×
×

Search in Mata Mata Musik

Che Cupumanik & Robi Navicula Rilis ‘Jiwa Yang Berani’ Untuk Rock Memberontak

Posted on: 10/27/20 at 10:30 am

Che Cupumanik & Robi Navicula Rilis 'Jiwa Yang Berani' Untuk Rock Memberontak
Robi (Navicula) dan Che (Cupumanik).

Pada saat menjelang proses perilisan buku Rock Memberontak, sekitar tahun 2015. Vokalis Cupumanik, Che mengusulkan ide kepada penulis buku tersebut, Eko Wustuk: “Eko, buku lo ‘kan tentang cara menulis lirik, pasti nanti ada wartawan yang nanya, kok nggak sekalian bikin lagu?, dua orang lirikus ini ‘kan penulis lagu?, jadi kenapa nggak sekalian saja bikin lagu kolaborasi?”. Eko dan tim penerbit menyambut dengan antusias ide itu.

Baca juga: Cupumanik Melahirkan Kembali Lagu ‘Yang Kan Terjalani’ Dengan Kemasan Baru

Che langsung membuat sketsa komposisi musik dengan memakai gitar. Kemudian doi kirimkan videonya melalui aplikasi chat ke Robi vokalis Navicula yang berada di Bali. Che Cupumanik dan Robi Navicula melakukan proses workshop lagu secara online. Robi mengirimkan video balasan kepada Che, dengan masukan ide aransemen. Setelah aransemen semakin terang bentuknya. Che bersama tim videografer buku Rock Memberontak bernama Topang, pergi menuju Bali pada 22 November 2015.

Cover buku Rock Memberontak oleh Eko Wustuk.

Proses workshop dan rekaman dilakukan di studio Jos Music Lab, milik Wayan Jos, vokalis Zat Kimia dan Kaimsasikun. Dan Wayan Jos sekaligus dipilih untuk menjadi music director/producer dari proyek kolaborasi ini. Workshop dan proses rekaman berlangsung dari tanggal 23 – 24 November 2015. Bahkan Che dan Robi belum menyiapkan lirik lagu. Mereka bertukar ide, dan saling mengungkapkan pandangan mengenai pesan lagu ketika bertemu di Bali. Akhirnya tercetus pesan yang disepakati, bahwa lagu ‘Jiwa Yang Berani’ adalah tentang keberanian melawan rasa minder dan kemalasan untuk tetap berkarya. Proses workshop lagu di studio, momennya diabadikan oleh Topang, bisa kalian lihat dokumentasinya di link berikut ini.

Para personil Zat Kimia dilibatkan dalam proses rekaman. Wayan Jos mengisi departemen gitar. Noriz Kiki mengisi dram dan Edy Pande mengisi departemen bass. Setelah sesi rekaman selesai, proses mixing dan mastering dieksekusi oleh Deny Surya, dramer dari band Dialog Dini Hari.

Kami memilih tanggal rilis lagu ‘Jiwa Yang Berani’ pada tanggal 20 Oktober 2020. Tepat 5 tahun lalu pada saat buku Rock Memberontak dirilis. Buku yang menguak secara detail proses kreatif Che Cupumanik dan Robi Navicula dalam menulis lagu rock/grunge, ditulis Eko Wustuk dan diterbitkan Edraflo Books. Ikut berperan dalam penulisan dan penerbitan buku adalah Gede (penerbit), Rudi (desainer), Davro (ilustrator), Adi (fotografer), Topang (videografer), dan Denny (marketing).

Merayakan 5 tahun kehadiran buku tersebut di dunia musik Indonesia. Che dan Robi, dua vokalis band grunge Nusantara ini, akhirnya memutuskan berkolaborasi dan merilis lagu yang mereka tulis khusus sebagai soundtrack buku. Untuk pertama kali, lagu ini rilis dalam bentuk Video Lyric melalui kanal YouTube Che Cupumanik, Robi Navicula dan Eko Wustuk.

Baca juga: Navicula Sebarkan Pesan Positif Di Video Lagu Bertemakan Nyepi Berkaitan Dengan Wabah COVID-19

Audio lagu ‘Jiwa Yang Berani’ juga akan tayang di platform streaming music digital. Di masa pandemi, ketika kondisi sulit dan ruang gerak begitu terbatas, semangat berkarya harus tetap menyala, seperti penggalan syair ‘Jiwa Yang Berani’ berikut ini: “Lipat gandakan senjata, walau diancam bahaya, kita manusia merdeka, dan ini bukan dosa”.

Akhir kata, tetap resah dan teruslah berkarya. Ok, selamat mendengarkan ‘Jiwa Yang Berani’, bray…

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Terbaik

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Secara Social Distancing Terbaik

Tahun 2020 memang penuh tragedi dan menyebalkan tentunya, terutama sejak dimulainya pandemi Covid-19 alias Kopad-Kopid Kagak Jelas ini, di mana seluruh sek

on Nov 23, 2020
Saturia

Terinspirasi Dari Mimpi, Saturia Lepas Single 'Lucid' Yang Lebih Melan...

Saturia. Bagi pembaca lama MataMata Musik, pasti belum lupa ingatan dengan Saturia, band rock asal Yogyakarta yang menjadi juara Turnamen 32 Lagu Rock Indon

on Nov 23, 2020
Ruang Kendali

Alt-Rocker Ruang Kendali Ajak Menyelami Ruang Pikir Via Single Debut '...

Ruang Kendali. Berusaha menjadi lebih baik mungkin tujuan semua orang. Dalam beberapa agama pun dianjurkan demikian. Bahkan beragama atau pun tidak, stateme

on Nov 20, 2020
Antartick

Alt-Rocker Asal Bogor Antartick Luncurkan Album Perdana "The Lone Whit...

Antartick. Empat tahun berjalan di scene musik indie, tiba saatnya Antartick merilis album perdana mereka bertajuk The Lone White Wolf. Sebagai pembuka, ban

on Nov 18, 2020