×
×

Search in Mata Mata Musik

Chart Billboard: Roddy Ricch Kembali No.1 Dan Billie Eilish Bertahan Di 3 Besar

Posted on: 02/3/20 at 4:49 pm

RODDY RICCH
Roddy Ricch (Foto: Kaito)

Album terbaru dari Roddy Ricch yang berjudul Please Excuse Me for Being Antisocial kembali ke peringkat No. 1 pada chart album Billboard 200 selama tiga minggu berturut-turut, sedangkan album terbaru Billie Eilish When We All Fall Asleep, Where Do We Go? turun kembali ke peringkat tiga besar setelah malam besar Billie Eilish di Grammy Awards 2020.

Baca juga: Roddy Ricch Nyanyikan ‘The Box’ Di Jimmy Fallon Sambil Memakai Baju Kobe Bryant

Chart album Billboard 200 ini mencatat peringkat album-album paling populer selama minggu ini khusus di wilayah Amerika Serikat berdasarkan konsumsi multi-metrik yang diukur dalam unit album yang ekuivalen. Unit-unitnya terdiri dari penjualan album, track ekuivalen album (TEA) dan streaming ekuivalen album (SEA). Chart tertanggal 8 Februari yang baru, di mana album Roddy Ricch kembali ke No. 1, akan diposting secara penuh di situs web Billboard pada 4 Februari besok.

Please Excuse Me For Being Antisocial karya Roddy Ricch bergerak kembali ke peringkat tertinggi setelah mendapatkan 95.000 unit album (turun 8%) di A.S. pada minggu yang berakhir 30 Januari lalu, menurut Nielsen Music / MRC Data. Album ini telah menghabiskan total tiga minggu di peringkat No. 1 dan semuanya terjadi dalam kunjungan ke puncak chart yang terpisah. Album itu naik ke No. 1 pada chart tanggal 21 Desember 2019, kemudian jatuh dari peringkat teratas selama tiga minggu, lalu kembali ke No. 1 lagi pada 18 Januari 2020, kemudian mundur lagi selama dua minggu, dan sekarang naik kembali ke puncak.

Dan menurut laporan Billboard, album terakhir yang memiliki tiga kunjungan terpisah menuju peringkat No. 1 adalah album Billie Eilish When We All Fall Asleep, Where Do We Go? yang berada pada No. 1 selama tiga minggu pada 2019, dan semua terjadi dalam satu minggu kunjungan ke puncak peringkat, sama seperti Please Excuse Me for Being Antisocial. Album Billie Eilish When We All Fall Asleep, Where Do We Go? berada di No. 1 pada 13 April 2019 (minggu debutnya), kemudian pada 4 Mei dan 8 Juni. Asik ya perjalanan album Roddy Ricch dan Billie Eilish ini seperti naik roller coaster, hehe.

Sebagian besar hasil unit dari album Roddy Ricch Please Excuse Me for Being Antisocial pada minggu pelacakan terbarunya didorong oleh aktivitas streaming, dengan 92.000 unit SEA berkontribusi terhadap total keseluruhannya yang sekitar 95.000 unit. Unit album yang tersisa didaftarkan melalui kurang lebih dari 1.000 unit TEA dan sekitar 1.000 kopi dalam penjualan album.

Album Music to Be Murdered By karya Eminem jatuh ke No. 2 setelah debut besar di No. 1 seminggu yang lalu. Album itu memperoleh 89.000 unit album ekuivalen pada minggu keduanya (turun 68%).

Baca juga: Roddy Ricch Dan Meek Mill Beri Hormat Terhadap Nipsey Hussle Dengan Lagu Tribut Baru

Mantan album berperingkat No. 1 Billie Eilish, When We All Fall Asleep, Where Do We Go? masuk kembali ke peringat tiga besar dengan peningkatan 77%, karena album itu naik dari peringkat 10-3 dengan 62.000 unit album ekuivalen yang telah diperoleh. Billie Eilish dan saudara lelakinya Finneas, yang ikut menulis dan memproduksi album tersebut adalah pemenang besar di Grammy Awards pada 26 Januari lalu, ketika mereka masing-masing membawa pulang lima penghargaan Grammy. Billie Eilish juga membuat sejarah sebagai wanita pertama, dan artis kedua dalam catatan sejarah yang pernah memenangkan empat kategori teratas Grammy Awards 2020: Album of the Year (untuk album When We All Fall Asleep, Where Do We Go?), Record of the Year, Song of the Year (keduanya diperoleh berkat singel hit ‘Bad Guy’) dan Best New Artist.

Billie Eilish memborong 6 penghargaan Grammy 2020

Proyek Billie Eilish sebelumnya, Dont Smile at Me, juga telah mengumpulkan kenaikan besar, naik dari peringkat 33-22 dengan kenaikan 36% dan menghasilkan 23.000 unit. Album ini memuncak pada No. 14 kurang lebih setahun yang lalu (26 Januari, 2019 menurut data chart).

Perihal aktifitas album dari para artis kompetitor lainnya, album terbaru Halsey, Manic, turun dari peringkat 2-4 pada minggu kedua setelah rilis, dengan menghasilkan 56.000 unit album ekuivalen (turun 77%), sementara album No. 1 terakhir Post Malone, Hollywood’s Bleeding, stabil di No. 5 dengan 54.000 unit (naik 3%).

Album Circles karya almarhum Mac Miller tergelincir dari peringkat 3-6 dengan 45.000 unit album ekuivalen yang telah diperoleh (turun 73%), sedangkan album pemuncak chart DaBaby sebelumnya, Kirk, naik dari peringkat 8-7 dengan 36.000 unit (sementara turun 2%).

Baca juga: Roddy Ricch, YG, Dan Meek Mill Akan Beri Tribut Untuk Nipsey Hussle Di Grammy Awards 2020

Album bekas pemuncak chart Harry Styles, Fine Line, naik dari peringkat 9-8 dengan 33.000 unit (meskipun turun 7%), album Time Served karya Moneybagg Yo turun dari peringkat 7-9 dengan 31.000 unit (turun 17%) dan proyek Jackboys yang dikurasi oleh Travis Scott atas nama Jackboys (para artis kolektif dari label miliknya) kembali ke peringkat 10 teratas, melompat dari peringkat 14-10 dengan 30.000 unit (sementara turun 1%).

Berapapun peringkatnya, pada dasarnya seni musik sepertinya tidak terlalu urgent ya untuk diperlombakan.. Semua album di atas pasti memiliki kelebihannya masing-masing yang dapat kalian enjoy…

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Billie Eilish

Fender Rilis Ukulele Seri Signature Billie Eilish, Kenapa Ukulele Ya?

Billie Eilish memegang ukulelenya di samping anjingnya, Shark. (Foto: Matty Vogel). Setiap bintang besar dimulai dari yang kecil, dan itu lebih berlaku untu

on Sep 9, 2020
Billie Eilish - Lizzo - Taylor Swift - Lil Nas X

Silakan Intip Daftar Lengkap Pemenang iHeartRadio Music Awards 2020

Dua minggu sebelumnya, iHeartMedia telah mengumumkan bahwa pemenang iHeartRadio Music Awards 2020 akan diumumkan untuk pertama kalinya pada siaran akhir pe

on Sep 7, 2020
FINNEAS

EP Perdana FINNEAS 'Blood Harmony' Dirilis Ulang Dengan Versi Deluxe

FINNEAS. Pada tanggal 7 Agustus lalu, sang musisi, penulis lagu, dan produser pemenang lima piala Grammy Awards, FINNEAS telah kembali dengan versi digital

on Aug 10, 2020
MTV Video Music Awards 2020

Inilah Daftar Nominasi Lengkap MTV Video Music Awards 2020!

MTV Video Music Awards 2020 sudah bisa dipastikan akan digelar di Barclays Center Brooklyn pada 30 Agustus mendatang. Sejak 30 Juli lalu, daftar lengkap no

on Jul 31, 2020