×
×

Search in Mata Mata Musik

Christina Aguilera Rayakan 10 Tahun Album ‘Bionic’ Dengan Lagu Bonusnya

Posted on: 06/10/20 at 6:30 am

Christina Aguilera.
Christina Aguilera. (Fot: Michael Loccisano/Getty Images).

Sudah 10 tahun sejak Christina Aguilera naik ke level tinggi dengan merilis album studio keenamnya, Bionic, dan untuk menandai momen itu, Diva superstar itu sekarang membuat lagu bonusnya, ‘Little Dreamer’ yang tersedia di layanan streaming untuk pertama kalinya.

Baca juga: Christina Aguilera Kembali Dalam Film ‘Mulan’ Dengan Lagu ‘Loyal Brave True’

Pada lagu balada pop electro mid-tempo itu, yang sebelumnya hanya tersedia sebagai lagu bonus di iTunes, Christina Aguilera mengucapkan selamat tinggal kepada pemimpi misteriusnya diiringi beat-beat cepat yang diisi dengan berbagai bunyi robotik yang patah-patah dan nge-glitch. “So long, my little dreamer, I will miss your face/ We’ll always stay connected through time and space/ The journey that we shared, but now have to leave/ Will live inside of us for eternity,” lantun Christina Aguilera pada bagian chorus lagu itu.

Dirilis pada 4 Juni 2010, Bionic menempati posisi yang unik dalam katalog musik Christina Aguilera. Menampilkan single utamanya yang sensual berjudul ‘Not Myself Tonight’ serta lagu hit 18+, ‘Woohoo’ yang menampilkan Nicki Minaj dan lagu balada yang sering kali diabaikan, ‘You Lost Me’. Album setengah manusia setengah robot Christina Aguilera ini memuncak di No. 3 pada chart album Billboard 200 yang merupakan posisi terendah Christina Aguilera pada chart selama kariernya saat itu.

Selain itu, Bionic menuai berbagai ulasan album yang campur aduk, ada yang bagus dan buruk serta dengan hasil penjualan yang mengecewakan, terutama jika dibandingkan dengan kesuksesan besar album tahun 2006-nya Back to Basics, album Stripped tahun 2002 dan album debut self-titled Christina Aguilera tahun 1999. Namun, sinar album itu dengan cepat terpancarkan oleh penampilan Christina Aguilera bersama Cher di film musikal Burlesque. Dan hanya lima bulan kemudian, Bionic berubah menjadi album full-length terfavorit di antara salah satu fanbase yang paling bersemangat selama satu dekade sejak perilisannya, lengkap dengan tagar dukungan seperti #JusticeForBionic di media sosial.

Baca juga: Christina Aguilera Ungkapkan Bahaya Jatuh Cinta di “Haunted Heart”

Jelas saja, Christina Aguilera memanjakan penggemarnya dengan berbagai lagu hit yang bernada sempurna, lagu balada yang indah, eksperimen unik, dan lagu bertempo pelan yang seksi. Secara harfiah ada lagu yang cocok untuk setiap suasana hati kita. Pengabaian terhadap genre pada umumnya kadang-kadang bisa sedikit bikin pendengar kaget, tapi sepertinya itulah intinya. Sesuai dengan kesan yang disampaikan oleh artwork cover albumnya, Bionic adalah tentang penjajaran kerentanan manusia dan kekuatan yang menyerupai mesin.

Itu juga tercermin dalam daftar lagunya, yang pada dasarnya terbelah jadi dua. Tujuh lagu pertamanya adalah lagu up-tempo yang terisnpirasi musik-musik klub, sedangkan bagian sisa albumnya adalah lagu-lagu balada yang berat. Namun, semua lagu itu mengeksplorasi tema-tema serupa tentang kepositifan seks dan pemberdayaan perempuan.

Bionic telah menjalani satu lingkaran penuh sejak 2010. Siapa yang tahu? Mungkin satu dekade kemudian, album itu bisa diakui sebagai karya yang klasik dan timeless. Kualitas dan ambisinya tentu sudah jelas terlihat.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Saskia Diandra

Solois Saska Diandra Visualkan Amarah & Anxiety Lewat MV ‘Doa Dicuku...

Saskia Diandra. Nggak butuh waktu lama bagi Saska Diandra untuk kembali merilis MV (Music Video) untuk lagunya yang berjudul ‘Doa Dicukupkan’. Hanya sel

on Dec 3, 2020
Orkes Kedai Sarinah

Orkes Kedai Sarinah, Unit Pop Era Indonesia Lawas Lepas Single Anyar '...

Orkes Kedai Sarinah. Orkes Kedai Sarinah adalah grup musik dengan konsep retrospektif dari Bekasi yang membawakan nuansa pop era 1950-an dan 1960-an dengan

on Dec 2, 2020
Mahen

Bintang Muda Mahen Kembali Ber-Pop Mellow Dengan Single Baru 'Cinta Se...

Mahen. (Foto: Indo Semar Sakti). Penyanyi muda dan salah satu best new comer, Mahen, belakangan memang menjadi perbincangan para penikmat musik Indones

on Dec 1, 2020
Fahem

Fahem Tenggelam Dalam 'Pool Of Regrets', Single Ke-4 Menuju EP Mendata...

Dua ribu dua puluh mungkin memang “tahunnya” Fahem. Produktivitas dan konsistensi dirinya menghasilkan karya patut diacungi jempol. Terbukti dalam wakt

on Dec 1, 2020