×
×

Search in Mata Mata Musik

CHVRCHES “Screen Violence” Rilis, Eksplorasi Synth-Pop Gelap Eksotis

Posted on: 08/29/21 at 12:00 pm

CHVRCHES "Screen Violence" Jadi Album Synth-Pop Terbaik Tahun 2021 Sejaun Ini
Foto: dok. CHVRCHES.

CHVRCHES muncul sebagai pembawa obor synth-pop di awal dekade 2010-an yang dipengaruhi musik 1980-an. Sound-nya melintasi batas antara pop, alternative rock, EDM. Yang jelas mereka terpengaruh berat oleh Depeche Mode. Enggak mungkin enggak, hehe. Album debut mereka, The Bones of What You Believe (2013) merupakan gerbang masuk perjalanan trio Skotlandia ini.

Baca juga: CHVRCHES Lepas Single Dari Album Baru Fitur Robert Smith (The Cure)

Kini, setelah melewati tiga album, CHVRCHES akhirnya merilis album terbarunya, Screen Violence pada 27 Agustus 2021 di berbagai gerai musik digital. Screen Violence adalah album studio keempat dalam katalog CHVRCHES secara keseluruhan. Album susulan dari Love Is Dead (2018). Lewat album ini, vokalis Lauren Mayberry dan rekan bandnya merefleksikan berbagai ekspektasi masyarakat termasuk melepas beban masalah keraguan diri dan seksisme sambil menyuguhkan komposisi synth-pop ciamik khas mereka.

Mempertahankan Yang Terbaik

Secara keseluruhan, CHVRCHES telah sepenuhnya mengasah dan mendefinisikan musik mereka dengan Screen Violence. Dan mereka mengukir lebih banyak ruang untuk mereka jelajahi. Perpaduan dari repetisi album Every Open Eye (2015) dengan pedekatan lirik dan nuansa yang lebih gelap. Meski repetisi itu tidak jadi masalah, bahkan mungkin itu yang diharapkan oleh sebagian besar penggemar. Dan mereka selalu mampu mempertahankan apa yang menjadi bagian terbaik dari tiap album dan mengeksplorasinya secara apik.

“Saya suka album ini dan tidak sabar untuk kamu mendengarnya,” cuit Lauren Mayberry di Twitter. “Ada seorang gadis terakhir, di adegan terakhir, dan kamu tahu bahwa dia seharusnya berteriak…”.

Untuk menggoda penggemar tentang Screen Violence, CHVRCHES merilis beberapa single nendang selama beberapa minggu sebelumnya. Yakni ‘He Said She Said’, ‘Good Girls’, dan kolaborasinya dengan Robert Smith (The Cure) ‘How Not to Drown’ yang kemudian di-remix oleh vokalis The Cure tersebut.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, maka CHVRCHES akan memulai musim gugur tahun ini dengan tur untuk mendukung album baru mereka. Tur di Amerika Utara yang mencakup 28 tanggal secara total.

Baca juga: WHY 70, Trio Synth-Pop Dari Bengkulu Debut Dengan MV Single ‘Candle’

Selamat menyimak CHVRCHES Screen Violence

CHVRCHES - Screen Violence (artwork)

Screen Violence Tracklist:
01. Asking for a Friend
02. He Said She Said
03. California
04. Violent Delights
05. How Not to Drown (feat. Robert Smith)
06. Final Girl
07. Good Girls
08. Lullabies
09. Nightmares
10. Better If You Don’t

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    MMM Playlist

    MMM Playlist Juni 2021 #1: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist edisi bulan Juni 2021 minggu pertama untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun waktu

    on Jun 7, 2021
    CHVRCHES

    CHVRCHES Lepas Single Dari Album Baru Fitur Robert Smith (The Cure)

    CHVRCHES (Foto: Ethan Miller) / Robert Smith (Foto: via Getty Images). CHVRCHES telah meluncurkan single baru berjudul 'How Not to Drown', lagu kolaborasi m

    on Jun 3, 2021
    Duran Duran

    Duran Duran Debut Single Baru Di Panggung Billboard Music Awards 2021

    Duran Duran (Foto: Stephanie Pistel). Perayaan tahunan Billboard Music Awards seperti biasa diawali dengan pertunjukan live dari beberapa bintang pop terbes

    on May 14, 2021
    Jackson Wang

    Jackson Wang Rilis MV Single Baru 'LMLY' Yang Bergaya Retro 80's

    Penyanyi yang juga dikenal sebagai member grup K-pop GOT7, Jackson Wang kini nampak terlihat bagaikan bunga yang mekar. Jackson Wang yang baru-baru ini ber

    on Mar 26, 2021