×
×

Search in Mata Mata Musik

Cek Single Perdana SUAR, Band Baru Suar Nasution (Pure Saturday) & Yoga Patria!

Posted on: 07/23/20 at 10:00 am

Cek Single Perdana SUAR, Band Baru Suar Nasution (Pure Saturday) & Yoga Patria
SUAR.

Apabila nama Suar Nasution sudah dikenal baik sebagai musisi yang menjadi pemeran utama di banyak karya besar Pure Saturday, maka saat ini nama SUAR telah bertransformasi menjadi nama band yang ia kepalai dengan menggandeng Yoga Patria untuk menyempurnakan formasinya.

Pada 12 Juni lalu, hari itu menjadi langkah penting bagi SUAR dengan merilis single perdananya yang berjudul ‘Terjadilah’. Kerinduan Suar dan Yoga untuk kembali berkarya di musik dan memperdengarkannya ke masyarakat menjadi tujuan utama mereka ingin kembali aktif.

Lo dengarkan deh lagunya Suar, anjay… Pure Saturday-esque detected!

Perbedaan ekosistem dan cara berpromosi di industri musik pada era saat ini menjadi tantangan baru yang akan mereka hadapi. Langkah kecil namun kuat, sudah mereka persiapkan untuk rencana jangka panjang perjalanan bermusiknya yang baru.

“Lagu ini merupakan karya pembuka untuk karya lagu lainnya yang akan dirilis berikutnya. Semoga bisa mengobati rasa rindu akan karya saya dan bisa meramaikan industri music Indonesia” – Suar Nasution.

Suar kembali penjadi pemeran utama di penulisan lirik karya ini. Yoga memberikan kontribusinya dalam segi elemen instrumen musik dan teknis produksi sebagai produser musik.

“Lagu ini ditulis oleh Suar Nasution pada bulan Oktober 2018. Ceritanya tentang seseorang yang mengenang kisah indah di masa lalu dan masih membayang hingga saat ini. Bisa dibilang lagu susah move on, hehehe” – Yoga Patria.

Gitar akustik menjadi warna primer di aransemen musik ‘Terjadilah’, membuat hal itu menjadi tanda gaya bermusik Suar Nasution yang kental. Namun tambahan elemen instrumen yang lebih modern, menunjukkan bahwa Suar dan Yoga berani untuk berevolusi dan beradaptasi dengan gaya bermusik di era yang berbeda dari era awal mula mereka bermusik.

“Perubahan atau evolusi band SUAR ini akan dirasakan secara perlahan di karya-karya berikutnya. Sehingga pendengar bisa merasakan mata rantai yang hilang selama ini. Selamat mendengarkan.” – Suar Nasution.

Tentang Suar Nasution

Pure Saturday dikenal sebagai band indie-pop yang muncul di era awal tahun 1990-an, asal Bandung. Suar Nasution dikenal sebagai pencipta lagu untuk banyak karya Pure Saturday, sebut saja ‘Kosong’, ‘Desire’, dan ‘Cokelat’. Suar Nasution mengundurkan diri di masa keemasan Pure Saturday karena alasan personal di tahun 1994. Yang juga membuat dia berhenti sejenak dari industri musik dan fokus dengan profesi lain di luar Indonesia. Tahun 2014, Suar kembali memutuskan kembali ke Indonesia dan memutuskan untuk fokus ke usaha produksi gitar akustik yang dikenal dengan Genta.

Tentang Yoga Patria

Tahun 1997, Yoga Patria memulai karier musiknya secara professional di Peanuts band, dan dilanjutkan sebagai bagian dari Nineball di tahun 2000. Pada tahun 2002, dirinya kembali bereksplorasi dengan proyek JOGA dan kembali memfokuskan diri bersama Nineball di tahun 2018. Selain fokus bermusik dengan Suar Nasution, Yoga juga banyak bekerja sebagai produser musik dan memiliki studio musiknya sendiri, Tattva Studio, di Bandung.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Harlan Boer

Harlan Boer Rilis Album Baru, “Bersambung” Yang Rekamannya Cuma Pa...

Harlan Boer. Penyanyi dan penulis lagu indie folk/indie-pop/anti-folk Jakarta, Harlan Boer merilis album dengan peralatan seadanya, direkam live memakai han

on Oct 17, 2020
Lou Belle Sessions

Mainkan 'Waking Up', SUAR Tampil Keren Di Virtual Show Debut Lou Belle...

"LOU BELLE SESSIONS Waking up" adalah sebuah karya audio-visual hasil kolaborasi dari Lou belle Collective, seperti: Convert textured, Infis

on Oct 12, 2020
Much

Unit Alt-Pop Much Berbagi Kesedihan Lewat 'Skin By Skin', Single Kedua...

Much. Setelah sebelumnya mengeluarkan single 'Stay Inside' sebagai penanda kembalinya Much, trio alternative pop atau indie-pop paling romantis ini menelurk

on Sep 26, 2020
Suasanasabtupagi

EP 'Mammals' Kolektif Indie Pop Suasanasabtupagi Direissue Oleh Anoa R...

SSP alias Suasanasabtupagi. (Foto: dok. Anoa Records). Anoa Records berbagi cerita tentang awal perkenalannya dengan Suasanasabtupagi. Apaan tuh? Nama yang

on Sep 18, 2020