×
×

Search in Mata Mata Musik

Chino Moreno (Deftones): Nggak Usah Malu Kalau Lo Suka Nu-Metal Walau Itu Bodoh!

Posted on: 09/25/20 at 1:00 pm

Chino Moreno (Deftones): Nggak Usah Malu Kalau Lo Suka Nu-Metal Walau Itu Bodoh!
Chino Moreno (Deftones). (Foto: UIG via Getty Images).

Siapa lagi band alternative metal asal Sacramento, California, Amerika Serikat yang namanya sangat berkibar kencang di blantika musik cadas internasional dari awal dekade 1990-an sampai sekarang. Ya Deftones lah. Namun Deftones sering kali kiprahnya disamakan dengan band-band nu-metal yang berjaya dalam satu era dengan mereka, meskipun mereka sudah lama menolak genre tersebut. Deftones juga merasa bukan bagian dari trend musiknya.

Baca juga: Chino Moreno Hadirkan Chelsea Wolfe di Lagu Baru Saudade

Dalam sesi wawancara baru, sang vokalis, Chino Moreno memberikan beberapa kritikan keras terhadap nu-metal tetapi pada akhirnya nggak menyalahkan siapa pun karena menyukai gaya musik metal yang dulu sangat sangat populer itu.

Ketika Vulture bertanya tentang orang-orang yang menyemooh era nu-metal atau merasa malu karena mendengarkannya dan menyukainya, Chino Moreno mengakui bahwa nu-metal mungkin agak memalukan, tetapi hal itu nggak boleh menghalangi siapa pun untuk menikmatinya.

“Mereka selalu merasa bersalah mendengarkan hal-hal tertentu,” kata Chino Moreno. “Menurut gue itu sama sekali bukan (Deftones), tapi yang pasti Limp Bizkit dan ‘omong kosong’ semacam itu. Gue pikir para bajingan juga malu untuk menyukai ‘omong kosong’ semacam itu saat itu. Lo nggak bisa menyangkalnya. Beberapa band sangat bagus, tapi mereka tahu saat itu bahwa itu bodoh. Maksud gue, dengarkan kata-katanya deh (dalam liriknya). Itu bodoh. Jadi dalam retrospeksi mereka nggak seperti, ‘Gue nggak percaya gue pernah mendengarkannya’. Nggak, nggak seperti itu. Ini tuh seperti, ‘Nggak, ketika lo mendengarkannya, lo tahu itu bodoh, tetapi lo menyukainya. Dan itu nggak apa-apa kok”.

Chino Moreno menambahkan: “Nggak ada yang harus malu dengan hal-hal yang mereka sukai itu bodoh. Suka saja apa yang lo suka. Siapa yang peduli, ye ‘kan? Jangan mencoba menjadi lebih suci dari orang lain. Kalau lo menyukainya, jangan malu, karena saat itu nggak ada yang lebih pintar. Itu adalah musik yang sama dengan 20 tahun lalu. Dan tahu nggak lo? Itu menarik. Gue mengerti. Nggak ada yang salah dengan itu”.

Ketertarikan terhadap nu-metal terasa melonjak akhir-akhir ini, ditandai dengan reunian Static-X dan kemunculan band-band muda seperti Code Orange, AFTERLIFE yang memasukkan unsur-unsur nu-metal ke dalam musik metal mereka. Sementara itu, salah satu pionir dan dedengkot nu-metal, Korn, masih gagah perkasa. Album terakhirnya, The Nothing, menuai respons positif dari para fans lama dan baru mereka.

Sedangkan untuk Deftones, mereka merilis album baru mereka, Ohms, tepat pada hari ini, Jum’at, 25 September, dan Chino Moreno memberikan beberapa detail tambahan tentang album yang sangat dinantikan tersebut. Album ini awalnya akan dirilis awal tahun ini, tetapi pandemi kopad kopid ora jelas membuat produksinya sempat terhenti. Chino Moreno telah menyelesaikan take vokal sebelum liburan akhir tahun lalu, dan belum bertemu rekan-rekan band Deftones-nya satu pun sejak sebelum pandemi dimulai.

“Gue menyelesaikan hampir semua vokal tepat sebelum liburan, menjelang akhir tahun (lalu),” kata Chino Moreno kepada Vulture. “Ketika tahun ini dimulai, gue harus kembali ke rumah Terry (Date, produser rekaman -Ed.). Dia tinggal di Seattle, dan gue tinggal di Portland, jadi sekitar tiga jam perjalanan ke rumahnya. Gue mengendarai mobil ke rumahnya, dan hanya gue dan dia di studio. Dia nggak pergi kemana-mana, gue pun nggak pergi ke mana-mana. Jadi gue merasa cukup aman hanya dengan gue dan dia. Selain itu, gue bahkan belum pernah bertemu teman-teman band gue yang lain selama hampir setengah tahun sekarang. Ini gokil, men”.

Baca juga: Chino Moreno Sumbang Vokal di Lagu Vowws “Structure of Love II”

Ok, mari kita dengarkan salah satu lagu baru dari album terbaru Deftones di bawah ini, kemudian disusul oleh dua video musik dari album lawas Around the Fur (1997), yakni ‘My Own Summer’ dan ‘Be Quiet And Drive (Far Away)’.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Mudvayne

    Mudvayne Resmi Reuni Setelah 12 Tahun Absen & Terjadwal Di 4 Festival

    Mudvayne. (Foto: Mick Hutson/ Redferns). Setelah beristirahat panjang, kuartet metal Mudvayne dikabarkan bersatu kembali. Nama gerombolan berpenampilan "sho

    on Apr 20, 2021
    System Of A Down

    System Of A Down 'Chop Suey!' Jadi MV YouTube Metal Pertama Raih 1 Mil...

    System Of A Down saat syuting video musik 'Chop Suey!'. MV (Music Video) untuk lagu klasik System Of A Down 'Chop Suey!' telah mencapai lebih dari 1 miliar

    on Nov 28, 2020
    12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Terbaik

    12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Secara Social Distancing Terbaik

    Tahun 2020 memang penuh tragedi dan menyebalkan tentunya, terutama sejak dimulainya pandemi Covid-19 alias Kopad-Kopid Kagak Jelas ini, di mana seluruh sek

    on Nov 23, 2020
    Stephen Carpenter

    Stephen Carpenter (Deftones) Akui Dirinya Penganut Bumi Datar & Keboho...

    Stephen Carpenter. (Foto: Debi Del Grande). Gitaris Deftones, Stephen Carpenter dikenal sebagai seorang advokat legalisasi mariyuana yang paling menonjol di

    on Nov 13, 2020