×
×

Search in Mata Mata Musik

CMA Awards 2019 Dikritik Karena Dirasa Terlalu Ngepop

Posted on: 11/14/19 at 4:40 pm

Kondisi musik country telah menjadi topik perdebatan hangat selama beberapa dekade dan sepertinya perbincangan itu tidak akan berhenti dalam waktu dekat. Sementara Country Music Association (CMA) Awards 2019 yang digelar di Bridgestone Arena, Nashville, Tennessee pada 13 November kemarin sebagian besar sukses berat, beberapa fans genre ini tidak puas dengan lagu-lagu dan artis-artis yang ditampilkan malam itu.

Duo musik pop/country Dan + Shay adalah salah satu artis yang sayangnya terkena sedikit sindiran pedas dari penggemar country yang lebih ‘tradisional’. Dan + Shay menarik perhatian yang cukup besar di acara dan sebagian besar penonton yang menyaksikan sangat senang dengan musik mereka, tetapi seperti biasa, ada saja yang berpendapat sebaliknya.

Salah satu penggemar musik country mengekspresikan kekecewaannya di Twitter terhadap penampilan Dan + Shay dan absennya Sturgill Simpson dari panggung dengan mengatakan, “Acara penghargaan musik country tapi kok malah dua orang bodoh ini yang tampil di atas panggung dan bukan Sturgill. #CMAawards2019”

Penggemar lain yang mengomentari posisi Dan + Shay di industri musik country sedikit lebih berimbang dan mengakui duo tersebut adalah musisi berbakat meskipun mereka mungkin tidak sepenuhnya masuk dalam kategori musisi country, setidaknya menurut standar beberapa fans.

Carrie Underwood CMA Awards
Carrie Underwood tampil di atas panggung acara tahunan ke-53 CMA Awards di Bridgestone Arena pada 13 November 2019 di Nashville, Tennessee. (Foto: Terry Wyatt/Getty Images,)

Dan + Shay bukan satu-satunya artis yang menerima kritik dari penggemar tradisional musik country. Beberapa tidak suka dengan penampilan Carrie Underwood, yang dirasa jauh lebih pop ketimbang country, sementara yang lain menyatakan kekecewaan mereka atas kemenangan lagu Blake Shelton “God’s Country” di kategori Single of the Year dengan membandingkannya dengan musik band rock asal Kanada, Nickelback.

Baca juga: Dan + Shay, Luke Combs Menangkan CMA Awards 2019 Pertama Mereka

Meski demikian, CMA Awards 2019 juga menghadirkan sesuatu yang disambut baik semua pihak, dan bahkan penggemar country yang paling konservatif sekalipun senang melihat Luke Combs memenangkan piala Song of the Year dan Male Vocalist of the Year.

Kenyataan bahwa musik country telah banyak berubah sejak kemunculannya dulu adalah sesuatu yang tidak dapat disangkal. Tapi apakah yang dianggap country sekarang dapat benar-benar dikategorikan sebagai musik country atau bukan adalah sesuatu yang lebih tergantung pada selera pribadi masing-masing orang. Suka atau tidak, musik country telah berubah dan itu mungkin akan terus berubah.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Lady A

Lady A (Lady Antebellum) Tuntut Balik Penyanyi Kulit Hitam Yang Bernam...

Lady Antebellum (a.k.a Lady ). (Foto: Dove Shore) / Lady A penyanyi lawas. Nah, inilah cerita yang semakin memburuk. Lady A, sebelumnya dikenal sebagai Lady

on Jul 12, 2020
Chase Rice

Penyanyi Country Chase Rice Konser Tanpa Jaga Jarak Aman-Aman Saja Tuh...

Chase Rice. (Foto: imageSPACE/Shutterstock). Di tengah lonjakan berbagai kasus virus Corona baru di seluruh wilayah Amerika Serikat (AS), seorang penyanyi c

on Jun 30, 2020
Lady A.

Lady Antebellum Ganti Nama Menjadi Lady A Malah Menimbulkan Sengketa

Lady A (aka Anita White), via YouTube, dan Lady A (fka Lady Antebellum), via Instagram. Pada Jum'at (12 Juni) lalu, trio musisi country pemenang piala Gramm

on Jun 15, 2020
Darius Rucker

Darius Rucker (Hootie & The Blowfish) Dukung dan Ajak Bersatu Melawan ...

Darius Rucker. (Foto: Jim Wright). Dari sekian banyak selebriti yang menyuarakan uneg-uneg dan amarahnya, Darius Rucker juga telah secara resmi angkat bicar

on Jun 4, 2020