×
×

Search in Mata Mata Musik

Che Cupumanik Kenang Glenn Fredly Sebagai Pejuang Musik Indonesia

Posted on: 04/10/20 at 5:30 am

Che "Cupumanik".
Che “Cupumanik”. (Foto: Instagram.com/@checupumanik).

Kepergian Glenn Fredly menyisakan duka yang mendalam bagi orang terdekatnya. Di mata mereka, Glenn tak hanya sekedar penyanyi namun juga pejuang yang memiliki peranan besar dalam tatanan musik di Indonesia.

Kabar meninggalnya Glenn Fredly membuat vokalis Cupumanik, Che kaget. Baginya ini adalah kehilangan besar bagi musik Indonesia.

“Tadi malam mendengar kabar dia berpulang rasanya sulit sekali dipercaya. Dalam tragedi besar kemanusiaan, musik Indonesia juga berduka, kehilangan salah satu putra bangsa,” tulisnya seperti dikutip dari akun Instagram-nya.

Che mengenang sosok Glenn Fredly yang begitu gigih dalam memperjuangkan sekaligus memetakan ekosistem musik Indonesia. Dia teringat saat Glenn menghubunginya di pagi hari untuk membahas industri musik Indonesia di hadapan Presiden.

Glenn Fredly.
Glenn Fredly.

“Suatu pagi, jam 06:00 subuh, @glennfredly309 telepon saya: “Che, gue hubungi lo dari tadi malem, mungkin lo udah tidur. Sorry telepon lo pagi-pagi. Gini Che, nama lo harus udah masuk dari tadi malem ke daftar tamu istana sebenarnya, gue butuh lo untuk menemui Jokowi siang ini, berangkat ya Che, gue butuh musisi yang ikut diskusi dari wilayah sidestream, beberapa musisi yang lain udah konfirmasi hadir, ayo Che,” tulisnya.

Che memutuskan untuk hadir karena memiliki tujuan yang sama terhadap masa depan musik Indonesia ke depannya.

“Gue bersedia hadir karena satu tujuan yang sama dengan dia, yakni mewujudkan ekosistem musik yang baik hari ini dan terutama untuk masa depan. Gue mau berangkat karena merasakan, bahwa Glenn melakukan itu untuk sebuah cita-cita luhur bersama,” lanjutnya.

Pribadi Glenn Fredly yang sangat baik membekas dalam memori Che. Sikap toleransi dan apresiasi terhadap orang lain begitu tulus, membuat Che selalu terkenang.

“Glenn, orang yang ramah, mudah menyapa, menghargai umat agama lain, murah hati dalam memberi apresiasi pada seseorang,” tulisnya.

Dia mengenang semua momen saat berinteraksi dengan pelantun lagu ‘Januari’ dalam membahas tata kelola musik Indonesia. Kepergian Glenn membuat Che berjanji akan meneruskan perjuangan apa yang telah dirintis bersama.

“Makasih Glenn, maafkan..kadang gue keras dalam mengungkapkan opini dalam sebuah forum, kadang kita berbeda pandangan, kita pernah berseberangan argumen, kita sering telepon berjam-jam intens untuk mencari solusi bersama, dan lo selalu memperlihatkan sikap bersahabat dan ngajak gue untuk fokus demi cita-cita tata kelola musik Indonesia yang lebih baik. Gue akan lanjutkan perjuangan itu bro,” paparnya.

“Gue membungkus kalimat yang sering lo ketik untuk gue: “Hope we can fight together for today’s & our next music generation”. Harapan itu akan tinggal di kepala gue Glenn,” imbuhnya.

Glenn Fredly Deviano Latuihamallo meninggal dunia pada 8 Maret 2020 pukul 18.47 akibat penyakit Meningitis yang diidapnya. Glenn menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Setia Mitra Cilandak, Jakarta Selatan. Glenn Fredly dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakara Selatan.

Penulis: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Mutia Ayu

    Single 'Muara Hati' Jadi Curahan Rasa Rindu Mutia Ayu Ke Orang Yang Te...

    Mutia Ayu. (Foto: dok. Musik Bagus). Merindukan seseorang yang kita sayangi itu wajar. Karena dengan rasa rindu itulah, yang membuat kita bisa bertahan mele

    on Jan 27, 2021
    Che Cupumanik dan Robi Navicula

    Che Cupumanik & Robi Navicula Rilis 'Jiwa Yang Berani' Untuk Rock Memb...

    Robi (Navicula) dan Che (Cupumanik). Pada saat menjelang proses perilisan buku Rock Memberontak, sekitar tahun 2015. Vokalis Cupumanik, Che mengusulkan ide

    on Oct 27, 2020
    Spotify

    Fitur Lirik Dari Spotify Kini Tersedia di Indonesia dan 25 Negara Lain...

    Spotify fitur lirik. Spotify mengumumkan bahwa fitur lirik di aplikasi streaming musik ini sekarang telah tersedia untuk semua pengguna gratis dan premium d

    on Jul 2, 2020
    Cupumanik

    Cupumanik Melahirkan Kembali Lagu 'Yang Kan Terjalani' Dengan Kemasan ...

    Cupumanik kembali dengan single baru yang sebenarnya lagu lama yang "Previously Unreleased". Judul lagunya 'Yang Kan Terjalani' yang sengaja mereka buat "r

    on May 3, 2020