×
×

Search in Mata Mata Musik

Michael Jackson: Chase The Truth Tantang Kebenaran Leaving Neverland!

Posted on: 08/19/19 at 9:00 am

Michael Jackson: Chase The Truth, sebuah dokumenter dengan fokus membela Michael Jackson atas tuduhan pelecehan seksual terhadap anak-anak yang dijatuhkan padanya dalam dokumenter kontroversial Leaving Neverland.

Baca Juga: Nama Michael Jackson Akan Dihapus dari Video Vanguard Award MTV?

Leaving Neverland, yang menimbulkan perpecahan pendapat ketika diluncurkan beberapa waktu lalu, berpusat pada kesaksian Wade Robson (36) dan James Safechuck (41) yang sama-sama mengklaim Jackson pernah melakukan pelecehan seksual kepada mereka saat mereka masih anak-anak. Tak lama setelah film mengudara, lagu-lagu Jackson kemudian dilarang diputar di banyak stasiun radio di seluruh dunia.

Menanggapi hal itu, sekarang sebuah film dokumenter baru yang menentang tuduhan tersebut dirilis di Amazon Prime, YouTube dan layanan streaming lainnya.

“Dibebaskan selama hidup, kembali diadili setelah mati,” tulis sinopsis film. “Michael Jackson: Chase The Truth menghadirkan investigasi perjuangan hukum yang melibatkan superstar global ini. Teman dekat, mantan staf dan peneliti melukiskan potret intim dunia Jackson yang rumit dan dengan cermat meneliti tuduhan pelecehan seksual.”

Dirilis minggu ini, film ini menampilkan kesaksian dari mantan pengawal Jackson, Matt Fiddes, dan aktor Mark Lester—yang mengklaim tuduhan pelecehan Safechuck dan Robson adalah fiktif dan termotivasi keuntungan finansial.

“Ini selalu [berkaitan dengan kepentingan] finansial,” kata Fiddes di film. “Sulit mempercayai bagaimana tuduhan-tuduhan ini bisa benar.”

Baca Juga: Dokumenter Baru Michael Jackson Tayang Perdana di Sundance Tahun Ini!

Sementara itu, penulis biografi Jackson, Mike Smallcombe, menambahkan, “Sekarang dua penuduh akan menuntut ahli waris Jackson. Semua penuduh Michael Jackson – ini semua selalu tentang uang.”

Menyebarkan trailer-nya di Instagram, Fiddes menuliskan dirinya “menduga Wade dan James sedang bersembunyi di balik batu bersama Dan Reed di suatu tempat dengan rasa malu sekarang!” Dia melanjutkan, “Saya ingin mengundang Wade, James dan Dan Reed untuk datang dan menantang kami di TV UK langsung tentang pria yang kami kenal, teman kami Michael Jackson.

Chase The Truth, Dokumenter Baru yang Membela Michael Jackson-2
Michael Jackson dan James Safechuck pada tahun 1988

Fiddes menambahkan, “Kami tidak perlu menghadirkan rekaman selama empat jam yang diedit untuk menunjukkan kebenaran tentang teman kami dan kebohongan tentangnya. Saya sudah cukup dengan omong kosong ini. Kami mengatakan yang sebenarnya dalam satu jam! Dia bahkan tidak di sini untuk membela dirinya sendiri.

Baca Juga: BBC Radio 2 Berhenti Putar Lagu-Lagu Michael Jackson

“Doa saya menyertai Ibu Jackson dan seluruh keluarga Jackson. Mereka telah melalui banyak hal termasuk anak-anak Michael. Seperti yang dulu biasa dikatakan Michael pada saya, “Semakin besar bintangnya, semakin besar pula targetnya,” dan dia masih menjadi bintang terbesar walau sudah mati.”

View this post on Instagram

So the “Factual” documentary about the “real” #Michael Jackson is being released around the world right now! Thank you so much for your feedback and kind words! 🙏 So glad it’s exceeded your expectations and I expect Wade and James are hiding behind a rock along with Dan Reed somewhere with embarrassment right now! I would love to invite Wade, James and Dan Reed to come and challenge us on live UK 🇬🇧 TV about the man we knew, our friend @michaeljackson and let’s have @tajjackson with is too and @brandijackson82 and see how they got on! Maybe @piersmorgan too! I may even throw in some free martial arts lessons for Wade, James and Dan Reed if you come over to the UK 😂🥋but I doubt you will face us as we know the truth and your gutless! We don’t need 4 hours of edited footage to show the truth about our friend Michael Jackson and the lies about him. I have had enough of this nonsense. We told the truth in 1 hour! He is not even here to defend himself. You should be ashamed of himself. Thank you to all the fans! And sorry for the wait as everyone involved wanted it to be perfect. I believe this crushes “Leaving Neverland” and I hope stops the documentary winning the nominations for the Emmy awards!! Complete Madness! Thoughts are with Mrs Jackson and the whole Jackson family. They have been through so much including Michael’s children. As Michael used to say to me. “The bigger the star, the bigger the target” and he is still the biggest in death. He was unique and it’s hard to explain who Michael really was unless you knew him. Most genius and gifted people are different. Michael is an easy target as he was so humble! And will always be the greatest entertainer of all time who will all miss so much! Friends stick together. 😉 Love to you all Matt Fiddes #michaeljackson #chasethetruth #factsdontliepeopledo #jackson #jackson5 #leavingneverland #documentary #mattfiddes #thetruth #amazonprime #kingofpop @tajjackson @poppa3t @entertainmeproductions @rmpublicityofficial @tjjackson9 @tarylljackson @brandijackson82 @janetjackson @officialsiggyjackson @jackiejackson5 @thejacksons

A post shared by 🥋Matt Fiddes (@officialmattfiddes) on

Beberapa waktu lalu, sutradara Leaving Neverland Dan Reed menanggapi soal kritik terhadap Robson karena dia sebelumnya membela Jackson di bawah sumpah selama persidangan di tahun 2004.

“Wade menyatakan dalam film saya, dia melakukan sumpah palsu karena dia tidak tahan melihat Jackson, pria yang dicintainya, masuk penjara,” tulisnya.

Menjelaskan bahwa “mengatakan yang sebenarnya adalah hal yang mustahil” bagi Robson saat itu, Reed menambahkan: “Dia tidak pernah memberi tahu seorang pun, sekalipun ibunya. Jadi orang-orang di sekitar Jackson sekarang menyebutnya pembohong yang diakui. Argumen ini runtuh saat kamu menggunakan akal sehat sedikit saja.

“Apakah dia berbohong waktu itu? Atau apakah dia berbohong sekarang? Kamu tidak bisa bersikap dua-duanya.”

Baca Juga: Lagu-Lagu MJ Ditarik Dari Radio Selandia Baru & Kanada

Reed juga mengomentari tentang orang-orang terdekat Jackson yang mengetahui pengaturan posisi tidurnya yang sangat kontroversial.

“Hal yang paling luar biasa dalam semua ini adalah tidak ada satu pun yang menyangkal bahwa Jackson membawa anak laki-laki kecil ke tempat tidurnya, setiap malam, selama bertahun-tahun,” jelasnya. “Menurut keluarga dan rekan bisnisnya, apa yang dilakukan [Jackson] dengan bocah-bocah ini di balik pintu yang terkunci?

“Apakah mereka percaya dia sebenarnya seorang anak kecil dalam tubuh lelaki dewasa dan karena itu perlu tidur dengan anak laki-laki? Itu tidak masuk akal kalau kamu memikirkannya lebih dari satu detik.”

Chase The Truth, Dokumenter Baru yang Membela Michael Jackson-3
Michael Jackson, Madame Tussauds, London, 1985

Saat ditanya NME apakah dia bisa membayangkan ada orang yang masih berusaha membela Jackson setelah menonton film dokumenternya, Reed menjawab: “Saya tidak bisa bayangkan. Ini bukan hanya mendengar [Robson dan Safechuck] menceritakan kisah mereka—ini tentang melihat dampaknya pada ibu mereka, pada istri mereka, pada kakak dan adik mereka. [Dalam contoh masing-masing] seluruh keluarga merasa hancur mengetahui apa yang terjadi sebenarnya.

“Di akhir empat jam, sangat sulit membayangkan siapa pun akan dapat mengabaikan serangkaian wawancara yang konsisten dan emosional. Orang-orang ini bukan aktor jenius. Menyuruh ibumu tampil di televisi dan berkata, ‘Saya melakukan kesalahan dan saya membiarkan anak laki-laki saya jatuh ke tangan seorang pedofil pemangsa’ – untuk rata-rata anak, itu adalah langkah yang cukup gila jika yang kamu kejar hanyalah sedikit uang.”

Setelah perilisan Leaving Neverland, sejumlah besar penggemar Jackson turun ke jalanan kota London untuk unjuk rasa. Michael Jackson membantah pernah melakukan segala bentuk kejahatan sebelum tutup usia di 2009.

Baca Juga: HBO Tetap Tayangkan Leaving Neverland!

Minggu ini, Robson juga berbicara tentang keputusan MTV untuk mempertahankan nama Jackson di VMA Vanguard Award mereka.

Keterangan Foto Utama: Michael Jackson, Raja Pop yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. (Foto: Redfens/Phil Dent)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Set Deadmau5 di Ultra Music Festival Hadir Dalam Dokumenter Baru

Set Deadmau5 di Ultra Music Festival Hadir Dalam Dokumenter Baru

Pelanggan layanan TIDAL bisa menyaksikan proses di balik layar perjalanan deadmau5 dan mau5trap ke Ultra Music Festival 2019. TIDAL bekerja sama dengan

on Aug 8, 2019
Bon Iver Luncurkan Dokumenter Baru Jelang Album Baru & Tur Arena

Bon Iver Luncurkan Dokumenter Baru Jelang Album Baru & Tur

Autumn—dokumenter garapan Andrew Swant—membahas persiapan tur besar Bon Iver dan evolusinya dalam musik. Bon Iver akan meluncurkan i, i pada 30 Agustus

on Aug 1, 2019
Nama Michael Jackson Akan Dihapus dari Video Vanguard Award MTV?

Nama Michael Jackson Akan Dihapus dari Video Vanguard Award MTV?

Enggan menjadi bahan kritikan, MTV mempertimbangkan akan menghapus nama MJ dari salah satu penghargaannya. MTV Video Music Awards akan digelar kurang dari s

on Jul 31, 2019
Versi Digital Dokumenter John Lennon & Yoko Ono Akan Segera Hadir

Versi Digital Dokumenter John Lennon & Yoko Ono Segera Hadir!

John & Yoko: Above Us Only Sky mendokumentasikan hubungan keduanya yang unik dan abadi dan proses pembuatan album Imagine dari tahun 1971. Film dokument

on Jul 31, 2019