya yang cepat, enggak heran kalau suatu hari ‘WAP’ bakal melampaui ‘Bodak Yellow’.

Baca juga: MV ‘WAP’ Cardi B Ft. Megan Thee Stallion Dianggap Sesat Oleh Politikus Republik

Jangan lewatkan penampilan Cardi B di panggung Grammy Awards 2021, Minggu ini, 14 Maret.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Kanye West

    Kanye West Rilis Album Baru "Donda" Terinspirasi Dari Sang Ibunda

    Kanye West (Foto: Instagram/kanyewest). Kanye West mengkonfirmasi perilisan album barunya yang berjudul Donda, dalam iklan Beats by Dre yang ditayangkan saa

    on Jul 22, 2021
    50 Cent

    50 Cent Kabari Status Terbaru Perilisan Album "Street King Immortal"

    50 Cent (Foto: Dave Simpson/WireImage). 50 Cent memang sempat absen dari kancah musik sejak mengumumkan kebangkrutannya pada tahun 2015. Sebelumnya, pada ta

    on Jul 20, 2021
    Cardi B dan Offset Rayakan Ultah ke-3 Putrinya dengan Tema Liar

    Cardi B dan Offset Rayakan Ultah ke-3 Putrinya dengan Tema Liar

    Putri Cardi B dan Offset, Kulture Kiari Cephus, mendapat perlakuan seperti selayaknya di kerajaan pada ulang tahunnya yang ke-3. Baca juga: Cardi B, Rapper

    on Jul 11, 2021
    Post Malone

    Post Malone Rilis Lagu Baru Yang Terinspirasi Dari Motley Crue

    Motley Crue (Foto: dok. Motley Crue) / Post Malone (Foto: Kevin Winter/Getty Images). Post Malone, telah dipastikan pada Jum'at ini, 9 Juli akan merilis lag

    on Jul 7, 2021