×
×

Search in Mata Mata Musik

CEO Spotify Kembali Tuai Kecaman Karena Tolak Tingkatkan Jumlah Royalti Musisi

Posted on: 08/7/20 at 9:30 am

CEO Spotify Kembali Tuai Kecaman Karena Tolak Tingkatkan Jumlah Royalti Musisi
Nigel Godrich (Foto: Alex Elizarov), Lupe Fiasco (Foto: Drogas Wave), Massive Attack.

Pentolan Radiohead, Thom Yorke pernah membandingkan Spotify dengan ”kentut terakhir yang menyedihkan dari mayat yang sekarat” dan, belakangan ini, perusahaan streaming musik itu mendapatkan reaksi yang serupa. Minggu lalu, CEO Spotify Daniel Ek menyarankan rahasia untuk meningkatkan pembayaran royalti yang lebih tinggi dari Spotify kepada para musisi adalah dengan lebih banyak merilis materi musik. Sejak pernyataannya itu, semua musisi dari Nigel Godrich hingga rapper Lupe Fiasco telah mengkritik habis-habisan triliuner yang kurang sensitif itu.

Baca juga: Fans Bantu Hapus Lagu Islamofobia Tentang Zayn Malik Di Spotify

“Ada kekeliruan naratif di sini, dikombinasikan dengan fakta bahwa, jelas, beberapa artis yang dulu bekerja dengan baik di masa lalu mungkin tidak melakukannya dengan baik di lanskap masa depan ini, di mana kamu tidak dapat merekam musik sekali setiap tiga hingga empat tahun dan berpikir itu sudah cukup,” ujar Daniel Ek.

“Para artis hari ini yang membuatnya menyadari bahwa ini tentang menciptakan keterlibatan yang berkelanjutan dengan penggemar mereka,” lanjutnya. “Ini tentang menempatkan pekerjaan, tentang mendongeng di sekitar tema album, dan tentang menjaga dialog yang berkelanjutan dengan penggemarmu”.

Mengingat Spotify dikenal karena tingkat pembayaran streaming-nya yang pelit, dengan laporan lain mengungkapkan bahwa indie label kelas menengah hanya dapat menghasilkan US$ 0,00348 (sekitar Rp 51) per stream lagu, tidak mengherankan jika Daniel Ek ingin mengalihkan kesalahan dan tanggung jawab dari perusahaannya. Membuangnya langsung ke pundak para artis adalah ide yang buruk, tapi Daniel Ek melipatgandakan pendiriannya, dengan mengatakan, “Saya merasa, sungguh, orang yang tidak berhasil dalam streaming sebagian besar adalah orang yang ingin merilis musik dengan cara yang sama dengan jaman dulu”.

Saat itulah kritik dan kecaman mulai membanjiri. “Seekor lintah mengeluh karena pendarahan tubuh orang terlalu lambat,” tulis Nigel Godrich di Twitter di samping tautan ke artikel mengenai CEO Spotify itu dari The Fader.

Daniel Ek diberi label sebagai “orang brengsek yang serakah dan menjengkelkan” oleh David Crosby dan diberitahu untuk “Go Fuck Yourself” oleh Mike Mills dari R.E.M. Ada lebih dari puluhan artis yang ikut memarahi CEO itu, termasuk Massive Attack, Neko Case, Jason Isbell, Laura Jane Grace, Clipping., Zola Jesus, dan Mike Portnoy.

“Si brengsek ini nggak bisa ngomong apa-apa ke musisi,” tulis Neko Case. “Dia MENAHAN royalti kita”.

“Orang ini nggak pernah menciptakan sesuatu yang seawet atau seindah lagu terburuk yang pernah diciptakan oleh band yang paling nggak lo sukai,” ujar Clipping.

Baca juga: CEO Spotify Daniel Ek Dikecam Karena Dinilai Tidak Manusiawi Terhadap Artis

Ada juga berapa respons yang patut dibaca dari RJD2, Cloud Nothings, Fucked Up, BATHS, Joan Osborne, Nadine Shah, dan Mary Chapin Carpenter selain respons dari Dee Snider dari Twisted Sister, Peter Berkman dari Anamanaguchi, Geoff Barrow dari Portishead , Sebastian Bach dari Skid Row, Keith Buckley dari Every Time I Die, dan Al Doyle dari LCD Soundsystem dan Hot Chip.

Lo bisa baca beberapa respons paling menampar Daniel Ek di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Smile

    The Smile, Band 2 Personel Radiohead, Siap Rilis Album: "Bukan Rock"

    The Smile (ki-ka: Tom Skinner, Jonny Greenwood, dan Thom Yorke). The Smile adalah band baru bentukan dua personel Radiohead, Thom Yorke dan Jonny Greenwood.

    on Jul 26, 2021
    MMM Playlist Top 20 Internasional Minggu #3 Juni 2021

    MMM Playlist Juni 2021 #3: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist edisi bulan Juni 2021 minggu ketiga untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun wak

    on Jun 21, 2021
    Spotify

    Spotify Kurangi Royalti Artis, Kongres AS Kirim Surat Terbuka Ke Danie...

    Dua anggota tinggi Komite Kehakiman Kongres Amerika Serikat (AS) telah mengirim surat terbuka kepada CEO Spotify Daniel Ek. Untuk menyelidiki Mode Penemuan

    on Jun 4, 2021
    Spotify

    Spotify Menaikkan Harga Berlangganan Premium Beberapa Paketnya!

    Spotify baru saja menaikkan biaya berlangganan untuk beberapa paket premium yang berlaku di sejumlah negara. Yakni di seluruh Inggris Raya dan sebagian Ero

    on Apr 27, 2021