×
×

Search in Mata Mata Musik

CEO Pledis Han Sung Soo Dilaporkan Curi Royalti Musik IZ*ONE Pakai Nama Istri

Posted on: 05/28/20 at 8:30 am

CEO Pledis Han Sung Soo dan IZ*ONE.
CEO Pledis Han Sung Soo dan IZ*ONE. (Foto: Soompi).

Han Sung Soo, CEO dari Pledis Entertainment, dilaporkan telah meraup keuntungan secara tidak adil dari royalti musik girlband K-pop, IZ*ONE.

Baca juga: Baru Sepekan Rilis Album, IZ*ONE Mencatat Rekor Penjualannya

Pada tanggal 26 Mei, Dispatch merilis laporan eksklusif yang menjelaskan bahwa CEO itu telah terlibat dalam penulisan lirik untuk delapan lagu ciptaan IZ*ONE di bawah nama “So Jay”. Menurut laporan itu, ‘We Together’, sebuah lagu yang telah dibuat untuk acara kompetisi milik Mnet, Produce 48 dan dirilis pada September 2018, tidak mengkreditkan So Jay pada saat dirilis, tetapi nama itu dimasukkan ketika lagu yang sama telah dirilis pada bulan Oktober 2018 melalui mini album pertama IZ*ONE, COLOR*IZ.

So Jay juga dikreditkan dalam mini album kedua IZ*ONE, HEART*IZ sebagai kontributor dalam bagian penulisan lirik untuk lagu ‘Violeta’, serta dalam lagu-lagu seperti ‘Destiny’, ‘Pink Blusher’, dan ‘Open Your Eyes’ dari album studio pertama IZ*ONE, BLOOM*IZ. Menurut laporan dari Dispatch, bagian keuntungan So Jay di lagu ‘Pink Blusher’ ditetapkan 1,5 kali lebih besar dari kontributor lain yang dikreditkan dalam lagu tersebut.

Dispatch melaporkan, “Identitas di balik So Jay adalah istri dari CEO Pledis Entertainment Han Sung Soo, dan pengalaman kerjanya terdiri dari dirinya saat menjadi direktur visual. Dia tidak memiliki pengalaman dalam musik,” dan “So Jay mendapat keuntungan secara tidak adil dari royalti musik. So Jay tidak benar-benar berpartisipasi dalam membuat lagu untuk album IZ*ONE dan tidak memiliki hak untuk mengklaim kepemilikan atas delapan lagu tersebut”.

Han Sung Soo berperan sebagai general produser untuk IZ*ONE hingga dia mengundurkan diri dari posisi itu pada Maret 2020. Pledis Entertainment menanggapi laporan Dispatch dan menyatakan, “Sang CEO Han Sung Soo adalah orang yang berpartisipasi dalam lagu-lagu tersebut, dan dia membuat keputusan untuk menggunakan nama istrinya dan bukan namanya sendiri”.

Baca juga: IZ*ONE Kembali ke Jepang Lewat “Buenos Aires”

Han Sung Soo juga menyatakan, “Aku secara pribadi berpartisipasi dalam proses pembuatan musiknya. Meskipun itu, aku telah bertindak tanpa berpikir saat menerima royalti atas nama istriku” Dia lalu menambahkan, “Yang aku inginkan hanyalah mendapat kompensasi atas pekerjaanku. Aku ingin diakui atas partisipasiku. Aku tidak memikirkan itu dengan jernih. Aku serakah dan tidak menjunjung tinggi martabat yang seharusnya dimiliki seorang produser. Aku minta maaf”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Rosé Blackpink

    Rosé Sulit 'Move On' Setelah Putus Yang Terpapar Dalam MV 'Gone'

    Rosé (Foto: via YouTube). Bulan lalu, anggota BLACKPINK, Rosé merilis single solo baru berjudul 'Gone'. Lagu tentang kesulitan untuk 'move on' setelah put

    on Apr 5, 2021
    BTS Film Out

    BTS Lepas MV Single 'Film Out' Dari Album Berbahasa Jepang Mendatang

    BTS telah meluncurkan lagu baru mereka yang berjudul 'Film Out'. Tonton video musik pengiringnya di bawah artikel ini. Baca juga: BTS: Semua Hal Yang Pe

    on Apr 4, 2021
    BTS

    BTS: Semua Hal Yang Perlu Lo Tahu Tentang Tujuh Bangtan Boys

    BTS (Foto: Big Hit Entertainment). BTS adalah artis Asia pertama yang meraih prestasi tertinggi dalam sejarah musik. Di sepanjang kariernya, boyband K-pop i

    on Mar 30, 2021
    GOT7 group

    GOT7 & 7 Faktanya Yang Bisa Bikin Fans Kaget, No. 7 Paling Wow!

    GOT7. (Foto: JYP Entertainment). Mungkin masih ada yang kalian belum ketahui dan enggak terduga tentang GOT7. Tujuh fakta di bawah ini kemungkinan bisa memb

    on Mar 27, 2021