×
×

Search in Mata Mata Musik

Charlie Wilson Jadi Artis Pertama Pemimpin Chart R&B Billboard di Tiga Dekade

Posted on: 05/7/20 at 9:00 am

Charlie Wilson.
Charlie Wilson. (Foto: P Music Group).

Penyanyi senior Charlie Wilson telah meraih No. 1 ketujuh kalinya pada chart alias tangga lagu Adult R&B Songs Billboard saat lagu ‘Forever Valentine’ naik ke puncak pada chart per tanggal 9 Mei. Single itu mengalami kenaikan plays sebesar 13% dalam pekan yang berakhir 3 Mei, menurut Nielsen Music/MRC Data.

Lagu ini ditulis dan diproduksi oleh Charlie Wilson bersama Bruno Mars, yang juga berperan sebagai vokal pendukung dalam lagu tersebut.

Dengan ‘Forever Valentine’, Charlie Wilson raih beberapa pencapaian baru pada chart. Dia sekarang setara dengan Maxwell dan R. Kelly sebagai pemilik lagu No. 1 dalam chart Adult R&B Songs oleh seorang artis laki-laki dalam sejarah 26 tahun chart tersebut, dan juga menjadi artis pertama yang memuncaki chart dalam masing-masing tiga dekade terakhir dengan lagu No. 1 terbarunya.

Baca Juga: Lagu Baru Kanye West & Charlie Wilson Muncul di Trailer Seri Tales

Charlie Wilson meraih lagu No. 1 perdananya di chart Adult R&B Songs dengan lagu tahun 2005-nya ‘Charlie Last Name: Wilson’, dan mencetak pemimpin chart keduanya dengan ‘There Goes My Baby’ empat tahun kemudian. Pada tahun 2010-an, musisi veteran itu kembali ke puncak chart sebanyak empat kali.

Berikut daftar lengkap lagu No. 1 Charlie Wilson pada chart itu sejak pertama dibentuk pada tahun 1993:

Judul Lagu, Minggu sebagai No. 1, Tanggal Mencapai No. 1:
‘Charlie Last Name: Wilson’, enam, 17 September 2005
‘There Goes My Baby’, sembilan, 21 Maret 2009
‘You Are’, tigabelas, 18 Desember 2010
‘My Love Is All I Have’, lima, 16 Februari 2013
‘I’m Blessed’, dua, 22 April 2017
‘Chills’, tiga, 31 Maret 2018
‘Forever Valentine’ satu (sejauh ini), 9 Mei 2020

“Aku sangat senang dan bangga dengan ‘Forever Valentine,'” ujar Charlie Wilson kepada Billboard. “Bruno Mars memiliki visinya dan kami selalu ingin bekerja sama dalam segi musik. Untuk memiliki lagu No. 1 di bulan Mei dengan kata ‘Valentine’ pada judulnya membuktikan niat yang kami tuju dalam lagu ini. Ini sebenarnya adalah lagu cinta yang ‘Anti-Valentine’ karena kami ingin kalian untuk merayakan cinta tidak hanya pada Hari Valentine tetapi setiap hari. Setelah 20 tahun sejak lagu hit pertamaku sebagai artis solo, itu menakjubkan untuk secara konsisten masih bisa meraih lagu No. 1 seperti ini. Aku sangat menghargai radio dan layanan streaming atas semua dukungan mereka selama ini”.

Seperti yang dikatakan Charlie Wilson, ‘Forever Valentine’ juga menandai hari yang istimewa bagi Bruno Mars, salah satu penulis dan produser dalam single tersebut. Sebagai seorang artis, Bruno Mars telah menduduki chart Adult R&B Songs sebanyak empat kali, yang paling baru adalah melalui kolaborasinya dengan Cardi B, lagu ‘Finesse’, yang menguasai chart selama tiga minggu pada tahun 2018. Sama halnya dengan ‘Forever Valentine’, penyanyi pencetak lagu hit yang subur itu mengklaim kredit sebagai salah satu penulis dan produser pada masing-masing karya pemuncak chart-nya sendiri.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Bruno Mars

    Bruno Mars & Anderson .Paak Bikin Silk Sonic Dan Siap Debutkan Single

    Anderson .Paak dan Bruno Mars. (Foto: Harper Smith). Dua superstar Bruno Mars dan Anderson. Paak baru-baru ini mengumumkan proyek kolaborasi mereka yang ber

    on Feb 28, 2021
    Sara Fajira

    Sara Fajira Awali 2021 Dengan Single R&B/Hip Hop 'Julite' Yang Spektak...

    Sara Fajira. (Foto: Kaio Entertainment). Nama Sara Fajira memang makin melejit setelah kesuksesan viral lagu 'Lathi' milik Weird Genius yang dinyanyikannya.

    on Feb 12, 2021
    Dycall wtih chicks

    Rapper Muda Dycal Lepas Single 'Gue Udah Muak' Setelah Muak Diselingku...

    Dycal Siahaan atau yang akrab disapa Dycal, dikenal sebagai seorang Rapper sekaligus YouTuber yang sedang digandrungi anak muda ja

    on Dec 24, 2020
    Grace Sahertian

    Berkolaborasi Dengan 60 Netizen, Grace Sahertian Rilis MV Single 'Hone...

    Grace Sahertian. Setelah merilis single ketiganya yang berjudul 'Honestunes' pada tanggal 10 Juli 2020 lalu, pada tanggal 18 Desember 2020 ini Grace Sa

    on Dec 21, 2020