×
×

Search in Mata Mata Musik

Cardi B Tagih Royalti Dari Lagu Viral ‘Coronavirus’ Yang Menampilkan Suaranya

Posted on: 03/19/20 at 6:08 am

Cardi B coronavirus.
Cardi B saat menghadiri Warner Music Group pre-Grammy party di New York (Foto: Evan Agostini/Invision/AP, File).

Minggu lalu, rapper sejuta aksi Cardi B mulai khawatir tentang wabah Covid-19 (virus Corona) dan muncul ke Instagram dengan bersemangat mengumumkan bahwa “wabah ini semakin nyata”. Seperti video Cardi B lainnya, respon kocaknya ini langsung viral. Hanya selang beberapa hari setelahnya, seorang produser/DJ bernama iMarkkeyz telah men-sampling suara Cardi B dan mengubahnya menjadi vokal utama dalam sebuah lagu dance menarik, dengan judul ‘Coronavirus’. Lagu ini secara resmi dirilis ke berbagai layanan streaming pada hari Jumat (13 Maret) lalu.

Pada hari Selasa (17 Maret), lagu ‘Coronavirus’ muncul pada posisi No.9 di chart lagu iTunes Amerika Serikat (AS) secara keseluruhan.

Baca juga: Cardi B Berikan Opininya Yang Blakblakan Mengenai Virus Corona

Berbagai macam konten video yang menggunakan lagu ‘Coronavirus’ dengan cepat mulai muncul di TikTok dan media sosial lainnya, yang akhirnya menarik perhatian Cardi B saat dia men-tweet bahwa dia menginginkan royalti (hasil keuntungan) ketika melihat sebuah video yang menampilkan lagu itu diputar dalam sebuah klub di Rio De Janeiro, Brazil.

“Kenyataan bahwa lagu ‘Coronavirus’ sialan ini sedang naik chart di iTunes… Tunggu… Biar saya hubungi DJ itu dan (label musik) Atlantic agar saya bisa mendapat bagian keuntungan saya,” tulis Cardi B dalam postingan di Instagram pada hari Senin (16 Maret) lalu. Pada saat itu, screenshot dari chart iTunes menunjukkan lagu ‘Coronavirus’ pada No.96 di chart iTunes. Dalam waktu kurang dari satu hari, lagu itu meroket tinggi berkat eksposur dari Cardi B langsung.

Popularitas lagu ‘Coronavirus’ datang dengan pertanyaan mengenai status legalitasnya.

Menurut seorang pengacara musik, lagu ini kemungkinan merupakan sebuah pelanggaran hak cipta. Hak cipta dalam rekaman suara adalah milik sang pembuat rekaman – bahkan jika rekaman suara itu adalah dari seseorang yang berbicara di Instagram. Namun, sang pengacara juga menunjukkan bahwa itu umum bagi label musik untuk menempatkan ketentuan dalam kontrak dengan artis yang mengklaim bahwa “semua rekaman oleh artis” sebagai properti label, yang akan mencakup segala sesuatu mulai dari voice note hingga suara panggilan telepon dan rekaman suara dari akun Instagram Cardi B. Yang kemungkinan artinya adalah bahwa iMarkkeyz akan menemukan dirinya bernegosiasi langsung dengan label Atlantic Records mengenai nasib lagu viral-nya. Dilansir dari Rolling Stone, seorang perwakilan dari label Atlantic mengatakan bahwa label itu “sedang menyelidikinya,” tetapi tidak akan menjelaskan secara rinci. “Saya dan manajemen saya dan manajemen Cardi B dan semua orang sedang dalam pembicaraan,” ujar iMarkkeyz, dengan menambahkan bahwa kedua pihak mulai berkomunikasi setelah lagu dirilis.

Baca juga: Cardi B Menjadi Rapper Cewek dengan Streaming Tertinggi di Spotify

“Jika instrumental lagu itu tidak memiliki sample lain selain suara Cardi B, persetujuan harus diamankan dari label Atlantic (Warner Music Group) dan dari Cardi B sendiri untuk perolehan master-nya, dan penerbit lagu dapat menganggap ini sebagai penggunaan penerbitan,” tambah Deborah Mannis- Gardner, yang berspesialisasi dalam perizinan musik untuk film, televisi, samples, dan teknologi baru. Ini bukan skenario terburuk untuk iMarkkeyz. “Saya bisa melihat labelnya memperlakukan lagu ini sebagai bentuk remix dan mengklaim kepemilikan 100 persen dari master, dan kemudian membayar produser itu sebagian royalti,” kata Mannis-Gardner.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Nicki Minaj

    Nicki Minaj Menolak Undangan Met Gala Karena Wajibkan Sertifikat Vaksi...

    Nicki Minaj (Foto: Frazer Harrison/Getty Images). Nicki Minaj, si ratu bokong "geal-geol", kembali menyentak kancah musik arus utama. Menyusul acara prestis

    on Sep 15, 2021
    Jonathan Davis

    Jonathan Davis Melanjutkan Tur Korn Pasca Isoman Penyembuhan Covid

    Jonathan Davis lebih banyak duduk di kursi selama konser berlangsung. Sebelumnya dikabarkan secara resmi oleh pihak Korn bahwa Jonathan Davis positif mengid

    on Aug 31, 2021
    Eric Clapton dan Brian May

    Brian May Sebut Eric Clapton dan Para Anti-Vaksin Lainnya 'Gila'

    Eric Clapton (Foto: Gareth Cattermole/Getty Images) / Brian May (Foto: Cole Bennetts/Getty Images). Brian May, sang gitaris Queen telah mengomentari pengumu

    on Aug 8, 2021
    Madball

    Madball Menolak Konser Di Mana Pun Yang Wajibkan Paspor Vaksin

    Madball circa 2018 (Foto: Gatorfood). Madball adalah salah satu dari artis dan band yang lantang bersikap berseberangan dengan arus mayoritas dunia. Veteran

    on Aug 6, 2021