×
×

Search in Mata Mata Musik

Rekam Jaya Rekonstruksi EP Christabel Annora ‘Sudut Kamar’ Dalam Format Kaset

Posted on: 08/15/20 at 10:00 am

Merekonstruksi EP Christabel Annora 'Sudut Kamar' Dalam Format Kaset
Christabel Annora.

Pada tanggal 15 Agustus 2020, toko dan lini distribusi Rekam Jaya resmi merilis unit katalog pertamanya via divisi label rekamannya, yaitu mini album Sudut Kamar milik pianis/penulis lagu asal kota Malang, Christabel Annora. Album yang berisi enam lagu instrumental ini dirilis dalam format kaset, edisi terbatas hanya dicetak sejumlah 50 kopi saja dengan hand-numbered.

Baca juga: Manifestasi Kegelisahan dan Harapan Christabel Annora di EP ‘Sudut Kamar’

Kaset Sudut Kamar memang sengaja diproduksi secara eksklusif dan terbatas. Harapannya bisa menjadi collector’s item yang berharga bagi para penggemar karya musik Christabel Annora. Tercantum nomor seri pada sampul belakangnya sebagai penanda. Performa kasetnya pun menjadi semakin unik dan menarik karena dibungkus dengan kemasan box jadul ala kaset-kaset jazz lawas rilisan era 1980-an.      

Mini album Christabel Annora Sudut Kamar format kaset.
Mini album Christabel Annora Sudut Kamar format kaset.

Christabel Annora merupakan pianis, penulis lagu dan penyanyi yang sudah tidak asing di kota Malang. Dia sempat main band bersama Get Panic, juga pernah berkolaborasi dengan beberapa musisi seperti The Morning After, Folkapolka, Silampukau, Ajer, Payung Teduh, hingga Slank. Christabel Annora merilis debut album berjudul Talking Days pada tahun 2016. Karier bermusiknya tidak terhenti ketika dia mesti melanjutkan studi di Edinburgh (Skotlandia) dan membawa pulang “oleh-oleh” berupa materi album Dari Jauh (2019). Produktifitasnya ternyata makin membara di tahun 2020 dengan merilis single ‘Perempuan-Perempuan’ dan mini album Sudut Kamar.

Sesuai dengan judul mini albumnya, semua komposisi lagu pada Sudut Kamar ini ditulis dan direkam sendirian oleh Christabel Annora di kamarnya pada masa karantina selama pandemi Covid-19. Selepas materi rekamannya selesai, langsung memasuki proses mixing dan mastering oleh Bambang Iswanto di Nero Studio, Malang. Semuanya mereka kerjakan dalam tempo cepat dan sesingkat-singkatnya.

Baca juga: Christabel Annora Persembahkan ‘Perempuan-Perempuan’ Lagu Ode Kaum Hawa

Semua ilustrasi dan desain sampul kaset Sudut Kamar juga dikerjakan sendiri oleh Christabel Annora yang sehari-hari memang berprofesi sebagai dosen pengajar desain di perguruan tinggi di Surabaya.

Mini album Sudut Kamar sejatinya sudah pernah dirilis dalam versi digital melalui platform Spotify dan Apple Music, pada bulan Juni 2020 yang lalu. Hanya saja di situ cuma memuat empat lagu: ‘Tirai Pembuka’, ‘Sudut Kamar’, ‘Selamat Pagi’, dan ‘Perempuan-Perempuan’.

Sementara dalam versi kaset ini berisikan empat lagu seperti di atas, plus tambahan dua bonus track yang belum pernah dirilis sebelumnya. Bonus pertama, ‘Selfishness’ yang digubah dalam komposisi instrumental, versi orisinilnya yang berlirik pernah termuat pada album Talking Days (2016). Bonus kedua adalah ‘Blues Dari Rumah’, tembang anyar bernuansa blues klasik yang digarap spesial untuk kaset Sudut Kamar. Christabel Annora juga menulis eksplanasi singkat soal latar belakang setiap lagunya pada buklet kecil di kaset ini.

Secara keseluruhan, album Sudut Kamar memang lahir sebagai manifestasi pikiran dan jiwa Christabel Annora selama masa pandemi. Merekam perasaannya di masa karantina, Work From Home, berkarya di rumah, kolaborasi secara virtual, serta segala aktifitas harian yang terpaksa kudu dijalani sendirian di kamarnya. Di setiap komposisinya bertabur liukan keresahan, kesedihan, dan kepasrahan yang dituangkan lewat denting piano. Secara harfiah, Sudut Kamar juga bisa menjadi simbol yang mewakili ruang personal Christabel Annora ketika merenung dan merefleksikan kehidupannya.

Sebagai materi instrumental, Christabel Annora tetap membebaskan para pendengarnya untuk memberi makna dan nyawa pada setiap lagu tanpa musti dibatasi lirik atau kata-kata. Sebagai pelengkap, dia juga sempat mencetak buku partitur dan aneka macam merchandise dari Sudut Kamar.

Kaset Sudut Kamar diproduksi dan diedarkan oleh Rekam Jaya. Setelah melakoni aktifitas toko rekaman sejak akhir tahun 2019, saat ini Rekam Jaya mulai menjalankan unit label rekaman untuk membantu proses produksi, promosi dan distribusi karya rilisan fisik para musisi/band dari kota Malang.

Opsi pertama Rekam Jaya jatuh kepada Sudut Kamar, dan ini tentu bukan pilihan yang salah atau gegabah. Terbukti, stok sesi pre-order kaset Sudut Kamar langsung ludes dalam waktu singkat, kurang dari 24 jam saja, diserbu oleh fans Christabel Annora dari berbagai kota.

Kaset Sudut Kamar beredar resmi untuk pasaran luas mulai hari Sabtu, tanggal 15 Agustus 2020. Pada hari itu juga sekaligus digelar Program Pesta Rekam Jaya berupa penjualan perdana kaset Sudut Kamar di Toko Rekam Jaya serta sesi talkshow bersama Christabel Annora secara virtual melalui Instagram Live.

Selepas ini, masih akan ada kejutan dan takdir lain yang sedang dipersiapkan untuk membawa Sudut Kamar ke ruang-ruang kemungkinan yang lain. Kita tunggu saja deh.

Bagi yang belum kebagian kasetnya, silakan dengar EP digitalnya, hehe.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Kenny Gabriel

Kenny Gabriel Fitur Moneva & Popsickle Semangati Rasa Percaya Diri Via...

Kenny Gabriel, MONEVA, POPSICKLE. Perfomer/Produser/Musisi/Pencipta Lagu/DJ Kenny Gabriel telah mengeluarkan single ketiga bernapaskan pop dan R&B yang

on Oct 27, 2020
Syifa Hadju

Aktris Syifa Hadju Unjuk Bakat Menyanyi Via Single Perdana 'Setia atau...

Syifa Hadju. (Foto: MD Musik Indonesia). Siapa yang nggak kenal Syifa Hadju? Kalau belum ya kenalan dulu. Aktris yang kini sedang naik daun dari kemampuan b

on Oct 26, 2020
Anneth

Anneth Merilis 'Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti', Single Baru Pop Yan...

Anneth. Anneth Delliecia Nasution yang akrab di sapa Anneth, adalah salah satu bintang jebolan ajang pencarian bakat yang terbilang sukses di dunia hib

on Oct 24, 2020
Arfa

Arfa Patahkan Stereotip Via 'Holy', Single Tentang Jenis Cinta Yang Le...

Arfa. Setelah sukses merilis single debutnya, 'Next Flight', Arfa kembali hadir dengan single berjudul 'Holy' pada hari Jum'at, 16 Oktober. Terinspirasi dar

on Oct 19, 2020