×
×

Search in Mata Mata Musik

CEO Pledis Han Sung Soo Dilaporkan Curi Royalti Musik IZ*ONE Pakai Nama Istri

Posted on: 05/28/20 at 8:30 am

CEO Pledis Han Sung Soo dan IZ*ONE.
CEO Pledis Han Sung Soo dan IZ*ONE. (Foto: Soompi).

Han Sung Soo, CEO dari Pledis Entertainment, dilaporkan telah meraup keuntungan secara tidak adil dari royalti musik girlband K-pop, IZ*ONE.

Baca juga: Baru Sepekan Rilis Album, IZ*ONE Mencatat Rekor Penjualannya

Pada tanggal 26 Mei, Dispatch merilis laporan eksklusif yang menjelaskan bahwa CEO itu telah terlibat dalam penulisan lirik untuk delapan lagu ciptaan IZ*ONE di bawah nama “So Jay”. Menurut laporan itu, ‘We Together’, sebuah lagu yang telah dibuat untuk acara kompetisi milik Mnet, Produce 48 dan dirilis pada September 2018, tidak mengkreditkan So Jay pada saat dirilis, tetapi nama itu dimasukkan ketika lagu yang sama telah dirilis pada bulan Oktober 2018 melalui mini album pertama IZ*ONE, COLOR*IZ.

So Jay juga dikreditkan dalam mini album kedua IZ*ONE, HEART*IZ sebagai kontributor dalam bagian penulisan lirik untuk lagu ‘Violeta’, serta dalam lagu-lagu seperti ‘Destiny’, ‘Pink Blusher’, dan ‘Open Your Eyes’ dari album studio pertama IZ*ONE, BLOOM*IZ. Menurut laporan dari Dispatch, bagian keuntungan So Jay di lagu ‘Pink Blusher’ ditetapkan 1,5 kali lebih besar dari kontributor lain yang dikreditkan dalam lagu tersebut.

Dispatch melaporkan, “Identitas di balik So Jay adalah istri dari CEO Pledis Entertainment Han Sung Soo, dan pengalaman kerjanya terdiri dari dirinya saat menjadi direktur visual. Dia tidak memiliki pengalaman dalam musik,” dan “So Jay mendapat keuntungan secara tidak adil dari royalti musik. So Jay tidak benar-benar berpartisipasi dalam membuat lagu untuk album IZ*ONE dan tidak memiliki hak untuk mengklaim kepemilikan atas delapan lagu tersebut”.

Han Sung Soo berperan sebagai general produser untuk IZ*ONE hingga dia mengundurkan diri dari posisi itu pada Maret 2020. Pledis Entertainment menanggapi laporan Dispatch dan menyatakan, “Sang CEO Han Sung Soo adalah orang yang berpartisipasi dalam lagu-lagu tersebut, dan dia membuat keputusan untuk menggunakan nama istrinya dan bukan namanya sendiri”.

Baca juga: IZ*ONE Kembali ke Jepang Lewat “Buenos Aires”

Han Sung Soo juga menyatakan, “Aku secara pribadi berpartisipasi dalam proses pembuatan musiknya. Meskipun itu, aku telah bertindak tanpa berpikir saat menerima royalti atas nama istriku” Dia lalu menambahkan, “Yang aku inginkan hanyalah mendapat kompensasi atas pekerjaanku. Aku ingin diakui atas partisipasiku. Aku tidak memikirkan itu dengan jernih. Aku serakah dan tidak menjunjung tinggi martabat yang seharusnya dimiliki seorang produser. Aku minta maaf”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Penyanyi K-pop

    30 Urutan Peringkat Penyanyi K-Pop Terpopuler Edisi Bulan Juli 2021

    30 urutan peringkat penyanyi K-pop paling populer edisi bulan Juli 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand

    on Jul 27, 2021
    Anggota Girlband

    30 Urutan Peringkat Anggota Girlband K-Pop Terpopuler Bulan Juli 2021

    Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan Juli 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand

    on Jul 18, 2021
    30 Anggota Boyband K-Pop Terpopuler Juli 2021

    30 Urutan Peringkat Anggota Boyband K-Pop Terpopuler Bulan Juli 2021

    Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Juli 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand a

    on Jul 17, 2021
    Girlband

    30 Urutan Peringkat Girlband K-Pop Terpopuler Edisi Bulan Juli 2021

    30 urutan peringkat girlgroup K-pop terpopuler edisi bulan Juli 2021. Girlband K-pop! Yup. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan pering

    on Jul 13, 2021