×
×

Search in Mata Mata Musik

Christina Aguilera dan Liu Yifei Jadi Sorotan Utama OST Film ‘Mulan’ (2020)

Posted on: 09/6/20 at 7:00 am

Christina Aguilera dan Liu Yifei Jadi Sorotan Utama OST Film 'Mulan' (2020)
Poster film Mulan.

Versi terbaru film Mulan resmi tayang pada 4 September 2020 waktu Amerika Serikat (AS). Karena pandemi virus Corona masih dijadikan status darurat oleh penguasa dunia, salah satu tontonan paling ditunggu oleh masyarakat pecinta film ini akhirnya ditayangkan ke seluruh dunia melalui aplikasi berbayar Disney+ mulai 5 September.

Baca juga: Mastodon Sibuk Siapkan Soundtrack Film ‘Bill and Ted’ dan Album Baru

Sebagai salah satu film live action garapan rumah produksi Disney, banyak kalangan yang menunggu-nunggu aksi peran aktris Liu YiFei sebagai Mulan yang menyamar sebagai prajurit pria dalam membela bangsa Cina.

Dan film Disney merupakan film yang identik dengan lagu-lagu pengiringnya, selain turut sebagai ilustrasi musikalnya, tentunya bisa menawan hati para penikmat filmnya. Film Mulan juga nggak luput dari hal ini. Kehadiran Original Soundtrack (OST) film yang turut dibintangi dua aktor bela diri legendaris, Donnie Yen dan Jet Li ini menjadi pelengkap yang akan mengiringi kisah perjalanan Mulan yang penuh lika-liku.

Ok inilah 5 lagu yang menjadi highlights dalam OST Mulan tahun 2020.

1. Christina Aguilera ‘Reflection’

Film “Mulan 2020” ini membawa Christina Aguilera kembali merekam versi baru dari ‘Reflection’ yang diproduksi oleh Harry Gregson-Williams. Hasilnya sangat luar biasa untuk dilihat. Dengan membandingkan video musik ‘Reflection’ versi tahun 1998 dengan video musik tahun 2020 ini, kita bisa melihat nggak hanya seberapa banyak vokal Christina Aguilera yang terdengar matang, tetapi juga seberapa besar kekuatan yang dimiliki penyanyi berusia 39 tahun itu terhadap citra baik nama dan kariernya. Fact check, Christina masih berusia 17 tahun ketika merekam lagu ini untuk film animasi Mulan, 1998 silam itu.

2. Liu Yifei ‘Reflection’ Versi Cina

Nggak hanya berbahasa Inggris, lagu ‘Reflection’ ini juga tersedia dalam bahasa Mandarin. Bahkan Liu Yifei sendiri yang menjadi penyanyi dari ‘Reflection’ berbahasa Mandarin ini. Nggak hanya jago berakting, Liu Yifei ternyata juga memiliki bakat menyanyi. Jadi makin nge-fan rasanya.

Sebelum Liu Yifei, Mulan juga pernah merekam ‘Reflection’ versi bahasa Mandarin yang dinyanyikan oleh Coco Lee. Coco Lee adalah penyanyi Amerika kelahiran Hong Kong yang menjadi dubber alias pengisi suara peran Mulan dalam versi bahasa Mandarin dari film animasinya yang dirilis di Taiwan, 1998 silam.

Seperti Christina Aguilera, Disney juga membawa Coco Lele kembali merekam versi bahasa Mandarin ‘Reflection’-nya untuk OST “Mulan 2020” walau nggak masuk album OST-nya, dirilis sebagai single terpisah.

3. Lee Suhyun ‘Reflection’ Versi Korea

Korea Selatan adalah pasar film terbesar kelima di dunia. Meskipun mungkin belum mendekati AS atau Cina dalam hal pendapatan total, box office Korea Selatan menghasilkan sekitar 1,91 triliun won Korea Selatan atau sekitar Rp 23,7 triliun dari pendapatan pada tahun 2019. Hal ini menjadikannya faktor untuk distribusi dan pemasaran film-film blockbuster besarnya Hollywood, termasuk Mulan.

Kembali pada tahun 1998, Disney juga pernah merilis versi bahasa Korea dari ‘Reflection'” yang dinyanyikan oleh Lena Park, tetapi sejauh informasi yang diterima, single tersebut nggak memiliki video musiknya.

4. Christina Aguilera ‘Loyal Brave True’

Christina Aguilera ternyata nggak cuma satu lagu mengisi OST film Mulan. Doi juga menyanyikan lagu ‘Loyal Brave True’. Selain video visual, Disney juga merilis video lirik ‘Loyal Brave True’. Dengan suara menawan Christina Aguilera, ‘Loyal Brave True’ menceritakan tentang ayah Mulan, Hua Zhou, yang menyatakan bahwa beliau adalah “pejuang hebat yang setia, pemberani, yang sejati”. Simbol Cina untuk “Loyal Brave True” muncul di pedang Hua Zhou.

5. Lagu Instrumental

Namun nggak sedikit yang menyayangnya bahwa Mulan hanya memiliki 2 lagu utama, yakni ‘Reflection’ dan ‘Loyal Brave True’ yang memiliki lirik di dalam lagu. Sisanya, sutradara Niki Caro memutuskan untuk nggak fokus pada OST. Hal ini merupakan keputusan yang diambil setelah melihat tema film Mulan yang lebih fokus pada peperangan dan nuansa kelam.

Baca juga: Christina Aguilera Rayakan 10 Tahun Album ‘Bionic’ Dengan Lagu Bonusnya

Berikut ini adalah cover album dan tracklist OST Mulan (2020):

Cover album OST Mulan (2020)

1. Ancestors (3:22)
2. Tulou Courtyard (2:06)
3. The Desert Garrison (3:28)
4. Böri Khan & Xianniang (1:38)
5. The Lesson of the Phoenix (3:15)
6. Mulan Leaves Home (3:50)
7. Four Ounces Can Move a Thousand Pounds (3:40)
8. Mulan Rides into Battle (5:24)
9. Honghui (1:18)
10. Training the Men (3:02)
11. The Witch (3:42)
12. “I Believe Hua Mulan” (3:56)
13. The Charge (5:22)
14. Imperial City (3:36)
15. Fight for the Kingdom (5:43)
16. Mulan & The Emperor ( (0:58)
17. Return to the Village (1:33)
18. The Fourth Virtue (4:53)
19. Loyal Brave True (Christina Aguilera) (2:46)
20. Reflection (2020) (Christina Aguilera) (3:38)
21. Reflection (Mandarin) (Yifei Liu) (3:39)

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Band yang Diboikot Disney

15 Band Cadas Yang Diboikot Oleh Walt Disney Karena Alasan Yang Ironis

Bagaikan molekul kimiawi yang berbeda, raksasa korporat Disney dan musik cadas bisa dibilang nggak diciptakan untuk saling bertemu dan bersatu, karena sela

on Sep 3, 2020
Mariah Carey & Nicki Minaj.

Hacker Ancam Akan Lelang Dokumen Legal Mariah Carey, Nicki Minaj dan B...

Mariah Carey dan Nicki Minaj. (Foto: Getty Images). Dalam drama terbaru dalam kasus peretasan data yang melibatkan firma hukum hiburan terkemuka Grubman Shi

on Jun 26, 2020
Christina Aguilera

Christina Aguilera Rayakan 10 Tahun Album ‘Bionic’ Dengan Lagu Bon...

Christina Aguilera. (Fot: Michael Loccisano/Getty Images). Sudah 10 tahun sejak Christina Aguilera naik ke level tinggi dengan merilis album studio keenamny

on Jun 10, 2020
Christina Aguilera

Christina Aguilera Kembali Dalam Film 'Mulan' Dengan Lagu '...

Christina Aguilera kembali isi soundtrack film Mulan. (Foto: Instagram.com/@xtina). Sang penyanyi diva Christina Aguilera kembali ke akar ‘Disney’-nya d

on Mar 10, 2020