×
×

Search in Mata Mata Musik

Charli XCX Ungkap Asal-Usul Album Baru Yang Digarap Selama Masa Karantina

Posted on: 05/22/20 at 6:00 am

Charli XCX.
Charli XCX. (Foto: Redferns).

Ketika Charli XCX merilis album barunya How I’m Feeling Now pada 15 Mei lalu, judul album tersebut merupakan ungkapan apa adanya yang dialami ratu hyperpop ini. Penyanyi/penulis lagu kelahiran Inggris ini sepenuhnya menulis dan merekam album itu selama masa karantina pandemi virus Corona di rumahnya di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Charli XCX Berpesta di Rumah Dalam Video ‘Claws’ Yang Bernuansa Trippy

Di episode terbaru dari Billboard Pop Shop Podcast (yang dapat kamu dengarkan di bawah), Charli XCX menjelaskan asal-usul proyeknya dan mengapa dia merasa ini adalah waktu yang tepat untuk membuat album: “Aku… ingin membuat album di akhir tahun… kami ingin melakukan sesuatu seperti, ya, sekitar sebulan, dua bulan. Seperti, pergi ke satu tempat, dan benar-benar mengabaikan dunia dan hanya fokus membuat musik. Secara sangat cepat dan lancar dan merilisnya segera setelah kami menyelesaikannya”.

“Jadi ide untuk melakukan sesuatu seperti itu awalnya sudah ada, jadi aku hanya berpikir, begitu masa lockdown dimulai, dan aku sudah berada di posisi itu bagaimanapun juga… ‘Kenapa aku tidak lakukan itu sekarang saja?’. Karena momen ini terasa sangat bermanfaat bagiku sebagai seorang pekerja kreatif.

“Kamu tahulah, aku senang saat tidak ada yang bisa menggangguku. Aku menikmati hanya berada di satu tempat. Aku suka diasingkan dari dunia, beneran deh. Jadi, rasanya ini seperti waktu yang sangat matang bagiku untuk menulis sesuatu. Dan juga sifat aku banget untuk semacam mendokumentasikan persis apa yang aku alami…. Dan juga, aku bisa stres seandainya aku tidak sibuk (dengan sesuatu)”.

Dan juga dalam obrolan Billboard bersama Charli XCX – yang telah mencetak enam lagu hit di chart/tangga lagu Pop Songs, termasuk lagu No. 1 ‘Boom Clap’ – mereka bertanya kepada penyanyi asal Inggris itu mengapa dia merasa bahwa akhir-akhir ini ada kenaikan popularitas dalam lagu-lagu pop bernuansa disko dari artis-artis seperti Dua Lipa (‘Don’t Start Now’), Doja Cat (‘Say So’) dan Lady Gaga (‘Stupid Love’).

Baca juga: Kolaborasi Charli XCX dan Dylan Brady (100 Gecs) Rilis ‘Claws’, Lagu Barunya

“Umm sebenarnya, aku tidak pernah tahu ya…. Aku merasa semuanya begitu terinfusi oleh hip-hop sejak lama sehingga mungkin itu menyenangkan bagi musik pop untuk akhirnya bernuansa lebih manis dan bahagia,” ujar Charli XCX. “Lagu Doja Cat itu membuat aku merasa sangat bahagia. Dan sama hal dengan lagunya Dua Lipa. Itu membuat aku ingin menari dan rasanya seperti berada di film rom-com (komedi romantis), ngerti ‘kan? Aku pikir itu benar-benar menyenangkan dan keren, karena aku merasa ada banyak kegelapan dalam pop untuk waktu yang cukup lama. Sama dengan ‘Stupid Love’, lagu itu sangat menyenangkan”.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Amanda Casea

    Amanda Casea Keluar Dari Zona Nyaman Via Single 'Mengapa Patah Hati'

    Amanda Casea menunjukkan bentuk hasil usahanya untuk keluar dari zona nyamannya dengan merilis single keempatnya, 'Mengapa Patah Hati'. Dan single ini menj

    on Oct 18, 2021
    Monica Tania

    Monica Tania Ungkap Pengalaman Toxic Relationship Via Single 'Maaf'

    Monica Tania, penyanyi muda berbakat kelahiran Medan ini kembali untuk melepas karya baru. Setelah merilis empat single di tahun ini, cewek yang pernah ber

    on Oct 18, 2021
    Adele

    Adele Rilis Single Baru Pertama Dalam 6 Tahun dan Raih Rekor Spotify

    Foto: Simon Emmett. Akhirnya, single baru pertama Adele dalam enam tahun telah hadir di semua platform digital. Judulnya sudah diketahui sebelumnya, 'Easy o

    on Oct 15, 2021
    Adele

    Adele Resmi Umumkan Judul Album Barunya "30" Secara Emosional

    Foto: via Instagram/@adele. Adele telah secara resmi mengumumkan album barunya yang dikasih judul 30. Penerus dari album 25 tahun 2015 ini akan mendarat pad

    on Oct 13, 2021